8 Bisnis Unik di Luar Negeri, Bisa Dicoba di Sini!

Beda dari yang lain!

8 Bisnis Unik di Luar Negeri, Bisa Dicoba di Sini!
ilustrasi bisnis unik di luar negeri (dok.the fragment room)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ide dan kreatifitas seseorang tidak ada batasnya, termasuk dalam dunia bisnis. Apalagi di situasi seperti, ide bisnis kreatif sangat diperlukan untuk menarik konsumen, serta menjadi pembeda bisnis dari kompetitor lainnya.

Tahukah Anda terdapat ide bisnis unik di luar negeri yang belum pernah ada sebelumnya. Keunikan dari bisnis tersebut yang membuat tempat tersebut menjadi terkenal.

Beberapa ide di bawah ini bisa menjadi alternatif atau contekan untuk membangun sebuah usaha. Berikut delapan ide bisnis unik di luar negeri yang patut untuk dicoba.

1. Tanaman tumbuh dengan aliran listrik

ilustrasi smart garden (dok.Click and Grow)

Ide bisnis unik di luar negeri pertama datang dari perusahaan startup asal Amerika bernama Click & Grow. Mereka membuat terobosan baru dengan menciptakan sebuah tanaman yang dapat tumbuh dengan aliran listrik.

Ide kreatif ini rupanya disambut baik karena dinilai cukup ramah lingkungan. Anda hanya membutuhkan asupan air dan cahaya matahari yang cukup.

Selain itu, bahan material nanoteknologi dapat menggantikan fungsi tanah sebagai medium nutrisi untuk akar. Anda tidak perlu mencari lahan untuk mulai berkebun. Kini sudah tersedia dalam bentuk kapsul yang mengandung biji, tanah, dan pupuk.

2. Anger Room

ilustrasi anger room (dok.The Telegraph)

Di saat Anda merasa marah atau stress, biasanya cenderung ada keinginan ingin merusak sesuatu untuk melampiaskan amarah tersebut. Akan tetapi, Anda tidak bisa melakukannya dan membuat Anda terpaksa harus menahannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada sebuah ruangan khusus yang disediakan bagi Anda yang ingin merusak barang, tanpa perlu memikirkan konsekuensi yang ditimbulkan. Anda bisa melakukannya di Anger Room. 

Meski terlihat sepele, tapi nyatanya bisnis ini cukup populer di Amerika. Ruangan berbayar ini membantu seseorang untuk melampiaskan amarahnya.

3. Hangover helpers

ilustrasi hangover helpers (unsplash.com/Jason Briscoe)

Hangover helpers adalah sebuah bisnis yang dikhususkan bagi Anda yang tidak bisa mengurus dirinya sendiri karena sedang mabuk berat. Cukup dengan menghubungi layanan ini, mereka akan membantu Anda pulih dari pengaruh alkohol.

Selain itu, mereka juga bisa ditugaskan untuk membantu membersihkan rumah Anda dari sisa-sisa pesta semalam. Walaupun bisnis ini sangat tidak masuk akal, nyatanya hangover helpers berhasil masuk dalam majalah Forbes.

4. Supir pengganti

ilustrasi layanan supir pengganti (unsplash.com/Art Markiv)

Bisnis unik di luar negeri lainnya yang cukup populer adalah supir pengganti. Layanan ini akan membantu Anda untuk yang sedang kelelahan atau tidak sanggup membawa kendaraan. 

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan belum banyak pemainnya. Akan tetapi, layanan ini bersentuhan dengan aspek keamanan dan kepercayaan. Untuk itu, pikirkan baik-baik mengenai hal tersebut.

5. Pembuatan makanan duka cita

ilustrasi makanan (unsplash.com/Cristiano Pinto)

Jika Anda biasanya mengirimkan karangan buka saat ada kerabat yang meninggal, lain halnya dengan di luar negeri. Di luar negeri, Anda bisa mengirimkan makanan duka cita.

Layanan ini cukup banyak digunakan karena dinilai lebih bermanfaat dibanding mengirim rangkaian bunga yang akan menjadi sampah. Makan tersebut bisa disajikan pada tamu yang datang ke rumah duka atau bagi keluarga yang ditinggalkan.

6. Jual cincin tunangan atau nikah bekas

ilustrasi cincin tunangan (unsplash.com/Jackie Tsang)

Bagi Anda yang sudah membeli cincin tunangan atau nikah, tapi rencana tersebut terpaksa batal, Anda masih bisa menjualnya. Hal ini pula yang dilakukan oleh seorang laki-laki bernama Joshua Opperman.

Joshua dan sang kekasih sudah bertunangan, tapi hubungan tersebut terpaksa kandas. Joshua yang patah hati akhirnya menjual cincin tersebut dengan harga yang tentunya menurun.

Namun, siapa sangka dari situ ia mendapatkan ide membuat marketplace yang dikhususkan menjual cincin bekas pertunangan. Ide ini pun dinilai sangat kreatif.

7. Jasa curhat - Ossan Rental

ilustrasi jasa curhat (unsplash.com/Brooke Cagle)

Di Jepang, terdapat sebuah layanan unik yang menawarkan jasa curhat untuk mendengar cerita orang lain. Tak hanya itu, ia juga memberikan solusi jika klien mengalami masalah.

Jasa ini milik seorang laki-laki paruh baya bernama Takanobu Nishimoto. Ia menamai layanan ini Ossan Rental. Ossan sendiri artinya adalah 'paman' atau 'laki-laki paruh baya'.

Dengan uang Rp134 ribu per jam, Takanobu siap mendengar curhatan Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencoba usaha ini?

8. Kursus anti gaptek

ilustrasi handphone (unsplash.com/nordwood)

Kemajuan digital membuat para orang tua harus bisa menggunakan beberapa barang canggih, mulai dari HP, bermain internet, hingga media sosial. Tentu butuh kesabaran dalam mengajarkannya.

Bagi yang tidak sempat untuk mengajarkannya, Anda bisa mencoba jasa kursus anti gaptek. Harga yang dipatok juga sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal. Bisnis ini juga sangat mudah dan Anda juga bisa membuatnya menjadi peluang usaha untuk menghasilkan profit.

Itulah tadi sejumlah bisnis unik di luar negeri yang bisa Anda coba di Indonesia. Jadi, Anda tertarik ingin mencoba yang mana?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya