Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022

Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia 2022.

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022
ilustrasi orang kaya (unsplash.com/Matheau Stern)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Forbes baru saja merilis orang terkaya di Indonesia 2022. Para konglomerat dalam daftar ini dipilih berdasarkan aset yang dimiliki, baik perusahaan publik maupun pribadi, real estate, koleksi mobil, perhiasan, juga pesawat. 

Majalah Forbes secara kontinu kerap merilis daftar orang terkaya di dunia, hingga spesifik ke negara tertentu. 

Namun, untuk menilai bisnis pribadi yang dimiliki seseorang, Forbes menghitung dengan cara menggandakan perkiraan keuntungan. Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022, dikutip dari Forbes Real Time Billionaires.

Daftar orang terkaya di Indonesia 2022

1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono (Djarum)

Daftar orang terkaya di Indonesia 2022 adalah Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Harton. Adapun jumlah kekayaan bos Djarum ini sebesar US$47,7 miliar atau setara Rp 744,12 triliun.

Hal ini meningkat tajam, yang mana tahun lalu hanya sebanyak US$5,1 miliar. Kedua bersaudara ini memang  telah menjadi langganan orang terkaya di Indonesia versi Forbes sejak 2008.

Selain sumber kekayaannya berasal dari perusahaan Djarum, diketahui Budi Hartono adalah salah satu pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Ia bersama saudaranya, Michael Hartono, juga merupakan pemilik dari merek elektronik bernama Polytron.

2. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)

Low Tuck Kwong merupakan owner dari Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai US$12,1 miliar atau setara Rp188,76 triliun. 

Kekayaannya ini meningkat tajam karena bisnis batu baranya yang terus naik di tengah krisis energi global. Hal ini juga menyebabkan saham Bayan Resources melambung tinggi.

3. Keluarga Widjaja (Sinar Mas)

Keluarga Widjaja menduduki posisi ketiga dengan jumlah kekayaan US$10,8 miliar atau sama dengan Rp168,48 triliun.

4. Sri Prakash Lohia (Indorama Corporation)

Di peringkat keempat ada Sri Prakash Lohia, pemilik Indorama Corporation, dengan jumlah kekayaan mencapai US$7,7 miliar atau sekitar Rp120,2 triliun.

Kekayaannya terus meningkat dari sebelumnya, yang mana jumlah kekayaan Sri Prakash Lohia sebelumnya adalah US$5,9 miliar atau sekitar Rp91,7 triliun.

5. Anthoni Salim (Salim Group)

Daftar orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Anthoni Salim yang berasal dari salim Group. Jumlah kekayaannya menyentuh US$7,5 miliar atau sekitar Rp117triliun.

6. Chairul Tanjung (CT Corp)

Chairul Tanjung berada di posisi ke-6 dengan jumlah kekayaan mencapai US$5,2 miliar atau sekitar Rp81,12 triliun. Jumlah kekayaannya dari Chairul Tanjung cenderung lebih stabil.

7. Prajogo Pangestu (Grup Barito)

Di peringkat selanjutnya ada Prajogo Pangestu, pemilik Grup Barito. Jumlah kekayaannya pada tahun 2022 mencapai US$5,1 miliar atau sekitar Rp80,7 triliun.

8. Boenjamin Setiawan (PT Kalbe Farma)

Boenjamin Setiawan merupakan pemilik salah satu perusahaan farmasi terkemuka di tanah air, yakni PT Kalbe Farma. Adapun jumlah kekayaannya mencapai US$4,8 miliar atau sama dengan Rp74,88 triliun.

9. Tahir (Mayapada Group)

Tahir merupakan pemilik perusahaan Mayapada Group yang memiliki salah satu sektor unggulan di dunia perbankan, yakni Bank Mayapada. Jumlah kekayaannya mencapai US$4,2 miliar atau setara Rp65,52 triliun.

10. Djoko Susanto (Grup Alfamart)

Pemilik Grup Alfamart, Djoko Susanto, menempati posisi kesepuluh orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$4,1 miliar atau setara Rp63,96 triliun. 

Djoko Susanto atau Kwok Kwie Fo lahir di Jakarta pada 9 Februari 1950. Ia memulai bisnis pertama kali di usia 17 tahun dengan mengurus kios sederhana milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta.  Pada akhirnya, bisnis retail tersebut berkembang pesat dan besar.

Itulah tadi daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2022. Ada yang mengalami peningkatan kekayaan yang signifikan, ada pula yang cenderung stabil atau tidak berubah dari beberapa bulan sebelumnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya