10 Tips Membeli Apartemen Bagi Pemula Agar Tidak Kecewa

Penting untuk memilih apartemen dengan tepat.

10 Tips Membeli Apartemen Bagi Pemula Agar Tidak Kecewa
Apartemen Regent Residence Jakarta (Dok. Regent Residence Jakarta)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tips membeli apartemen untuk pemula memang sangat dibutuhkan. Sebagai orang awam, kita harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih unit apartemen yang tepat.

Perlu pertimbangan dari berbagai aspek. Bukan hanya sebatas harga murah atau mahal, namun pertimbangan lokasi, fasilitas, hingga keamanan menjadi faktor penting untuk menentukan hunian apartemen yang tepat dengan anda.Faktor-faktor tersebut sangat perlu diperhatikan agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Banyak orang menjadikan apartemen sebagai alternatif hunian, untuk menyiasati kurangnya ketersediaan lahan di kota besar. Bukan cuma itu, apartemen juga dianggap sebagai instrumen investasi menggiurkan.

Agar tidak keliru saat memilih unit apartemen yang tepat, berikut tips membeli apartemen untuk pemula yang bisa terapkan.

1. Pastikan fasilitas dan akses jalan

Jangan asal membeli apartemen karena tergoda iklan. Pilihlah apartemen yang mudah diakses dari dan ke tempat kerja. Jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi, pastikan apartemen berada di dekat moda transportasi umum seperti stasiun KRL atau halte bus.

2. Cari tau wilayah atau area sekitar apartemen

Lakukan survei terlebih dahulu mengenai situasi dan kondisi area tempat tersebut. Hal ini untuk memastikan apakah wilayah atau area apartemen tersebut aman, atau biasa terjadi bencana alam seperti banjir dan lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada beberapa penghuni apartemen tersebut perihal keberadaan apartemen dan juga kenyamanan serta ketertiban dari para penghuni apartemen. Buat data setiap apartemen yang menjadi target incaran Anda.

3. Pastikan aspek legalitasnya

Supaya tambah yakin, sebelum membeli apartemen cari tau dulu aspek legalitas hunian kepada tim pemasaran apartemen.

Tanyakan status sertifikat hak atas tanah bersamanya, dan perhatikan pula izin lokasi seperti IMB, Setifikat Hak Milik (SHM) dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPPSRS.

4. Cek kredibilitas dan rekam jejak pengembang apartemen

Hal yang satu ini sangat penting untuk kamu yang pertama kali beli apartemen, apalagi jika ingin beli unit saat soft launching atau belum dibangun gedung apartemennya.

Agar terhindar dari modus pengembang nakal, cari tahu kredibilitasnya sebelum membeli. Sebab, pengembang besar pun tidak menjamin bahwa proyek apartemen itu akan berjalan lancar sampai serh-terima unit.

Ada baiknya kamu bisa mencari informasi ini lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI), atau coba mencari rekam jejak pengembang melalui berita-berita yang sudah ada.

5. Pakai jasa agen properti

Bagi kamu yang masih baru atau awam dalam urusan jual-beli apartemen mungkin akan sedikit merepotkan.

Sebagai tips membeli apartemen untuk pemula, kamu bisa menggunakan agen properti untuk mengurus hal tersebut.

Nantinya, segala urusan terkait jual-beli apartemen seperti mencari lokasi, unit terbaik, melakukan nego, hingga mengurus surat-menyurat akan dilakukan sepenuhnya oleh agen properti.

6. Pilih unit apartemen yang sesuai kebutuhan

Tipe apartemen ada bermacam-macam, mulai dari studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan sebagainya.

Harga dari masing-masing tipe unit juga berbeda-beda. Agar tidak lewah, pilih tipe unit sesuai kebutuhanmu saja, dan dapat menyesuaikan dengan budget yang sudah dianggarkan.

7. Cek kembali setiap fasilitas

Setelah Anda mempersempit pilihan Anda terhadap dua hingga tiga apartemen yang akan Anda incar, cek kembali setiap fasilitas yang disuguhkan kepada para penghuni apartemen.

Misalnya, cek supermarket, akses kendaraan umum, tempat parkir, rumah sakit terdekat, sekolah, jarak dengan tempat kerja Anda, fasilitas gym atau ruang kebugaran dan lain sebagainya.

8. Hitung biaya lainnya dan pajak

Ketika membeli apartemen, kamu biasanya akan dikenakan pajak berserta biaya lain yang tak terduga.

Tanyakan, berapa besaran pajak dan biaya lain-lain, seperti biaya keamanan, parkir, air dan sebagainya. Kebanyakan orang tidak memikirkan dan melewatkan setiap informasi yang seharusnya diketahui dengan saksama.

Anda perlu mencari tahu, apakah setiap biaya perawatan sudah disertakan ke dalam tagihan Anda, termasuk biaya sewa parkir mobil Anda. Tidak banyak yang tahu jika ternyata ada beberapa biaya tambahan di luar tagihan yang seharusnya Anda bayar. Hal ini untuk menakar kemampuan jika sudah menetap di apartemen pilihan.

9. Perhatikan status tanah

Dalam melakukan pembelian apartemen, perlu diperhatikan status tanah bangunan apartemen. Pastikan bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan apartemen bukanlah tanah sengketa atau masih berstatus sewa.

Pastikan juga dokumen tidak bermasalah, seperti menjadi jaminan di bank.

Bila perlu mintalah bantuan notaris atau pemerintah daerah setempat sebelum melakukan transaksi. Sebaiknya juga, Anda memilih apartemen dengan sistem kepemilikan strata title yang memungkinkan kepemilikan bersama secara horizontal, di samping kepemilikan secara vertikal.

10. Persiapkan dana pembelian apartemen

Tentu saja, ketika berniat membeli apartemen tentu kamu harus mempersiapkan sejumlah uang.

Bukan cuma biaya pokoknya saja, biaya-biaya lain seperti pajak dan iuran apartemen juga harus diperhitungkan.

Sebagai tips membeli apartemen untuk pemula, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA) dari bank.

Sistem KPA mirip dengan KPR, hanya saja khusus untuk hunian vertikal. Dengan KPA, kamu bisa mencicil biaya pembelian apartemen per bulannya selama jangka waktu tertentu.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M