6 Penyebab Kegagalan dalam Bisnis, Hindari Ini Jika Ingin Sukses

Kurangnya riset pasar merupakan salah satu faktor penyebab.

6 Penyebab Kegagalan dalam Bisnis, Hindari Ini Jika Ingin Sukses
Ilustrasi bisnis berkelanjutan. Shutterstock/Miha Creative
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dalam bisnis, pelaku usaha pasti dihadapkan pada kegagalan atau keberhasilan. Namun, faktor kegagalan dalam bisnis sebetulnya bisa diantisipasi jika Anda menyiapkan sebuah bisnis dengan baik dan mengetahui resiko yang dihadapi.

Tidak ada pengusaha yang menginginkan terjadinya kegagalan dalam berbisnis. Kegagalan dalam bisnis bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi dan melakukan suatu terobosan yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih baik lagi kedepan. 

Tapi tahukah Anda, tanpa disadari kegagalan atau dapat terjadi karena beberapa penyebab?  Berikut ini 6  faktor penyebab kegagalan dalam bisnis melansir berbagai sumber. 

Tidak memiliki perencanaan bisnis yang jelas

ilustrasi perencanaan (unsplash.com/Kaleidico)

Sebelum memulai sebuah usaha, hal wajib yang perlu Anda lakukan adalah menentukan rencana bisnis atau business plan. Rencana bisnis biasanya mencakup hal apa saja yang ingin Anda jalankan dan hal apa ingin Anda capai ke depannya. 

Rencana ini yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha yang Anda jalankan nantinya.

Dalam susunan rencana bisnis, Anda perlu menuliskan secara rinci tentang konsep bisnis, keuangan, pemasaran, dan hal terkait lainnya. Poin ini juga biasanya terdapat rangkuman visi dan misi bisnis ke depannya. Visi dan misi bisnis dapat membantu Anda tetap melangkah dengan arah dan strategi yang tepat. 

Minimnya kemampuan manajemen bisnis

ilustrasi manajemen bisnis (unsplash.com/Marten Bjork)

Faktor kegagalan usaha lainnya adalah minimnya kemampuan pelaku usaha dalam hal manajemen bisnis. Pengetahuan manajerial yang minim dapat menghambat produktivitas dari para pekerja. 

Manajemen merupakan pondasi yang bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha. Manajemen bukan hanya meliputi pengelolaan dan pengorganisasian bisnis, tapi juga manajemen waktu dan struktur keorganisasian usaha.

Pengelolaan dan manajemen aset bisnis yang tepat dan efisien bisa membuat bisnis lebih optimal. Jika semua faktor manajemen berjalan lancar, kondisi operasional usaha akan berjalan dengan maksimal tanpa hambatan yang berarti. 

Salah urus keuangan dan keterbatasan modal

Ilustrasi laporan keuangan. (Pixabay/Tumisu)

Keterbatasan modal kerap menjadi salah satu faktor kegagalan usaha. Jika modal yang Anda miliki cukup untuk menopang bisnis, secara otomatis bisnis bisa berjalan lancar.

Namun, memiliki modal besar juga bukan jaminan usaha akan sukses. Sebagai seorang pemilik usaha, Anda harus dapat mengendalikan keuangan. Dengan adanya kecermatan dalam menangani cash flow, serta memahami mengatur dana usaha, potensi kerugian dan kegagalan bisnis dapat diminimalisir. 

Kurangnya riset pasar

Riset atau penelitian sangat penting dilakukan dalam membangun sebuah bisnis.  Salah satu alasan yang paling umum dari kegagalan usaha karena kurangnya pengetahuan kebutuhan pasar untuk produk maupun layanan.

Beberapa riset yang perlu Anda lakukan saat membangun bisnis di antaranya mencari tahu pasar yang ada, ini dan masa depan di industri tersebut. Kemudian, ketahui jiga siapa target audiens produk atau layanan yang Anda pasarkan dan apa yang membuat mereka memotivasi untuk membeli produk Anda.

Riset dan strategi pemasaran yang tepat akan menciptakan keseimbangan dalam menarik pelanggan baru dan membangun bisnis pelanggan setia.

Sumber daya manusia

Kualitas dari sumber daya manusia yang ada dapat berpengaruh pada keberhasilan dan kegagalan usaha. 

Anda bisa saja merancang berbagai macam rencana bisnis, namun jika karyawan yang bekerja denganmu tidak memiliki kemampuan, tentu hal tersebut bisa ikut mempengaruhi kondisi bisnis. 

SDM yang baik juga pasti memiliki etika kerja yang bagus. Etika kerja yang baik dan positif perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi sebuah kebiasaan. Dengan etika kerja yang kuat, secara otomatis bisnis Anda bisa ikut berkembang. 

Tak mau beradaptasi dengan perkembangan teknologi

Mengabaikan teknologi dan perkembangan pemasaran digital sama saja dengan membiarkan dirimu terlibat dalam keterbelakangan dalam era saat ini. 

Agar bisnismu mampu berkompetisi, Anda harus mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi. Apa pun jenis usaha atau bisnis yang Anda jalankan, visibilitas bisnis secara online sangatlah penting untuk dioptimasi. 

Itu tadi beberapa rangkuman mengenai faktor penyebab kegagalan bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membangun sebuah bisnis. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Melonjak 109%, Bank Raya Kantongi Laba Rp9,16 Miliar
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi