Pos Indonesia Perkuat Ekosistem Bisnis Lewat Digitalisasi

Mendukung upaya Pos Indonesia perkuat perekonomian Indonesia

Pos Indonesia Perkuat Ekosistem Bisnis Lewat Digitalisasi
Shutterstock/farzand01.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pos Indonesia terus memperkuat digitalisasi melalui pengembangan digital hub dan digital entrepreneurship di Indonesia.

Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia, Siti Choiriana, menyampaikan bahwa transformasi digital telag dimulai sejak beberapa tahun lalu dalam rangka merespons revolusi industri 4.0.

“Hampir semua aktivitas masyarakat mengandalkan teknologi digital sebagai basis utama,” ujarnya seperti dilansir dari Antaranews, Jumat (3/3).

Menurut Choiriana, digitalisasi akan menyokong pertumbuhan ekosistem bisnis Pos Indonesia di masa depan. Hal ini menurutnya akan diterapkan pada berbagai layanan pos dan logistik, serta pembinaan berbagai komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan begitu, perusahaan berkomitmen mendorong digitalisasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Ini sejalan dengan upaya pemerintah menargetkan ekonomi berkelanjutan untuk kesjahteraan masyarakat Indonesia,” katanya.

PosAja!

Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia, Siti Choiriana. (dok. Pos Indonesia)

Salah satu aplikasi digital unggulan yang dimiliki oleh Pos Indonesia adalah PosAja! “Platform digital kurir yang telah memudahkan banyak masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

PosAja! kini sudah diunduh oleh lebih dari 452 ribu pengguna dengan rating 4.4/5 yang diklaim tertinggi bila dibandingkan layanan sejenisnya. Aplikasi ini bahkan sudah menghubungkan jutaan pengguna dengan jaringan pengiriman yang meliputi 42.819 drop points, 4.500 Kantor Pos, dan ribuan O-Ranger–kurir yang beroprasi secara digital–di seluruh Indonesia.

Selain itu, Pos Indonesia memiliki jaringan internasional yang terhubung dengan 228 negara di dunia, karena tergabung dalam Universal Postal Union (UPU). Keanggotaan UPU ini akan memberikan keuntungan tarif pengiriman internasional yang lebih murah antarnegara anggotanya.

Dukungan bagi UMKM

Kantor Pos Indonesia. (dok. Pos Indonesia)

Pos Indonesia juga memiliki STORI, layanan pemenuhan pesanan, meliputi inbound, storing, quality control, packing, labelling, sampai outbond delivery berbasis digital bagi UMKM. “STORI telah hadir di 152 titik untuk mempermudah bisnis UMKM,” ujarnya.

Perusahaan juga berkolaborasi dengan e-commerce E-Peken, dalam menghubungkan toko kelontong maupu UMKM lainnya dengan konsumen. Hal ini merupakan bentuk dukungan pada ekonomi kerakyatan dan akan terus diperluas.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Medco Rampungkan Divestasi Kepemilikan di Blok Ophir Vietnam
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya