4 Cara Menjual Produk ke Luar Negeri dan Go International

Ada beberapa cara menjual produk di luar negeri.

4 Cara Menjual Produk ke Luar Negeri dan Go International
ilustrasi perusahaan Amazon (Unsplash.com/Bryan Angelo)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi para pengusaha saat ini, memperluas pasar ke luar negeri  menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengetahui cara menjual produk ke luar negeri, maka peluang mengenalkan dan membawa produk go international kian terbuka.

Tak hanya itu, dengan mengirimkan produk ke luar negeri melalui ekspor menjadi prestasi tersendiri. Selain itu, menjadi bukti bahwa bisnis mereka dikenal dan diakui oleh konsumen di berbagai negara. Hal itu juga menjadi motivasi bagi pengusaha untuk terus menghasilkan produk-produk inovatif.

Akan tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, para pengusaha perlu mengetahui cara menjual  produk ke luar negeri dan langkah yang efektif dan efisien. Berikut ini beberapa caranya dirangkum dari JMC via IDN Times.

1. Marketplace global

Cara menjual produk ke luar negeri salah satunya melalui marketplace global. Hal tersebut secara langsung bisa memberi tambahan keuntungan untuk bisnis, terutama pada kecepatan penjualan.

Dengan menjual barang ke luar negeri secara daring di marketplace global tentu menawarkan banyak keuntungan untuk mendukung penjualan.

Anda bisa bergabung dengan marketplace global, seperti Alibaba, Aliexpress, Amazon, dan Ebay. Seperti berjualan di marketplace pada umumnya, Anda perlu mempertimbangkan harga yang kompetitif agar dilirik oleh pembeli.

2. Google Ads

Google Ads dapat dimanfaatkan menjadi salah satu cara untuk menjual produk ke luar negeri. Cara ini memiliki kelebihan karena Anda dapat menentukan wilayah, bahasa, dan bahkan negara yang menjadi target pasar.

Selain itu, dengan bantuan Google Ads maka Anda dapat dengan lebih mudah dan cepat menjangkau pelanggan di luar negeri. Bahkan, produk Anda bisa laku terjual dalam waktu yang singkat, bisa jadi dalam hitungan jam atau menit. 

Kunci kesuksesannya adalah memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk yang Anda jual. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu website sebagai dasar untuk iklan yang dibuat. Apabila tidak ada website, kemungkinan akan sulit dalam mengonversi pelanggan potensial menjadi penjualan yang sebenarnya.

3. Facebook Ads

Alternatif lainnya untuk menjual produk ke Luar Negeri adalah pemasaran melalui Facebook Ads. Dapat dikatakan bahwa cara menggunakan Facebook Ads hampir serupa dengan Google Ads.

Dengan memanfaatkan Facebook Ads, Anda dapat dengan mudah menargetkan konsumen yang sesuai dengan pasar target produk Anda.

Facebook Ads juga dapat digunakan untuk mengarahkan konsumen ke situs web, serta dapat membantu memilih demografi pasar target produk Anda, seperti usia, jenis kelamin, kota, perangkat mobile, minat, dan sebagainya.

4. Email marketing

Metode berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara menjual produk ke luar negeri adalah melalui email marketing. 

Berbeda dengan pendekatan sebelumnya, email marketing memiliki sifat yang lebih personal dan individual. Dengan kekhasan ini, email marketing menjadi sarana pemasaran yang dapat menarik perhatian target konsumen dengan lebih efektif.

Dengan email yang lebih terpersonalisasi maka konsumen atau calon konsumen merasa nyaman menerima email dan akan memperlancar proses pemasaran produk.

Ketika penerima merasa nyaman menerima email marketing, maka akan cenderung melakukan pembelian yang pada akhirnya memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

Demikian beberapa alternatif cara menjual produk ke luar negeri dan memperluas pemasaran. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?