Resmi Persunting Erina Gudono, Ini Deretan Bisnis Kaesang Pangarep

Bisnis Kaesang Pangareb memiliki brand unik dan nyeleneh.

Resmi Persunting Erina Gudono, Ini Deretan Bisnis Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep. (Arsip Instagram/@kaesangp)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi mempersunting Erina Gudono sebagai istri. Hal itu ditandai dengan dilangsungkannya akad dan resepsi pernikahan pada 10-11 Desember 2022 di Solo dan Yogyakarta.

Kaesang merupakan salah satu sosok di keluarga Presiden Jokowi cukup menonjol dan ulet menekuni sejumlah bisnis. 

Beberapa bisnis Kaesang Pangarep dibangun dengan brand unik, nyeleneh hingga menarik karena berkolaborasi dengan salah satu figur kuliner. Lantas, apa saja bisnis Kaersang? Berikut ulasannya. 

1. Chili Pari

Usaha yang bergerak di bidang kuliner ini didirikan sejak 2010. Usaha katering yang melayani keperluan acara-acara seremonial seperti pesta pernikahan awalnya dijalankan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Namun, usaha ini diserahkan kepada Kaesang, sebelum sang kakak terjun ke dunia politik dan resmi menjabat Wali Kota Solo. Chili Pari menyajikan sejumlah menu masakan tradisional Jawa dengan sentuhan modern.

2. Sang Pisang

Bisnis kuliner Kaesang Pangarep, Sang Pisang ini sudah dirintis sejak 2017. Menu andalan usaha ini berupa olahan pisang, mulai dari pisang nugget dengan aneka topping, pisang madu hingga banana bread. 

Bisnis kudapan tersebut saat ini telah tersebar di 25 kota. dengan lebih 73 outlet. Padan tahun depan, Sang Pisang bakal lebih agresif membuka cabang dengan target penambahan 100 gerai.

3. Mangkokku

Masih di bidang kuliner, di bisnis Mangkokku yang diperkenalkan sejak 2019 ini Kaesang berkolaborasi dengan sang kakak, Gibran Rakabuming, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius Kartadinata. 

Mangkokku menyajikan beragam menu rice bowl dengan aneka lauk Nusantara. Saat ini, sudah ada 56 outlet Mangkokku di 16 kota di Indonesia. Brand ini juga mengklaim berhasil menjual 5 juta mangkuk, per Juli 2022. 
 

4. Tugas Negara Bos

Tugas Negara Bos merupakan bisnis Kaesang dan Gibran yang menjual produk jas hujan dan kaos (T-shirt). Side project tersebut diproduksi di kota Solo dan dijual melalui e-commrece. 

Brand Tugas Negara Bos terdengar unik dan nyeleneh. Namun, alasan keduanya memilih nama tersebut lantaran ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berperan membangun negara dengan tugas dan kontribusinya masing-masing.

5. Siap Mas

Bisnis Kaesang berikutnya ada Siap Mas. Usaha yang terdengar nyeleneh, ini menghadirkan beragam jenis makanan dan minuman cocok untuk segala usia, seperti camilan keripik dengan brand Kemripik dan minuman hangat siap seduh, Ngedrink. Produk tersebut dengan mudah dijumpai di beberapa minimarket. 

Kaesang juga 'mewarisi' sejumlah bisnis kuliner milik sang kakak, Markobar atau gerai makanan yang menjual aneka martabak dan Goola, startup yang menjual produk minuman khas Indonesia, seperti Es Doger yang dimodifikasi dengan lebih modern.  

6. Pemilik saham emiten produsen udang beku

Selain di bisnis kuliner, Kaesang melalui perusahaannya PT Harapan Bangka Kita (GK Hebat) pada 2021 mengakuisisi 8 persen saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) emiten pengolah makanan beku berbasis udang, senilai Rp94 miliar.

Panca Mitra Multiperdana merupakan salah satu eksportir udang terbesar di Indonesia, dengan tujuan ekspor utama Amerika Serikat dan Jepang. 
 

7. Saham Rakyat

Pada Agustus 2020, Kaesang bersama  Youtuber Kevin Hendrawan mendirikan Saham Rakyat – sebuah komunitas saham – yang pada awal 2022 bertransformasi menjadi platform belanja saham pertama di Indonesia. Perusahaan tersebut didirikan lantaran ketertarikan keduanya terhadap pasar modal. 

8. Persis Solo

Pada Maret 2021 lalu, Kaesang membeli mayoritas saham klub sepakbola Persis Solo sekitar 40 persen dan menjabat Direktur Utama.

Selain Kaesang, Menteri BUMN Erick Thohir dan Kevin Nugroho turut menjadi pemilik saham Persis.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M