Meneropong Cara Gen Z Memandang Dunia Kerja dan Menyikapinya

Tantangan kesehatan mental dan kekhawatiran kualitas hidup.

Meneropong Cara Gen Z Memandang Dunia Kerja dan Menyikapinya
ilustrasi membahas bisnis (unsplash.com/Jason Goodman)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setiap generasi mungkin menghadapi perjuangan dan keraguan saat bergabung dengan angkatan kerja. Gen Z sendiri memasuki dunia kerja selama pandemi global dan di tengah kekhawatiran atas kenaikan tingkat inflasi, ketakutan resesi, konflik geopolitik, dan perubahan iklim. Bagaimana Gen Z memandang posisi mereka di dunia kerja dan apa yang menjadi tantangan?

Iterasi terbaru dari American Opportunity Survey (AOS) McKinsey mengungkapkan fakta menarik. Ada kesenjangan generasi di tempat kerja dengan perbedaan mencolok antara cara Gen Z dan generasi lain memandang diri mereka sendiri, kemampuan mereka untuk bekerja secara efektif, dan terkait masa depan mereka.

Melansir laman McKinsey, survei dilakukan terhadap 25.062 orang Amerika termasuk 1.763 responden dalam rentang usia Gen Z antara 18 hingga 24 tahun. Survei menunjukkan bahwa responden Gen Z yang bekerja lebih cenderung memiliki pekerjaan mandiri atau banyak pekerjaan daripada pekerja yang lebih tua. 

Tidak seperti generasi lain, mereka cenderung tidak mengharapkan periode ketidakamanan finansial ini berakhir dan memiliki tingkat keraguan yang tinggi tentang kemampuan akhirnya untuk membeli rumah atau pensiun.

Responden Gen Z yang bekerja lebih mungkin untuk melaporkan bahwa gaji yang mereka terima untuk pekerjaan mereka tidak memberikan mereka kualitas hidup yang baik (26 persen, dibandingkan dengan 20 persen responden lain) dan lebih kecil kemungkinannya dibandingkan responden lain untuk melaporkan perasaan cukup diakui dan dihargai untuk pekerjaan mereka (56 persen, dibandingkan dengan 58 persen responden lain).  Sebanyak 77 persen responden Gen Z mengatakan akan mencari pekerjaan baru.

Sementara dalam keinginan pindah pekerjaan di awal karier hanya 37 persen yang percaya bahwa sebagian besar orang di negara ini memiliki peluang ekonomi—pesimisme ini menunjukkan rasa tidak enak yang mendalam tentang prospek mereka sendiri dan publik.

American Opportunity Survey (AOS) McKinsey menunjukkan ada perbedaan dalam cara generasi menanggapi pertanyaan survei menunjukkan tentang tingkat kesulitan di kalangan anak muda. Sebanyak 55 persen melaporkan telah didiagnosis atau telah menerima perawatan untuk penyakit mental, jumlah ini lebih banyak dari kelompok  usia 55 hingga 64 tahun (31 persen) yang melaporkan hal serupa.

Ahli Bedah Umum AS Vivek Murthy mengeluarkan nasihat tentang kesehatan masyarakat pada Desember 2021 untuk mengatasi “krisis kesehatan mental kaum muda” yang diperburuk oleh pandemi Covid-19.

Beberapa perbedaan lain antara kelompok usia juga penting. Kaum muda melaporkan masalah kesehatan fisik sebagai halangan untuk melakukan pekerjaan secara efektif pada tingkat yang lebih tinggi daripada populasi umum, yang mencakup orang yang puluhan tahun lebih tua dari mereka. Faktanya, pada setiap metrik yang mengganggu kinerja efektif, Gen Z melaporkan lebih banyak perjuangan daripada populasi umum.

Survei ini membuka jendela baru tentang bagaimana perasaan Gen Z tentang dirinya sendiri dan tempatnya di dunia kerja, dan bagaimana mereka dapat mendukung kelompok ini dalam angkatan kerja. Para pengusaha dan pemangku kepentingan lainnya bisa menjadikannya bahan pertimbangan untuk memahami tenaga kerja di kalangan Gen Z.

Gen Z khawatir pada pola pekerjaan yang kurang stabil

source_name

Pola pekerjaan juga menjadi aspek yang diperhatikan. Lebih dari setengah koresponden berusia 18 hingga 24 tahun yang disurvei memiliki pengalaman yang berbeda dari pekerja dari usia lain. 

Untuk memulai, mereka lebih cenderung mengerjakan banyak pekerjaan dan lebih cenderung melakukan pekerjaan mandiri. Sementara sebagian anak muda melakukan pekerjaan mandiri karena mereka menikmati pekerjaan tersebut (28 persen) atau karena otonomi dan fleksibilitas yang ditawarkan (24 persen), sebagian besar lebih memilih bekerja sebagai pegawai tetap atau nonkontrak (56 persen).

Gen Z kurang aman secara finansial: 45 persen responden khawatir tentang stabilitas pekerjaan mereka (dibandingkan dengan 40 persen dari semua responden) dan lebih kecil kemungkinannya dibandingkan responden lain untuk melaporkan mampu menutupi biaya hidup selama lebih dari dua bulan jika dihadapkan dengan pekerjaan kehilangan. Gen Z juga lebih cenderung melaporkan bahwa gaji yang mereka terima tidak memungkinkan kualitas hidup yang baik.

Beberapa dari tren ini mungkin berdasarkan usia dan pengalaman dalam angkatan kerja; orang-orang muda di awal karier mereka biasanya berpenghasilan lebih rendah daripada mereka yang lebih berpengalaman.

Pekerja muda juga cenderung tidak memiliki mitra dan tanggungan untuk didukung, sehingga mereka mungkin memiliki fleksibilitas untuk mengerjakan banyak pekerjaan atau bekerja di posisi mandiri yang mungkin dihindari oleh mereka yang memiliki keluarga.

Orang yang lebih muda bekerja lebih banyak, lebih cenderung menjadi pekerja mandiri, dan lebih peduli daripada kelompok usia lain tentang stabilitas pekerjaan.

Keraguan akan mencapai tonggak penting finansial

source_name

Hampir seperempat responden Gen Z tidak berharap untuk pensiun, dan hanya 41 persen yang berharap memiliki rumah suatu hari nanti.

Interpretasi yang lebih pesimis mungkin adalah bahwa kaum muda mengharapkan ketidakstabilan pekerjaan dan ketidakamanan finansial mereka saat ini berlanjut seiring kemajuan kehidupan mereka.

Statistik nasional di AS mendukung gagasan bahwa membeli rumah dan pensiun adalah tujuan yang semakin jauh: usia rata-rata pembeli rumah Amerika adalah 56 tahun lalu, naik dari 36 tahun 1981. 

Ada tiga penyebab hambatan untuk Gen Z membeli rumah.

  1. Utang pelajar merupakan penghalang untuk membeli rumah bagi banyak anak muda.
  2. Kebanyakan orang Amerika—bahkan mereka yang mendekati usia pensiun—tidak memiliki tabungan yang cukup untuk pensiun.
  3. Ketakutan Gen Z untuk tidak pernah mencapai tonggak ekonomi tradisional mungkin mencerminkan pesimisme dan keputusasaan yang lebih besar daripada yang dialami generasi lain.

Gen Z lebih kecil kemungkinannya dibandingkan kelompok usia lain untuk mengharapkan pensiun atau memiliki rumah. 

Gen Z merasa lebih sulit untuk bekerja dengan baik

source_name

Gen Z merasa lebih sulit untuk bekerja dengan baik karena alasan fisik, mental, dan praktis. Survei McKinsey menyebutkan ada lima faktor yang mempekerjakan pegawai berusia 18 hingga 24 tahun yang dinilai memiliki dampak besar dibanding kelompok usia lainnya.

Faktor tersebut, yakni  lingkungan kerja yang tidak bersahabat masalah kesehatan mental, akses transportasi ke dan dari pekerjaan, masalah fisik, dan ketidakmampuan untuk berbagi diri sepenuhnya di tempat kerja. Beberapa faktor ini mungkin memiliki efek ganda, sebab McKinsey menemukan adanya hubungan antara perilaku toksik di tempat kerja, inklusivitas, kesehatan mental, dan gesekan .

Lebih dari seperempat responden berusia 18 hingga 24 tahun mengatakan masalah kesehatan mental berdampak besar pada kemampuan mereka untuk tampil di tempat kerja (dibandingkan dengan 14 persen dari semua responden yang bekerja). Sepertiga dari anak-anak berusia 18 hingga 24 tahun percaya bahwa kesehatan mental mereka berdampak negatif pada prospek pekerjaan mereka di masa depan. Keyakinan ini tampaknya menurun seiring bertambahnya usia: proporsi responden yang melaporkan hal ini turun lima hingga enam poin persentase untuk setiap sepuluh tahun yang diperoleh.

Temuan yang membingungkan adalah bahwa dari semua pekerja yang dipekerjakan, kelompok termuda adalah yang paling mungkin melaporkan masalah kesehatan fisik yang berdampak besar. Salah satu penjelasannya adalah pekerja yang lebih tua yang mengalami masalah kesehatan fisik lebih mungkin untuk tidak bekerja sebagai akibatnya (32 persen pengangguran berusia 55 hingga 64 tahun mengatakan bahwa kesehatan fisik adalah penyebab pengangguran mereka, dibandingkan dengan 9 persen pengangguran berusia 18 hingga 24 tahun).

Pekerja yang lebih muda lebih cenderung melaporkan bahwa berbagai faktor memiliki dampak besar pada kemampuan mereka untuk bekerja secara efektif.

Tingkat perjuangan kesehatan mental yang sangat tinggi

source_name

Salah satu temuan yang paling menonjol dari survei ini adalah bahwa 55 persen anak berusia 18 hingga 24 tahun melaporkan telah menerima diagnosis dan/atau perawatan untuk penyakit mental. Responden berusia 55 hingga 64 tahun, dengan waktu puluhan tahun lebih untuk menerima diagnosis atau menjalani pengobatan, melaporkan kasus ini sebanyak 31 persen. Ada variasi besar lintas ras dan etnis di setiap kategori usia: Orang Amerika-Asia berusia 35 hingga 54 tahun melaporkan tingkat diagnosis dan/atau pengobatan kurang dari setengah tingkat rekan-rekan kulit putih mereka.

Responden Gen Z juga tiga kali lebih mungkin dibandingkan generasi lain untuk mencari pengobatan untuk memikirkan atau merencanakan bunuh diri dalam periode 12 bulan. Mengutip data pada akhir 2019 hingga akhir 2020 kemungkinan tersebut pada Gen Z sebanyak 7 persen. Lebih tinggi  dibandingkan yang berusia 41 hingga 56 tahun yang hanya 2 persen.

Persentase yang lebih tinggi dari orang muda yang melaporkan tantangan kesehatan mental mungkin karena meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental, kemauan yang lebih besar untuk mencari bantuan, atau lingkungan yang siap untuk menciptakan atau memperburuk masalah kesehatan mental. 

Penasihat publik AS Ahli Bedah Umum, Vivek Murthy, mencatat bahwa sementara masalah kesehatan mental di kalangan pemuda telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, pandemi mempercepat masalah

“Pandemi menambah tantangan yang sudah ada yang dihadapi pemuda Amerika. Ini mengganggu kehidupan anak-anak dan remaja, seperti sekolah tatap muka, peluang sosial langsung dengan teman sebaya dan mentor, akses ke perawatan kesehatan dan layanan sosial, makanan, perumahan, dan kesehatan pengasuh mereka,” ujarnya kepada McKinsey.

Beban stres dan emosional

source_name

Gen Z menanggung beban tertentu karena tahap kehidupan mereka, termasuk stres emosional dan kesedihan dari pandemi dan tantangan pendidikan dari pembelajaran jarak jauh atau terputus. Mereka yang mencari pekerjaan dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami semacam rollercoaster: pengangguran kaum muda mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 27,4 persen pada April 2020 dan sejak itu menetap menjadi 8 persen pada Agustus 2022.2

Bahkan kaum muda yang mendapat keuntungan sebagai lulusan perguruan tinggi mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Banyak faktor penyebab, apakah tawaran pekerjaan mereka yang sebelumnya dijamin dibatalkan atau tidak dapat mendaftar ke sekolah pascasarjana karena waktu lockdown selama pandemi. 

Gen Z menginginkan perawatan kesehatan mental, tetapi khawatir tidak mampu membayar. Stigma yang terkait dengan gangguan mental dan penyalahgunaan zat  dan kurangnya dukungan keluarga dapat menjadi penghalang untuk mengakses perawatan kesehatan mental. 

Sebanyak 27 persen anak berusia 18 hingga 24 tahun bergantung pada asuransi orang tua atau sekolah mereka; keengganan untuk berkomunikasi dengan orang tua tentang topik kesehatan mental mungkin menjadi penghalang.

Lebih optimistis memandang masa depan ekonomi

source_name

Terlepas dari kekhawatirannya, American Opportunity Survey (AOS) McKinsey menunjukkan Gen Z menganggap masa depan ekonomi lebih cerah daripada kebanyakan kelompok usia lainnya

Meskipun melaporkan tingkat ketidakamanan kerja dan ketidakstabilan keuangan yang lebih tinggi dan tingkat tekanan emosional dan hambatan yang lebih tinggi untuk bekerja secara efektif, pandangan Gen Z tentang peluang ekonomi lebih optimis daripada Gen X dan baby boomer.

McKinsey Economic Opportunity Index—skala yang mengukur persepsi orang Amerika tentang peluang ekonomi masa lalu, sekarang, dan masa depan—menunjukkan bahwa Gen Z mendapat skor 100,4 (di mana 100 mewakili pandangan netral), yang lebih tinggi daripada setiap kelompok usia kecuali yang segera di atasnya. Tak hanya itu, optimisme Gen Z turun hanya 1,6 persen sepanjang tahun lalu, dibandingkan rata-rata 3 persen untuk semua responden.

Satu-satunya responden yang jelas merasa jauh lebih positif daripada Gen Z adalah mereka yang berusia 25 hingga 34 tahun. Orang-orang muda yang sedikit lebih tua ini, yang biasanya memulai karier mereka dan memiliki lebih banyak waktu untuk menemukan tempat mereka di masyarakat, melaporkan pandangan paling cemerlang tentang semua generasi.

Namun, tingginya tingkat tantangan kesehatan mental yang dilaporkan dan hambatan utama lainnya untuk pekerjaan efektif yang muncul dari penelitian ini mengundang refleksi.  Meskipun Gen Z bukan satu-satunya generasi yang menghadapi tantangan kesehatan mental, tingkat kesulitan mereka dapat membuat pemberi kerja, pendidik, dan pemimpin kesehatan masyarakat berhenti sejenak untuk mempertimbangkan banyak aspek.

Para pemangku kepentingan ini mungkin ingin mempertimbangkan sentimen generasi baru ini saat mereka merencanakan masa depan. Pengusaha yang ingin memenangkan bakat dari semua kelompok umur dalam angkatan kerja dapat menggunakan wawasan ini untuk menargetkan dukungan mereka untuk kelompok penting ini di dunia kerja.


 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya