Mengenal Solopreneur dan Perbedaannya Dengan Entrepreneur

Sekilas mirip tapi keduanya berbeda cukup signifikan.

Mengenal Solopreneur dan Perbedaannya Dengan Entrepreneur
Pelaku UMKM kuliner dengan produk krupuk. (dok. PNM)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Istilah entrepreneur atau wirausahawan mungkin tak asing didengar masyarakat maupun pelaku bisnis. Namun, ada satu istilah lain yang lebih spesifik dan masih terasa asing, yakni solopreneur.

Meski entrepreneur lebih populer di tengah masyrakat, tapi solopreneur sebenarnya lebih relevan dengan pengusaha ingin memulai bisnis secara mandiri, tanpa ada tambahan staf.

Meski sekilas kedua istilah ini terdengar mirip, namun ada beberapa hal yang membedakannya cukup signifikan. Melansir beberapa sumber, berikut ini ulasan mengenai solopreneur. 

Pengertian

Ilustri UMKM/ Shuterstock Andri Wahyudi

Melansir Indeed, solopreneur adalah orang yang membangun, memiliki, atau mengelola bisnis tanpa memiliki karyawan dan bertanggung jawab menjalankan bisnis yang ia dirikan secara mandiri.

Dengan demikian, bila bisnis tersebut menguntungkan, maka ia akan untung seorang diri. Sebaliknya, bila bisnis tersebut merugi atau akhirnya bangkrut, ia pun hanya perlu bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Sederhanyana, seorang solopreneur akan menjadi pimpinan untuk usahanya, bekerja untuk dirinya sendiri, dengan berbagai fleksibilitas dan fasilitas yang ia nikmati sendiri, termasuk sukses atau tidaknya bisnis tersebut berjalan.

Sebuah riset yang dikutip dari PRNewswire menyebut, setiap tahunnya semakin banyak orang yang memutuskan menjadi solopreneur. Sekitar 82 persen pekerja global merasa lebih bahagia bekerja sendiri daripada berada di perusahaan. Kepuasan yang tinggi tampakanya jadi daya tarik pilihan ini. Apalagi bila bisnis tersebut terkait dengan hobi atau kegiatan yang menyenangkan.

Perbedaan solopreneur dan entrepreneur

Pelaku UMKM dengan produk jaket kulit. (dok. PNM)

Melansir Glints, ada beberapa indikator yang membedakan solopreneur dan entrepreneur:

  1. Tugas yang diemban
    Seorang solopreneur bertanggung jawab atas seluruh aspek bisnis yang dilakukan secara mandiri. Artinya, semua ia lakukan sendiri untuk mencapai tujuan bisnisnya. Sementara, seorang entrepreneur menjalankan bisnisnya dengan pengelolaan dan pendelegasian kepada rekan atau pekerjanya. Meski begitu, di masa awal mendirikan bisnis, entrepreneur kadang juga memulainya sebagai solopreneur.
  2. Skala bisnis
    Biasanya, seorang solopreneur tidak membangun kerajaan bisnis layakanya entreneur yang terus mengembangkan bisnisnya. Solopreneur cenderung bertahan dengan bisnis yang cocok ia kelola seorang diri. Di lain sisi, entrepreneur akan selalu berpikir untuk membuat bisnisnya lebih besar dan semakin berkembang. Oleh karena itu, entrepreneur tidak bisa bekerja seorang diri dan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengembangkan bisnis tersebut.
  3. Fokus bisnis
    Fokus bisnis dari solopreneur hanya satu dan tidak bercabang karena mereka ingin menjaga skala bisnis tetap dalam jangkauannya. Meskipun harus berkutat pada satu model bisnis dalam jangka waktu yang lama, tapi ia tidak mudah bosan apalagi menyerah. Hal itu disebabkan, bisnis yang digeluti sesuai dengan passion-nya. Sedangkan, entrepreneur bisa memiliki banyak fokus bisnis. Mereka adalah tipe orang yang selalu memiliki ide baru dan menarik. Dengan kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya, entrepreneur akan selalu mencoba peluang yang berbeda dan merintis bisnis baru.
  4. Pengelolaan keuangan
    Bisnis berskala kecil sistem pengelolaan keuangannya relatif lebih mudah dibanding bisnis yang besar. Entrepreneur yang memiliki banyak pekerja bisa menugaskan karyawan yang khusus menangani keuangan. Namun, ruang lingkup tanggung jawabnya pun semakin luas mulai dari gaji karyawan, tunjangan, hingga pajak. Sebaliknya, solopreneur yang ukuran bisnisnya lebih kecil sehingga pengelolaan keuangannya akan lebih sederhana karena bekerja seorang diri.

Demikianlah ulasan tentang apa itu solopreneur dan perbedaannya dengan entrepreneur. Semoga membantu.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur