Sociolla Ungkap Faktor Utama Konsumen Memilih Produk Kecantikan

77% konsumen memilih keaslian dan jaminan keamanan produk.

Sociolla Ungkap Faktor Utama Konsumen Memilih Produk Kecantikan
Ilustrasi kosmetik. Shutterstock/5 second Studio
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Beragam produk dan tren kecantikan membuat masyarakat lebih leluasa memilih. Namun, beauty enthusiast nyatanya kini semakin memahami pentingnya faktor keaslian dan jaminan keamanan produk melalui sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Survei yang dilakukan Sociolla, salah satu omnichannel-retailer kecantikan di Indonesia, menunjukkan 77 persen konsumen kecantikan memilih faktor keaslian dan keamanan produk sebagai alasan utama melakukan pembelian di Sociolla.

Survei dilakukan pada Juli 2022 dan melibatkan lebih dari 400 konsumen setia yang telah menjadi anggota SOCO sejak 2021 dan telah melakukan setidaknya tiga pembelian online dan/atau offline di Sociolla. 

Konsumen peduli kualitas dan keamanan produk

Flagship Store Sociolla di Vietnam. (Sociolla)

Hasil survei ini sekaligus menunjukkan tingkat kesadaran yang tinggi dari pencinta kecantikan terhadap kualitas dan keamanan produk, yang telah jauh berbeda dibandingkan dengan tujuh tahun lalu saat Sociolla dibangun.  

Co-Founder dan CMO Social Bella, Chrisanti Indiana, mengatakan edukasi konsumen dan ketersediaan akses luas ke produk yang aman, autentik, bersertifikat BPOM merupakan tantangan-tantangan industri.

“Ini yang ingin kami jawab dengan lahirnya Sociolla pada 2015,” katanya.

Setelah konsisten melakukan edukasi selama tujuh tahun, pihaknya pun senang melihat pesatnya peningkatan kesadaran pecinta kecantikan Indonesia akan faktor keamanan dalam memilih produk kecantikan. 

“Kami berterima kasih atas loyalitas pelanggan yang terus memilih Sociolla sebagai teman terbaik mereka ketika mencari produk kecantikan yang aman, autentik, dan yang jelas bersertifikat BPOM,” ujarnya.

Selain dari faktor-faktor yang disebut, survei Sociolla juga mengungkapkan hal-hal lain yang membuat para konsumen kecantikan Indonesia memilih untuk berbelanja. Faktor tersebut di antaranya kemudahan berbelanja secara omnichannel, ketersediaan ulasan produk sebelum pembelian, suasana toko yang nyaman dan ceria, biaya pengiriman yang lebih hemat, tawaran-tawaran berkualitas dari berbagai brand, serta kelengkapan rangkaian produk kecantikan.

Pentingnya sertifikat BPOM

Co-Founder ESQA Cosmetics, Cindy Angelina di flagship store Sociolla Vietnam. (Sociolla)

Saat memilih produk kosmetik, kebanyakan customer sudah mengerti bahwa kosmetik yang aman adalah kosmetik yang sudah memiliki lisensi dari BPOM. Nomor BPOM tersebut bisa ditemukan pada kemasan yang tertera pada produk, dan bisa dicek langsung pada website resmi BPOM.

Chrisanti mengatakan sertifikat BPOM di Sociolla menjadi syarat mutlak dalam berkolaborasi dengan brand kecantikan. Saat ini, ada lebih dari 200 brand lokal dan ratusan brand luar negeri yang telah bekerja sama dengan Sociolla yang telah terdaftar di, dan disertifikasi oleh, BPOM. 

Sociolla berharap konsistensi dan komitmen ini dapat menginspirasi pelaku-pelaku lain dalam ekosistem kecantikan, sehingga konsumen memiliki lebih banyak produk kecantikan yang bersertifikat dan aman untuk dipilih.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia