Deretan Taipan Pemilik Bisnis Hotel Mewah di Indonesia

Bisnis hotel yang menyasar segmen atas menjanjikan.

Deretan Taipan Pemilik Bisnis Hotel Mewah di Indonesia
Aryaduta Medan
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sejumlah konglomerat Indonesia diketahui merupakan pemilik bisnsis hotel mewah di Indonesia. Aset bisnis tersebut terletak di sejumlah lokasi strategis Ibu Kota maupun kota lain yang menjadi tujuan wisata populer.

Bisnis fasilitas penginapan mewah cukup menjanjikan dengan segmen bisnis yang menyasar segmen pasar kalangan atas. Dengan begitu, hotel mewah bisa menjadi salah satu sumber pemasukan yang menjanjikan bagi sang taipan, terlebih di periode normalisasi dan pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19. 

Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia bahkan memproyeksikan volume investasi bisnis hotel di Indonesia bisa mencapai US$300 juta pada 2023. Lantas siapa saja pengusaha pemilih bisnis hotel mewah di Indonesia? berikut ulasannya merangkum berbagai sumber.

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri dari Sinar Mas Grup, perusahaan kongkomerasi yang bergerak di beberapa sektor, seperti perusahaan kertas, perkebunan sawit dan jasa keuangan.

Bisnis hotel berbintang lima miliknya yakni hotel Grand Hyatt yang berdiri di kawasan startegis di pusat kota, jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Hotel tersebut juga terhubung dengan pusat belanja mewah miliknya, yaitu Plaza Indonesia.

2. Keluarga Ciputra

Nama Ciputra dikenal dengan bisnis properti, real estate dan mal mewah di Indonesia.  Keluarga ini juga memiliki bisnis hotel bintang lima yakni Raffles Jakarta Hotel yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain hotel mewah, bebarapa bisnis hotel berbintang hingga hotel bujet Ciputra juga menggurita di sejumlah kota, seperti di Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Cirebon. 

Bahkan, grup ini telah melebarkan sayap di luar negeri, dengan mendirikan Pullman Hotel Hanoi, di pusat kota Hanoi, Vietnam. 

3. Hartono Bersaudara

Taipan dua Hartono bersaudara, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono yang juga pemilik Grup Djarum ini juga memiliki hotel mewah berbintang lima di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Hotel tersebut adalah Hotel Indonesia Kempinski.

Bersebelahan dengan lokasi hotel, bersaudara ini juga memiliki sejumlah properti prestisius seperti menara BCA, mal Grand Indonesia dan Kempinski Residence.  

4. Peter Sondakh

Pemilik Grup Rajawali Properti ini memiliki sejumlah hotel mewah, yakni St Regis Hotel (Jakarta), Four Seasons (Jakarta dan Bali), hotel The Ritz-Carlton (Bali), Sheraton Laguna Resort, Sheraton Bandung dan lainnya.

5. Chairul Tanjung

Pendiri CT Group yakni Chairul Tanjung terkenal dengan beberapa bisnisnya seperti media, ritel, jasa keuangan. Dia juga pengusaha properti yang memiliki bisnis hotel bintang lima seperti, Trans Luxury Hotel di Bandung, Jawa Barat dan The Trans Resort Bali.

6. Mochtar Riady & keluarga

Pemilik Grup Lippo ini juga diketahui sebagai pemilik Aryaduta Hotels. Jaringan hotel mewah bintang lima ini tersebar di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang.


 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur