6 Bisnis Ekstrem dan Nyeleneh ini, Sukses Hasilkan Cuan!

Laris di pasaran.

6 Bisnis Ekstrem dan Nyeleneh ini, Sukses Hasilkan Cuan!
ilustrasi keuntungan dari bisnis ekstrim (unsplash.com/Alexander Grey)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Beberapa orang menggagas sebuah bisnis bisa dari beberapa hal, mulai dari mengikuti perkembangan trend di pasaran serta hal-hal yang disukai atau dikuasai. Tentu memulai bisnis tidak mudah, Anda membutuhkan perencanaan yang matang untuk membuatnya.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir untuk membuat bisnis ekstrem atau nyeleneh? Pasalnya, bisnis yang tidak biasa, terkesan konyol dan aneh tersebut justru menghasilkan cuan.

Jika mendengar bisnis ini, mungkin Anda akan terheran-heran, seperti berjualan kotoran kuda, layanan travelling dan hiburan untuk boneka, dan banyak hal lainnya. Meski seperti tidak meyakinkan, tapi nyatanya usaha tersebut menghasilkan ribuan dolar

Simak selengkapnya bisnis ekstrem dan nyeleneh yang menghasilkan cuan di bawah ini!

1. Shitexpress - Jasa pengiriman kotoran kuda

ilustrasi kuda arab (wikipedia.org/Ealdgyth)

Bisnis ekstrem pertama adalah jasa pengiriman kotoran kuda, Shitexpress. Hampir sama dengan layanan pengiriman lainnya. Akan tetapi, yang dikirimkan bukanlah barang, melainkan kotoran kuda.

Layanan ini siap mengirimkan paket berisikan kotoran ke seluruh wilayah Amerika Serikat. Bagi yang tertarik untuk menggunakan layanan ini, Anda cukup membayar US$16,95 melalui PayPal dan Bitcoin.

Kotoran hewan akan dikemas dalam wadah yang cantik selayaknya kado. Anda bisa request ide kemasan yang diinginkan. Bagi yang ingin berbuat iseng, Shitexpress juga tidak mencantumkan atau merahasiakan identitas pengirim.

Perusahaan ini berhasil meraup omzet sebesar US$10 ribu per bulan. Tertarik ingin menggunakan jasa mereka?

2. Lucky Break Wishbone - Tulang kalkun palsu

ilustrasi LuckyBreak (dok.trendhunter)

Kalkun merupakan makanan dalam tradisi Thanksgiving di Amerika. Nantinya, wishbone atau tulang dari hidangan tersebut digunakan untuk sarana membuat permohonan.

Anda cukup memegang wishbone tersebut. Akan tetapi, dikarenakan satu kalkun hanya ada dua wishbone, bagian ini selalu menjadi rebutan.

Melihat hal tersebut Ken Ahroni terpikirkan untuk membuat wishbone palsu berbahan plastik. Tidak disangka, ciptaannya tersebut banyak diminati dan laris di pasaran. Ken Ahroni kemudian mendirikan sebuah perusahaan Lucky Break Wishbone dan setiap harinya memproduksi 30 ribu wishbone.

3. Potato Parcel - Kartu ucapan dari kentang

ilustrasi Potato Parcel (dok.Potato Parcel)

Kartu ucapan yang ditulis pada kertas mungkin sudah hal biasa. Lantas, bagaimana dengan kartu ucapan menggunakan kentang mentah?

Hal inilah yang dilakukan oleh Potato Parcel. Alih-alih menggunakan kertas, layanan ini memilih kentang mentah utuh sebagai medianya. Anda bisa mengirimkan pesan kepada siapa pun secara anonim.

Meski terkesan aneh, tapi bisnis ini cukup laris dan bisa meraup US$10 ribu per bulan.

4. Unagi Travel - Wisata khusus boneka

ilustrasi Unagi Travel (Photo / Unagi Travel)

Bisnis ekstrem selanjutnya adalah Unagi Travel. Berbeda dengan layanan travel lainnya, perusahaan ini menawarkan layanan jalan-jalan khusus untuk boneka.

Mempunya gagasan bahwa jika sang pemilik berhalangan melakukan perjalanan, setidaknya bonekanya bisa menggantikan. Adapun target market dari layanan ini adalah orang-orang yang tidak bisa berpergian karena alasan tertentu, seperti penyandang disabilitas, hingga penderita fobia.

Untuk perjalanan keliling Tokyo sebesar US$45. Sedangkan, paket tur onsen keliling Jepang dihargai US$55. Untuk paket keluar negeri lebih mahal, tetapi masih terjangkau.

5. Pet Rock - batu peliharaan

ilustrasi pet rock (dok.mental floss)

Mungkin Anda pernah melihat batu peliharaan milik Patrick di serial Spongebob Squarepants. Hal ini pula yang dilakukan oleh Pet Rock yang menjual batu peliharaan. Bukan dari batu berharga, melainkan hanya batu biasa.

Terobosan ini dilakukan oleh Gary Ross Dahl di tahun 1970. Melalui ide tersebut, ia berhasil menjual 1,5 juta batu dalam beberapa bulan saja dengan harga US$4 per buah. 

Hal yang membuat batu tersebut laris adalah timing yang tepat. Saat itu warga Amerika Serikat sedang dilanda depresi akibat perang Vietnam dan skandal Watergate. Batu tersebut pun hadir sebagai suatu hiburan yang tepat.

6. Hire Goat - Mempekerjakan kambing

ilustrasi hire goat (unsplash.com/Nandhu Kumar)

Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk mempekerjakan beberapa ekor kambing? Nyatanya, bisnis ini betul-betul ada.

Tentunya rental alat untuk memotong rumput sudah biasa. Namun, hal berbeda bisa Anda temukan di beberapa daerah suburban Amerika.

Para pemmilik kambing, melalui perusahaan Hire Goat, menyewakan kambing-kambingnya sebagai solusi memotong rumput di ladang yang luas. Selain itu, perusahaan menyatakan bahwa kambing ini biasanya digunakan untuk memulihkan keanekaragaman hayati serta memelihara lahan pertanian dan padang rumput.

Itulah tadi sejumlah bisnis ekstrem dan nyeleneh, tetapi berhasil mendapatkan cuan yang besar. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal