Sambut Valentine, Ini 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Datangkan Cuan 

Kado spesial identik dengan Valentine bisa jadi ide bisnis.

Sambut Valentine, Ini 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Datangkan Cuan 
ilustrasi cokelat valentine (unsplash.com/Jessica Johnston)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bulan Februari identik dengan perayaan hari kasih sayang atau Valentine's Day. Momentum ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan meski hanya bermodal minim.

Hari Valentine biasa diperingati setiap tanggal 14 Februari. Tanggal ini kerap dijadikan momentum seseorang berbagi atau mencurahkan kasih sayang dengan berbagi sesuatu kepada orang-orang yang dianggap spesial, seperti pasangan, keluarga atau sahabat. 

Ada beberapa kado spesial atau benda yang identik dengan hari Valentine, semisal cokelat atau boneka. Namun, dengan sedikit sentuhan kreatifitas, Anda bisa memanfaatkan benda-benda ini menjadi lebih bernilai. Berikut ini 5 ide bisnis hari Valentine rumahan yang bisa Anda coba untuk menambah pundi-pundi keuntungan. 

1. Cokelat

Jika Anda memiliki keahlian memasak dan menghias, tidak ada salahnya memilih produk ini sebagai bisnis. Meski produk cokelat banyak dijual selama Valentine, tapi dengan kreatifitas, Anda bisa berkreasi dengan bentuk coklat seunik mungkin yang tentunya  berbeda dari yang lain. 

Alternatif lain jika Anda enggan direpotkan dengan urusan dapur, Anda juga bisa berkreasi dalam kemasannya, seperti membentuk buket bunga yang terdiri dari susunan barang cokelat atau mengkombinasikannya bersama boneka agar terlihat manis dan menarik konsumen.

2. Buket Bunga

Selain coklat, bunga yang identik dengan kesan romantis juga identik dengan hari Valentine. Buatlah rangkaian buket bunga semenarik mungkin dan eksklusif  dari  produk sejenis yang berada di pasaran. Namun, ada baiknya sebelum memulai bisnis ini Anda sudah lebih dahulu mempelajari dan mengenal jenis-jenis bunga beserta maknanya. 

3. Cupcake

Anda yang hobi memasak dan berkreasi di dapur, jangan lewatkan kesempatan hari Valentine untuk mencoba peruntungan bisnis. Anda bisa membuat aneka ragam cup cake dengan warna-warna dan tema khas hari kasih sayang. Beri kemasan yang menarik dan ekslusif bisa dengan box atau pita cantik. 

Promosikan produk Anda  di media sosial atau Whatsapp. Agar produk kue tersebut masih memiliki cita rasa yang fresh, Anda bisa membuatnya dengan skema pre-order, sehingga bisa diperkirakan kapan produk tersebut akan dikonsumsi atau sampai di tangan pelanggan.

4. Boneka

Boneka kerap dianggap sebagai simbol cinta dan kasih sayang yang diberikan pria kepada pasangannya. Ide bisnis berjualan boneka pun bisa Anda coba untuk menangkap peluang tersebut. 

Tak mesti membuatnya sendiri, Anda bisa membelinya dari pihak suplier dan menjualnya dengan sedikit penambahan ornamen khas Valentine. Tapi jangan lupa memperhatikan kualitas dan harga jual yang kompetitif agar produk Anda tetap relevan dengan target pasar.

5. Buket Snack

Ide bisnis Valentine rumahan yang bisa Anda coba adalah membuat buket snack. Ide ini cukup menarik, dan cukup digemari kawula muda. Modal dan bujetnya pun bisa Anda sesuaikan dengan target pasar. 

Konsepnya hampir sama dengan buket bunga, Anda hanya perlu menggantinya dengan aneka makanan ringan misalnya, biskuit kemasan, wafer, cokelat, atau apapun. Hanya saja, teliti setiap produk snack yang akan Anda masukan dalam buket, pastikan kemasannya masih baik, memiliki tanggal expired yang lama dan layak konsumsi.

Itu tadi sejumlah ide bisnis hari Valentine rumahan yang bisa Anda coba. Semoga menginspirasi dan membantu mendatangkan laba. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur