7 Rekomendasi Ide Jualan Takjil saat Ramadan, Pasti Cuan!

Kegiatan positif yang menghasilkan untung

7 Rekomendasi Ide Jualan Takjil saat Ramadan, Pasti Cuan!
Ilustrasi menjual makanan (Wikimedia Commmons/Dietrich Ayala)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Selain mengumpulkan amal ibadah, Anda juga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah di bulan Ramadan. Momen yang hanya terjadi satu kali dalam satu tahun ini, banyak dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Salah satunya adalah dengan berjualan Takjil.

Bagi yang tidak sempat membuat makanan di rumah, takjil jadi pilihan terbaik untuk mengisi perut dengan makanan dan minuman segar. Tak sedikit, ada banyak orang yang berburu takjil untuk berbuka puasa. 

Dengan begitu, berjualan takjil dapat Anda jadikan ide bisnis selama bulan puasa. Berikut beberapa rekomendasi Ide Jualan takjil selama Ramadan yang pasti menguntungkan.

1. Es buah

Setelah berpuasa sehari lamanya, paling pas untuk berbuka dengan sesuatu yang segar. Es buah biasanya banyak diincar karena menjadi salah satu sajian menyegarkan dan dapat dinikmati banyak orang. Maka dari itu, es buah menjadi salah satu rekomendasi ide jualan takjil selama Ramadan yang menguntungkan.

Agar pembeli tertarik, Anda bisa memotong buah-buahan dengan cantik dan menambahkan sirop manis serta susu. Tak lupa, es batu yang membuatnya makin segar. Perpaduan tersebut tak pernah gagal untuk memikat hati pembeli.  

Anda bisa menjualnya dalam bentuk cup minuman sedang atau dalam plastik kiloan. Untuk harga bisa disesuaikan dengan isian buah yang dipakai, biasanya es buah banyak dijual di kisaran Rp8 ribu sampai Rp12 ribu.

2. Kolak pisang

Kolak juga merupakan salah satu camilan yang biasanya wajib saat bulan puasa. Ada berbagai jenis kolak, tapi kolak pisang banyak diminati. Pembuatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu jadi cocok dijadikan ide bisnis jualan takjil mudah. 

Bahan baku utamanya cukup simple pisang, santan, dan gula merah. Anda juga bisa menambahkan kolang-kaling atau ubi untuk pelengkap isinya. Anda bisa menjualnya dalam bentuk cup minuman ukuran sedang dan besar.

Untuk satu porsi, biasanya kolak pisang banyak dibanderol mulai dari Rp5 ribu.

3. Aneka gorengan

Selain kudapan manis, tak sedikit orang yang menyukai gorengan sebagai takjil andalan ketika berbuka puasa. Gorengan bisa dinikmati sendiri dengan cabai rawit atau sebagai pendamping makanan. 

Meskipun mudah untuk dibuat, banyak orang yang lebih memilih untuk membelinya di luar karena lebih banyak menawarkan variasi gorengan dalam satu tempat. Jadi, terasa lebih praktis dan mudah untuk didapatkan. 

Ada banyak jenis gorengan yang bisa dijual ketika bulan puasa, mulai dari tempe goreng, tahu isi, bakwan, singkong goreng, pisang goreng, hingga comro. Biasanya, camilan ini dijual satuan yang bisa dijual seharga Rp1.000 per buah.

4. Risol

Tak hanya aneka gorengan yang banyak difavoritkan, risol juga cukup banyak diminati sebagai penganan takjil. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti akan menikmati camilan ini.

Isiannya yang semakin beragam juga menjadi nilai tambah yang menarik perhatian pembeli, seperti varian risol ayam, risol sayur, hingga risol mayo yang cukup hit. Risol kerap dijual dalam bentuk satuan hingga paket dalam wadah plastik mika.

Untuk harganya, risol bisa dijual sekitar Rp2.000 sampai Rp8.000 yang bisa disesuaikan dengan varian isinya.

5. Olahan kurma

Rekomendasi ide jualan takjil selama Ramadan selanjutnya adalah olahan kurma. Sudah sejak lama, kurma dijadikan takjil sebelum menyantap hidangan utama. Di pasar, Anda bisa menemukan kurma dengan mudah selama bulan puasa.

Meskipun banyak dijual, tidak sedikit yang merasa bosan dengan hidangan kurma yang biasa saja. Untuk menambah nilai jual, Anda bisa mengelolanya sebagai sebuah hidangan baru yang bisa dijual sebagai hidangan takjil.

Agar pembeli lebih tertarik, Anda bisa mengolahnya menjadi sebuah hidangan manis, seperti dari susu kurma, puding kurma, jus kurma, hingga kue kurma. Olahan kurma bisa menjadi salah satu ide bisnis jualan takjil kekinian.

6. Es cincau

Tak hanya es buah, es cincau juga menjadi minuman menyegarkan yang digemari banyak orang. Teksturnya yang kenyal dengan rasa manis dengan gula merah banyak dinantikan untuk minuman berbuka puasa. Lengkapi juga dengan santan gurih dan es yang membuatnya makin segar. 

Es cincau biasanya dikemas menggunakan kemasan cup plastik kecil hingga sedang. Tak jarang, plastik kiloan digunakan sebagai kemasannya karena bisa menampung lebih banyak sehingga bisa dinikmati bersama dengan keluarga di rumah.

Untuk satu porsi es cincau, Anda bisa menjualnya mulai dari Rp5.000.

7. Aneka bubur

Aneka bubur juga cukup banyak ditemui sebagai menu takjil, seperti bubur sumsum, bubur kacang ijo, dan bubur candil. Maka dari itu, Anda bisa menjadikannya sebagai ide jualan yang cukup menguntungkan selama bulan puasa. 

Anda bisa menjualnya dalam bentuk cup dengan ukuran 10 OZ hingga 14 OZ yang cukup mengenyangkan. Lengkapi juga dengan sendok plastik untuk memudahkan pembeli menikmati buburnya. Untuk satu porsinya, Anda bisa mematok harga mulai dari Rp5.000 dan bisa disesuaikan dengan varian bubur dan isiannya.

Itulah beberapa rekomendasi ide jualan takjil selama Ramadan yang bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan. Dari ide jualan di atas, Anda tertarik untuk mencoba yang mana?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya
Ketahui Apa Bedanya Imigrasi dan Bea Cukai, Jangan Keliru!