Deretan Selebriti Indonesia yang Punya Bisnis Kuliner di Luar Negeri

Mereka buktikan bisnis kuliner di luar negeri bukan mimpi.

Deretan Selebriti Indonesia yang Punya Bisnis Kuliner di Luar Negeri
ilustrasi kuliner (unsplash.com/Lily Banse)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bisnis kuliner adalah merupakan cukup menjanjikan dan paling banyak diminati. Tak hanya pengusaha, kalangan selebriti pun ternyata memilih bidang ini menjadi salah satu  sumber pundi-pundi, bahkan ada yang sampai ke luar negeri.

Peluang go international pun tak dilewatkan begitu saja, lantaran pasarnya terbuka lebar. Langkah ini pun menginspirasi para pebisnis lain di Tanah Air untuk bisa melebarkan sayap seperti mereka.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa figur publik yang memiliki bisnis kuliner di luar negeri.

1. Ruben Onsu

Ruben Onsu. (Wikimedia Commons)

Siapa yang tak kenal bisnis ayam geprek milik komedian yang satu ini. Tidak sekadar mengandalkan nama besarnya, Ruben Onsu membuktikan kepiawaiannya dalam menjalankan bisnis dengan baik.

Meski sempat diterpa isu persaingan dan sengketa merek, namun Geprek Bensu berhasil merambah pasar internasional. Melalui PT Onsu Pangan Perkasa yang didirikan sejak 2017, Ruben Onsu pun melebarkan bisnis ayam gepreknya hingga ke sejumlah negara, seperti Malaysia dan Hong Kong.

2. Fitri Carlina

Fitri Carlina. (IG @fitricarlina)

Penyanyi dangdut, Fitri Carlina, juga tak mau ketinggalan dalam deretan selebritis Tanah Air yang memiliki bisnis kuliner di luar negeri. Pedangdut ini memulai bisnis kulinernya langsung di New York, Amerika Serikat.

Sesuai dengan profesinya, bisnis kuliner yang ia dirikan ini berkonsep kafe Dangdut. Selain menu kopi, kafe ini juga menyediakan berbagai makanan lain khas Indonesia. Bahkan, ia menjadikan kafe miliknya untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat di Amerika Serikat, salah satunya adalah musik dangdut.

Satu hal yang menarik, meski berada di Amerika Serikat, Fitri Carlina tetap menggunakan bahan baku yang berasal dari UMKM di Indonesia, untuk kafenya.

3. Ditto Percussion

Ditto Percussion. (IG @dittopercussion)

Suami dari Ayudia Bing Slamet ini ternyata tak hanya sukses sebagai seorang musisi,  juga berhasil mendirikan sebuah bisnis kuliner di negeri Paman Sam. Ditto bersama beberapa orang rekannya, mendirikan sebuah warung kopi khas Indonesia di New York, Amerika Serikat.

Bisnis kuliner tersebut juga memakai nama Warkop NYC, dengan menu-menu khas warkop seperti di Indonesia, mulai dari Indomie, gorengan, sampai bubur kacang ijo. Adapun dengan didirikannya warkop ini, dia berharap Indonesia bisa lebih dikenal di mancanegara.

4. Suti Karno

Suti Karno. (Wikimedia Commons)

Pemeran Atun dalam serial Doel Anak Sekolahan ini, memiliki bisnis kuliner bernama Sambel Peda Mpo Atun, yang sudah buka di luar negeri, yakni Amerika Serikat dan Australia. Melalui bisnis kulinernya ini, Suti Karno menyajikan produk sambal ikan peda sebagai menu andalan dan menarik minat para pencinta makanan pedas di kedua negara tersebut.

Minimnya kompetitor di segmen ini menjadi salah satu faktor penting kesuksesan bisnis Suti Karno. Adik dari aktor Rano Karno ini juga memiliki bisnis lain di bidang fesyen dan kuliner, seperti Atun Collection dan Baso Atun.

5. Arnold Poernomo

Chef Arnold Poernomo. (Wikimedia Commons)

Sebagai seorang chef, tak heran bila Arnold Poernomo memiliki bisnis kuliner. Namun, tak banyak figur seperti Chef Arnold yang bisa membuka usaha kuliner hingga ke mancanegara. Ia bersama saudara laki-lakinya menjalani sebuah bisnis kuliner di Sydney, Australia, bernama KOI Dessert Bar.

KOI adalah singkatan dari ‘Kids of Ike’, di mana Ike merupakan nama ibu dari Arnold dan kedua saudara lelakinya–Ronald dan Reynold. Bisnis ini diawali dari sebuah garasi rumah pada tahun 2012. Saat itu, Ike Malada, hanya memiliki modal US$300 untuk mendukung keluarganya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Pinjaman di Pinjol Melonjak 21,8% saat Ramadan