5 Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2022 dengan Untung Besar

Tertarik ingin mencobanya?

5 Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2022 dengan Untung Besar
ilustrasi uang (unsplash.com/Annie Spratt)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ingin mencari pemasukan dengan cara yang praktis dengan modal terbatas? Terdapat beberapa peluang usaha modal kecil yang bisa Anda coba. 

Saat ini, untuk memulai suatu usaha tidak harus dengan modal besar. Dengan modal yang minim sekalipun, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Sebagai contoh, Anda bisa menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu menyetok barang, cukup bermodalkan kuota internet dan gadget, maka Anda sudah bisa memulai usaha.

Selain itu, berikut terdapat beberapa peluang usaha modal kecil dengan untung besar lainnya yang bisa Anda ikuti.

1. Dropshipper

ilustrasi dropshipper (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal yang minim, menjadi dropshipper adalah solusinya.

Anda cukup melakukan promosi produk milik orang lain atau pabrik dan mengambil keuntungan yang diinginkan dengan cara menaikkan harga jual.

Anda bisa mulai untuk membuat konten foto atau video dan mempromosikan melalui beragam media. Misalnya Facebook, TikTok, Twitter, dan Instagram atau melalui aplikasi WhatsApp dan Telegram. 

Anda tidak perlu untuk melakukan pembelian atau menyetok barang. Bila ada yang memesan, Anda cukup meneruskan pesan tersebut atau menyerahkan pemesanan ke produsen.

Tenang saja, Anda tidak perlu takut ketahuan mendapatkan barang tersebut dari mana. Pihak produsen akan mengganti alamat dan nama pengirim sesuai dengan nama dropshipper.

2. Affiliate marketer

ilustrasi media sosial (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Mirip dengan dropshipper, Anda tidak harus menyetok barang bila ingin menjadi seorang affiliate marketer. Akan tetapi, perbedaannya dengan dropshipper adalah pada bagian cara promosi dan sistem yang digunakan.

Seorang affiliate khusus melakukan promosi produk saja, bukan menjual barang. Barang tersebut tetap dikirim atas nama pebisnis atau perusahaan yang bekerja sama dengan Anda selaku affiliate marketer.

Anda nantinya akan menjalin kerja sama dengan perusahaan produk tersebut. Setelah mendaftar untuk kerja sama, pihak perusahaan akan memberikan tautan berisi kode unik yang digunakan sebagai hitungan komisi.

Apabila ada seseorang yang tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan dan menggunakan kode unik Anda, maka Anda akan mendapatkan imbalan.

3. Katering

ilustrasi makanan (unsplash.com/Katarzyna Pracuch)

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan banyak diminati. Apabila Anda mempunyai kemampuan memasak, tidak ada salahnya untuk coba memulai wirausaha.

Anda bisa membuka usaha katering rumahan. Tidak perlu dengan modal yang banyak, Anda cukup memasak sesuai dengan pesanan konsumen sebelumnya dari modal yang diberikan konsumen.

Katering sangat dibutuhkan khususnya lingkungan perkotaan maupun industri. Biasanya mereka tidak memiliki waktu luang untuk masak setiap harinya. Pada akhirnya, mereka akan memilih untuk katering atau berlangganan.

Selain itu, beberapa instansi, lembaga, dan organisasi biasanya mengadakan acara dan membutuhkan makan siang. Anda juga bisa menawarkan usaha katering Anda pada instansi terkait.

Katering juga sangat dibutuhkan untuk acara formal dan informal lainnya seperti acara pernikahan dan ulang tahun.

Agar katering Anda berbeda dengan usaha lainnya, buatlah menu yang khas dan berikan pelayanan yang baik sehingga orang akan melakukan repeat order nantinya.

4. Ternak ikan hias

ilustrasi akuarium (unsplash.com/Jerry Wang)

Usaha modal kecil selanjutnya yang tak kalah menarik adalah beternak ikan hias. Bisnis ini sangat sesuai bagi Anda yang gemar memelihara ikan hias.

Anda bisa memulainya dari membeli anakan terlebih dahulu dengan harga yang murah. Setelah ikan tersebut besar, Anda bisa menjual kembali dengan harga yang tinggi.

Dapat dikatakan, usaha ternak ikan hias adalah peluang usaha modal kecil dengan untung yang besar. 

5. Jasa titip

ilustrasi antar barang (unsplash.com/Rosebox)

Usaha satu ini sedang naik daun dan cukup menjanjikan. Anda hanya perlu membelikan barang-barang yang konsumen pesan.

Biasanya, barang yang diinginkan tidak tersedia di daerahnya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dan mengambil keuntungan.

Adapun produk yang dititipkan bisa bermacam-macam mulai dari pakaian, kerajinan, makanan, aksesoris, dan merchandise yang tidak ada di daerah tertentu.

Apabila Anda sedang berkunjung ke sebuah kota atau negara dan ingin kembali pulang ke daerah asal, gunakanlah kesempatan ini.

Cukup bermodalkan media sosial dan mengabarkan bahwa Anda membuka jasa titipan bisa memberikan keuntungan besar. 

Anda bisa mengambil keuntungan dengan menaikkan harga jual sebagai ongkos membawa barang tersebut sampai akhirnya dikirim ke pembeli.

Itulah tadi lima peluang usaha modal kecil tahun 2022 dengan untung besar. Tertarik ingin mencoba salah satunya?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity