Apa itu Target Pasar Sekaligus Manfaat dan Keuntungannya dalam Bisnis

Strategi penting dalam membangun bisnis.

Apa itu Target Pasar Sekaligus Manfaat dan Keuntungannya dalam Bisnis
ilustrasi target (unsplash.com/Afif Kusuma)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Untuk membangun sebuah bisnis, perlu adanya beberapa pertimbangan yang harus dilakukan, yakni mulai dari menentukan produk, media pemasaran, hingga target pasar.

Lantas, apa itu target pasar? Seberapa penting target pasar dalam sebuah bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut artikel yang membahas lebih lanjut mengenai target pasar.

Apa itu target pasar?

ilustrasi strategi (unsplash.com/Jeshoots)

Target pasar adalah kelompok pelanggan yang akan Anda jadikan sasaran dalam bisnis.Tidak semua orang bisa dijadikan sasaran bisnis. Anda harus mengelompokkan masyarakat ke dalam beberapa segmentasi tertentu.

Ada beberapa kategori spesifik yang bisa Anda lakukan, yakni mulai dari mengelompokkan berdasarkan rentang umur, karakter, hingga kebiasaannya (behaviour).

Melalui segmentasi tersebut, Anda akan mudah mendapatkan yang akurat dan menentukan konsumen yang sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan.

Sederhananya, target pasar adalah membagikan masyarakat ke dalam beberapa kelompok segmentasi pasar.

Segmentasi pasar merupakan suatu tindakan membagikan kelompok calon pembeli dari heterogen ke kelompok homogen yang lebih kecil. Oleh karenanya, segmentasi pasar perlu diperlukan agar mendapatkan target pasar yang lebih akurat.

Mengapa target pasar harus dilakukan di awal?

ilustrasi menulis (unsplash.com/Firmbee)

Sebelum Anda memulai bisnis, langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan sasaran bisnis. Mengapa target pasar harus dilakukan? Berikut ini beberapa alasanya, di antaranya:

  • Apabila target pasar sudah didapatkan, maka pelaku usaha akan mudah menentukan gagasan pemasaran yang efektif.
  • Sasaran bisnis membantu Anda untuk mengatur jumlah dan bentuk pengemasan dari produk.
  • Sebagai bahan untuk mengatur strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan dapat menyesuaikan produk yang akan dijual lagi. 
  • Meminimalisir anggaran promosi yang tidak efektif.
  • Membidik pangsa pasar yang luas serta terarah.
  • Meningkatkan kesempatan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan produk serta melakukan inovasi.

Keuntungan menentukan target pasar dalam bisnis

ilustrasi menyusun target pasar (unsplash.com/Glenn Carstens Peters)

Apa saja keuntungan bila menentukan target pasar dalam bisnis? Berikut beberapa keuntungan atau manfaat yang akan Anda dapatkan bila telah menentukan sasaran bisnis:

Mengetahui budget yang diperlukan

Saat anda menekuni sebuah usaha, Anda harus memiliki perencanaan mengenai budget atau modal yang diperlukan, yaitu mulai dari membeli bahan baku atau membeli produk, hingga modal untuk biaya pemasaran.

Melalui sasaran bisnis, Anda bisa mengetahui strategi marketing-nya dan budget yang dikeluarkan nantinya. 

Apabila Anda tidak memiliki kelompok pelanggan yang ingin disasar, strategi pemasaran menjadi tidak terarah dan membuat modal membengkak. Meski produk yang dijual banyak, tetapi keuntungan yang didapatkan harus dibagi dengan biaya pemasaran.

Mengantisipasi terjadinya persaingan

Anda tidak perlu khawatir untuk bersaing dengan kompetitor atau pesaing usaha serupa karena Anda memiliki target pasar tersendiri.

Justru melalui segmentasi pasar ini Anda bisa memiliki kemampuan untuk bisa bersaing dengan kompetitor lain. Anda bisa menciptakan produk-produk unggulan yang sekiranya belum pernah dipasarkan oleh pesaing.

Meningkatkan penjualan produk

Fokus utama dari segmentasi pasar ini adalah meningkatkan penjualan produk. Mengembangkan produk jadi semakin mudah karena dapat disesuaikan dengan kelompok konsumen yang ingin disasar.

Berkomunikasi dengan pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan dari mereka. Anda bisa melakukan berbagai cara, seperti survei, wawancara, dan kuis polling.

Informasi ini bisa Anda gunakan untuk menciptakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih terkelompok.

Mudah menyiapkan konten promosi

Bagi pelaku bisnis yang telah mengetahui sasaran bisnis, akan sangat mudah untuk menyiapkan konten-konten yang akan digunakan sebagai media promosi.

Anda bisa menyiapkan konten dan media promosi sesuai dengan sasaran usaha Anda. Apabila bisnis yang Anda jalankan disasarkan untuk anak muda, maka konten yang dibuat harus mencerminkan mereka serta media yang digunakan harus dekat dengan anak muda.

Jadi, apa itu target pasar? Hal tersebut merupakan sebuah kelompok pelanggan yang akan dijadikan sasaran bisnis. Target pasar adalah salah satu strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha agar bisnis, khususnya di bidang pemasaran, menjadi lebih terarah.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M