Startup F&B Haus! Menutup Semester I-2022 dengan Penjualan Naik 73%

Penjualan per Juni 2022 lebih dari Rp184 miliar.

Startup F&B Haus! Menutup Semester I-2022 dengan Penjualan Naik 73%
acara media luncheon dan paparan kinerja semester I Haus! di Sarinah DKI Jakarta, Kamis (13/10). Dok/Fortune Indonesia/Luky Maulana.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Haus! mengumumkan sejumlah capaian bisnis positif pada semester pertama tahun ini. Perusahaan rintisan makanan dan minuman ini mengeklaim penjualannya berhasil naik 73 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Menurut Founder dan CEO Haus!, Gufron Syarif, penjualan tersebut bertopang pada lebih dari 200 gerai perusahaan yang tersebar di 18 kota di Indonesia.

“Adapun kinerja positif ini terlihat dari adanya pembukaan 71 outlet baru di sepanjang semester pertama 2022,” kata Gufron dalam acara media luncheon dan paparan kinerja semester I di Gedung Sarinah DKI Jakarta, Kamis (13/10).  

Saat ditanya soal nominal penjualan, Gufron menyatakan angkanya pada periode sama mencapai US$12 juta atau lebih dari Rp184 miliar.

Berdasarkan catatan internal perusahaan, penjualan perusahaan rintisan ini pada 2020 hanya US$11 juta atau setara dengan Rp168 miliar, sedangkan pada 2021 mencapai US$17,5 juta atau lebih dari Rp268 miliar.

Didirikan pada 2018, Haus menyatakan diri sebagai startup lokal makanan dan minuman pada kategori new tea and boba. Perusahaan rintisan ini menyasar konsumen kelas menengah.

Rencana ekspansi

acara media luncheon dan paparan kinerja semester I Haus! di Sarinah DKI Jakarta, Kamis (13/10). Dok/Fortune Indonesia/Luky Maulana.

Komposisi penjualan itu masih ditopang oleh aplikasi agregator layanan pesan antar online dengan persentase 69 persen, menurut Gufron. Namun demikian, transaksi secara offline mulai menunjukkan peningkatan, terlihat dari pergeseran perilaku konsumen yang mulai melakukan pembelian secara langsung di gerai.

Gufron menyampaikan optimismenya soal niat ekspansi perusahaan. Rencananya, kata dia, Haus! akan memperluas gerai oflline sebanyak 300 unit pada 2023, dan bahkan 1.500 unit pada 2026.

Dia menyatakan positif sektor minuman teh boba ini masih memiliki ruang tumbuh yang besar. Gufron mengutip data yang menunjukkan selama kurun 1990 sampai 2022 pasar boba di Cina, misalnya, sanggup tumbuh dengan rata-rata pertumbuhan tahunan lebih dari 20 persen. Itu membuatnya percaya jenis menuman tersebut tidak berlaku musiman semata.

“Artinya sebenarnya product life cycle-nya sudah lebih dari 25 tahun,” katanya.

Bisnis minuman teh boba memang begitu menjamur di pasar Indonesia dan bahkan Asia Tenggara. Pada 2021, nilai konsumsi jenis minuman ini di Asia Tenggara menyentuh US$3,66 miliar atau lebih dari Rp56 triliun per tahun, menurut studi dari Momentum Works dan Qlub.

Laporan bertajuk Bubble Tea in Southeast Asia yang dirilis pada 2022 ini menunjukkan Indonesia merupakan pasar terbesar di kawasan dengan estimasi omzet tahunan senilai US$1,6 miliar atau lebih dari Rp24 triliun. Di posisi kedua ada Thailand, yang perkiraan omzet tahunannya mencapai US$749 juta lewat lebih dari 31.000 toko teh boba.

Inovasi & kerja sama

Salah satu gerai Haus!/Dok. Haus!

Sepanjang semester I-2022, Haus telah merilis beberapa menu baru seperti teh tarik, teh kiwi, teh leci, dan keripik kentang. Upaya ini merupakan bagian dari inovasi secara berkala demi memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat.

Dia juga menyatakan Haus! bakal memperkuat layanan ke pelbagai vertikal dengan banyak pihak untuk memperluas layanan. Terkini, perusahaan bakal bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam implementasi layanan Banking in Merchant di gerai yang akan tersedia pada Oktober.

“Sejak awal Haus! menggarap produk dan layanan berkualitas tinggi yntuk masyarakat middle dan aspiring middle class. Komitmen ini akan diwujudkan dalam variasi produk makanan dan minuman, serta beberapa kolaborasi yang akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan,” ujar Gufron.

Dalam kesempatan sama, Chief Investment Officer BRI Ventures, Markus Liman Rahardja, menyatakan sejak awal kemuculannya Haus! menunjukkan kesetiannya untuk menawarkan prodiuk makanan minuman yang bisa dijangkau dan dinikmati oleh masyarakat dari pelbagai kalangan.

“Semangat ini yang meyakinkan kami untuk mendukung Haus dalam melahirkan inovasi produk yang akan disajikan kepada masyarakat Indonesia ke depan,” kata Markus.

Haus! pada Juni mengumumkan telah mengantongi pendanaan dengan nilai yang tidak dipublikasikan dalam putaran Seri B1. Investor yang terlibat antara lain Strategic Year Holdings, Atlas Global Ventures, Co-founder Sayurbox dan AwanTunai Rama Notowidigdo lewat Ubi Capital, serta sejumlah angel investor.

Startup tersebut pada Desember 2020 beroleh dana segar US$2 juta atau sekitar Rp28,2 miliar dalam putaran Seri A yang dipimpin oleh BRI Ventures melalui dana kelolaan Sembrani Nusantara.

Related Topics

HausStartupTeh Boba

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar