EBay Lakukan PHK 500 Karyawan, Ini Penyebabnya

Penjualan eBay tercatat menurun.

EBay Lakukan PHK 500 Karyawan, Ini Penyebabnya
Ilustrasi Website dari eBay
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Platform pasar online eBay mengumumkan pemangkasan karyawan besar-besaran. Sekitar 4 persen dari total karyawannya, atau 500 orang, bakal terkena efek kebijakan tersebut. Langkah tersebut diambil sebagai respons terhadap kondisi perekonomian global yang dianggap masih tidak menentu.

Dilansir dari Bloomberg.com, pemutusan hubungan kerja (PHK) dilakukan juga sebagai respons dari lambatnya konsumsi masyarakat untuk belanja online setelah penyebaran Covid-19 mengalami perlambatan.

“Pengurangan itu sebagai tanggapan terhadap situasi ekonomi makro di seluruh dunia, serta untuk membantu menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Chief Executive Officer (CEO), Jamie Iannone, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Bloomberg.com, Rabu (8/2).

Penjualan eBay menurun

ilustrasi belanja ecommerce (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam pernyataan tersebut, penjualan eBay dalam enam kuartal terakhir tercatat mengalami penurunan. Analis menilai masyarakat cenderung beralih kembali ke belanja offline serta bepergian seiring dengan meredanya pandemi.

Bahkan, analis dari Bloomberg memperkirakan perusahaan yang berbasis di San Jose, California, itu telah mengalami penurunan pendapatan pada akhir 2022. Dalam laporannya, eBay juga mencatatkan penurunan pendapatan sekitar 6 persen menjadi US$2,46 miliar pada 22 Februari 2022.

Tren PHK masih terjadi

Ilustrasi berbelanja via e-commerce. Shutterstock/13_Phunkod

Badai PHK masih belum berakhir pada industri teknologi. Diberitakan sebelumnya, perusahaan saingan eBay seperti Amazon.com Inc. juga telah memangkas 18.000 pekerjaan dan melaporkan penjualan online yang turun 2 persen. Tidak hanya itu, platform lainnya seperti Wayfair Inc. juga telah memangkas 1.750 pekerja, atau sekitar 10 persen dari total tenaga kerjanya.

Analis Bloomberg Intelligence, Poonam Goyal dan Abigail Gilmartin, menilai pengurangan tenaga kerja merupakan langkah untuk merampingkan operasional.

“Ini memberi ruang bagi investasi baru yang berfokus pada peningkatan kemampuan dan visibilitas plaform," kata Poonam dalam sebuah catatan.

Related Topics

EbayPHKBelanja Online

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya