10 Cara Kelola Utang Perusahaan yang Efektif, Lakukan Hal ini!

Berutang menjadi pilihan terakhir.

10 Cara Kelola Utang Perusahaan yang Efektif, Lakukan Hal ini!
ilustrasi kelola utang (unsplash.com/Kelly Sikkema)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah cara kelola utang perusahaan yang harus dilakukan. Seperti yang diketahui, ada kalanya perusahaan mengambil dana pinjaman untuk menambah modal atau kebutuhan operasional.

Dengan begitu, perusahaan dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa perlu khawatir kekurangan modal. Untuk itu, utang dapat menjadi solusi bagi perusahaan.

Meski demikian, jika perusahaan tidak mampu mengelola utang dengan baik, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi perusahaan hingga mengalami kebrangkutan.

Semakin besar dana yang dipinjam, maka semakin besar pula risiko yang harus dihadapi. Untuk itu, Anda sebagai pemilik perusahaan harus bisa mengatur utang dengan efektif.

Berikut ini sejumlah cara kelola utang perusahaan yang bisa Anda lakukan. Simak pada artikel di bawah ini.

1. Membuat perencanaan sebelum mengajukan pinjaman

ilustrasi kelola utang (unsplash.com/Amol Tyagi)

Cara mengelola utang perusahaan adalah membuat perencanaan. Berutang sudah menjadi hal yang lumrah di dunia bisnis. Meski begitu, Anda tidak bisa sembarangan melakukan pinjaman tanpa memiliki perencanaan yang matang.

Sebelum Anda berutang, pastikan terlebih dahulu tujuan dan rincian dana pinjaman akan digunakan untuk kegiatan apa saja. Selain itu, pikirkan kembali bagaimana mengelola dana tersebut untuk menjadi keuntungan atau sesuatu yang menghasilkan.

Perencanaan tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk menyakinkan pemberi pinjaman. Jelaskan secara jelas dan kesanggupuan Anda dalam membayar utang pokok dan bunga sesuai jatuh tempo.

2. Menyesuaikan dengan kebutuhan

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Kuncheek)

Meski tidak ada batasan jumlah uang yang harus dipinjam, ada baiknya sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda. Buatlah anggaran pembiayaan yang lebih rinci mengenai hal tersebut.

Jika Anda benar-benar kekurangan modal, maka utang bisa menjadi pilihan terakhir untuk biaya bisnis Anda. Maka dari itu, belilah barang yang memang dibutuhkan saja.

3. Fokus dengan tujuan

ilustrasi mengetik (unsplash.com/Kenny Eliason)

Cara mengelola utang perusahaan lainnya adalah fokus tujuan awal dari meminjam. Misalnya, jika Anda berutang dengan tujuan untuk kegiatan operasional, jangan digunakan untuk keperluan lainnya.

Anda harus membuat ketegasan dalam penggunaan dana untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan nantinya.

4. Menyesuaikan dengan kemampuan membayar

ilustrasi kalkulator (unsplash.com/Mediamodifier)

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik perusahaan adalah disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam melunasinya. Anda harus mempertimbangan keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

Untuk itu, pinjamlah dana dalam jumlah yang realistis, sehingga nantinya tidak memberatkan Anda untuk membayarnya saat jatuh tempo. 

5. Membayar tepat waktu

ilustrasi membayar utang (unsplash.com/Sasun Bughdaryan)

Cara lainnya adalah dengan membayar utang sesuai dengan perjanjian. Semakin lama Anda menunggak untuk menyicilnya, maka semakin besar pula bunga yang harus Anda bayarkan. Bahkan, ada sejumlah layanan yang menggunakan jasa debt collector untuk menagihnya.

6. Memperhatikan risiko

ilustrasi bangkrut (pexels.com/Nicola Barts)

Saat Anda meminjam uang, perhatikan risiko hingga kemungkinan terburuk nantinya. Dengan begitu, Anda dapat berhati-hati dalam menggunakan dana tersebut.

7. Hindari gali lubang tutup lubang

ilustrasi melunasi utang (unsplash.com/Allef Vinicius)

Anda tentu pernah mendengar istilah gali lubang, tutup lubang, yakni membayar utang dengan meminjam dana yang lain atau membuat utang baru.

Hal ini akan membuat Anda lega sesaat, tapi Anda harus memikirkan cara lainnya untuk menyelesaikan utang yang baru. Terlebih lagi jika utang tersebut memiliki bunga yang besar.

8. Membuat daftar prioritas utang

ilustrasi utang (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Jika Anda memiliki deretan utang perusahaan, buatlah daftar prioritas utang yang harus Anda lunasi segera. Anda bisa membuatnya berdasarkan jumlah besaran utang, bunga, hingga daftar jatuh tempo.

9. Memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/ima Miroshnichenko)

Pisahkan uang pribadi dan perusahaan secara jelas. Dengan begitu, Anda bisa melihat uang masuk, keluar, keutungan, maupun rugi secara jelas. Jangan sampai uang pribadi Anda habis untuk membayar utang perusahaan.

10. Negosiasi

ilustrasi uang (unsplash.com/Ibrahim Rifath)

Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bernegosiasi dengan pemberi pinjaman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kerja sama dan menumbuhkan rasa percaya dengan pemilik dana. 

Mengetahaui cara kelola utang individu sama pentingnya dengan kelola utang dalam bisnis. Itulah tadi sejumlah cara kelola utang perusahaan yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda bagi para pemilik bisnis.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang