5 Tips Ampuh Tingkatkan Penjualan Melalui Livestreaming

Livestreaming membuat brand dan seller dekat ke pelanggan.

5 Tips Ampuh Tingkatkan Penjualan Melalui Livestreaming
Ilustrasi penjualan lewat livestreaming di e-commerce. Shutterstock/BaLL LunLa
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE Livestreaming kini menjadi salah satu strategi pemasaran untuk menjual  produk dengan cara yang lebih interaktif, unik, informatif, dan sekaligus menghibur para calon pembeli. 

Penggabungan pengalaman belanja dengan hiburan ini atau yang dikenal dengan sebutan  shoppertainment sudah menjadi tren yang semakin berkembang sebagai salah satu bentuk promosi  bagi para penjual di e-commerce. Kegiatan promosi berupa livestreaming ini bisa dijumpai antaranya di kanal LazLive dalam aplikasi Lazada ataupun e-commerce lainnya. 

Poeti Fatima, General Manager Business UniPin, platform penyedia layanan top up games dan produk digital yang menjadi seller di lazada membagikan tips kepada para penjual untuk memanfaatkan livestreaming  secara maksimal dan menarik hati konsumen. 

Dengan demikian, para brand dan seller di Indonesia akan dapat lebih mengoptimalkan  adopsi fitur livestreaming sebagai strategi efektif untuk tidak hanya menghibur dan  mengedukasi para pelanggan, tapi juga untuk semakin meningkatkan penjualan. Berikut tips yang sudah kami rangkum, dikutip dari siaran resmi, Senin (13/6).

1. Kenali target pasar

Poeti menjelaskan, penjual harus mengetahui dan mengenali karakter dari penonton atau target konsumen agar bisa mengemas konten yang menarik. Konten yang menarik adalah konten yang relevan dengan target konsumen dan produk yang dijual. Di Lazada misalnya, penjual bisa dengan mudah mendapatkan data dan insight terkait target konsumen.

Fitur tersebut adalah dashboard khusus penjual di Seller Center yang menawarkan berbagai data dan insight. Selain itu, fitur Bisnis Analis yang ada di dalam Seller Center juga memberikan analisis mendalam atas setiap produk yang dijual di toko penjual, sehingga penjual bisa menentukan strategi yang spesifik atas masing-masing produk. 

Poeti mengatakan, target konsumen dari UniPin adalah gamer, maka UniPin harus membuat konsep streaming yang sesuai dengan keinginan gamer itu. Salah satunya adalah dengan mengundang influencer gaming dan membahas sebuah gim atau tips bermain gim.

Mislanya, dii tengah tengah siaran langsung, UniPin bisa memanfaatkan fitur See-Now-Buy-Now di Lazada untuk memasukkan berbagai tautan produk-produk UniPin. Fitur ini memungkinkan penonton untuk langsung melakukan pembelian saat melihat tautan produk muncul di tayangan.

2. Pilih waktu terbaik untuk siaran

Ketika konten sudah menarik, tentu saja penjual ingin agar siaran langsung dapat ditonton banyak orang. Oleh karena itu, Poeti menyarankan agar penjual juga mampu mengidentifikasi waktu terbaik untuk siaran. Poeti memberikan contoh berbagai waktu terbaik untuk siaran livestreaming bisa saat tanggal gajian, saat mega-campaign, weekend, hingga jam pulang kerja. 

Bila penjual merasa belum mendapatkan waktu terbaik, penjual juga bisa memanfaatkan dashboard di Seller Center agar dapat mengidentifikasi di jam berapa siaran banyak ditonton pengguna e-commerce.

3. Jadikan momen branding, bukan hanya jualan produk

tak hanya berjualan produk. Poeti mengakui banyak penjual yang 'ogah' menggunakan platform livestreaming untuk berjualan karena profit margin yang kecil. Patut diketahui banyak penjual yang memberikan diskon 'heboh' untuk menarik perhatian konsumen, hal ini membuat laba penjual menurun secara drastis. 

Mindset sekedar untuk meraih laba sebesar-besarnya saat livestreaming memang tidak salah, namun Poeti mengatakan sesungguhnya livestreaming juga bisa dijadikan platform branding. Jadi penjual tidak harus mengejar keuntungan penjualan, tapi juga bisa mendapatkan return of investment yang jelas dengan menganggap livestreaming sebagai platform untuk branding agar bisa terus lebih dekat dan melibatkan konsumen. 

4. Strategi FOMO untuk mendorong penjualan produk saat livestreaming

Tingkat pengetahuan produk (product knowledge) pembawa acara dalam siaran juga penting agar livestreaming bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. Poeti mengatakan, dengan tingkat product knowledge yang tinggi, pembawa acara bisa memberikan edukasi terhadap suatu produk maupun mendorong terjadinya transaksi saat siaran livestreaming berlangsung. Product knowledge yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terjadinya sesi live yang kurang interaksi. 

Dengan interaksi tinggi, diharapkan livestreaming dapat menjadi sebuah alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau penonton secara instan. Dalam beberapa menit, penjual dapat menarik perhatian penonton dengan membagikan informasi yang menarik dan menghibur mengenai brand dan produknya, memberikan sebuah pengalaman ‘langsung’ bagi penonton, seperti layaknya pengalaman dalam sebuah toko fisik

Shoppertainment mengubah perilaku belanja

Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia yang akrab dipanggil Ogie mengatakan bahwa shoppertainment telah memberikan arti baru pada pengalaman berbelanja di e-commerce.

Menurutnya, shoppertainment jelas telah mengubah perilaku belanja di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang kemudian mendorong brand dan seller untuk mengadopsi konsep ini dalam strategi pemasarannya. 

“Kini semakin banyak brand dan seller yang juga menjadikan livestreaming melalui LazLive sebagai bagian dari strategi promosinya, terlebih dengan livestreaming yang memungkinkan brand dan seller untuk bisa menawarkan dan mendemonstrasikan produk mereka kepada pelanggan secara real-time, sekaligus memberikan hiburan dan informasi yang pada akhirnya mendorong keterlibatan brand dan seller lebih dekat dengan pelanggan.

Dia menambahkan, konsep ini menghasilkan pengalaman yang lebih berkesan dibandingkan berbelanja offline dan terbukti membantu brand dan seller meningkatkan penjualan. Pada pertengahan kedua tahun 2021, Lazada mencatatkan peningkatan tahunan pada rata-rata order harian di LazLive di seluruh negara tempat Lazada beroperasi hingga lebih dari empat kali. Pendapatan seller yang dihasilkan melalui LazLive juga meningkat lebih dari dua kali lipat dalam periode waktu yang sama.

“Di Lazada Indonesia sendiri, kami juga mencatatkan jumlah brand dan seller yang menggunakan kanal LazLive sebagai strategi promosinya meningkat lebih dari tiga kali lipat (year-on year) pada April 2022," katanya. 

Pertumbuhan tren shoppertainment ini juga terlihat di Asia Tenggara. Pada festival belanja 11.11 tahun lalu di mana kanal LazLive menjadi salah satu kanal hiburan utama yang dihadirkan untuk pelanggan Lazada, tercatat lebih dari 18 juta penonton LazLive, dengan lebih dari 2.800 sesi livestreaming dan lebih dari 2.000 presenter dari enam negara tempat Lazada beroperasi (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam). 

"Dengan dukungan teknologi canggih yang Lazada miliki, kami akan berinovasi untuk bisa terus hadirkan pengalaman livestreaming berstandar dunia dan mengembangkan ekosistem livestreaming di Indonesia,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen