Cara Membuat Usaha untuk Anak Muda, Lakukan Ini!

Tips bagi Anda yang ingin membuka usaha.

Cara Membuat Usaha untuk Anak Muda, Lakukan Ini!
ilustrasi bisnis (unsplash,com/Alexander Grey)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tentu sangat menyenangkan bila memiliki usaha sendiri ketimbang bekerja di perusahaan. Dengan memiliki usaha sendiri, Anda dapat bekerja sesuai dengan passion dan lebih fleksibel, sekaligus menjadi bos di tempat usaha.

Saat ini, bisnis tidak hanya digemari oleh orang dewasa saja, tetapi juga digandrungi oleh anak muda. Banyak dari mereka yang mencoba untuk berwirausaha dan menjalankan bisnis sendiri.

Akan tetapi, tentu membuka bisnis adalah hal yang tidak mudah, terutama bagi anak muda yang belum memiliki pengalaman dan modal yang cukup. Anda membutuhkan strategi khusus agar bisnis yang ditekuni bisa berjalan dengan lancar.

Berikut ini terdapat sejumlah cara membuat usaha untuk anak muda yang bisa dipraktikkan, di antaranya sebagai berikut!

1. Mempersiapkan tabungan terlebih dahulu

ilustrasi modal usaha (unsplash.com/Melissa Walker Horn)

Cara membuat usaha untuk anak muda adalah mempersiapkan tabungan Anda dengan baik terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa menjalankan ide bisnis Anda dengan baik.

Apabila Anda kesulitan, cobalah untuk mengajukan pinjaman modal ke bank. Lakukanlah riset dan cari bank yang memiliki bunga pinjaman yang minim. Akan tetapi, ini merupakan pilihan terakhir bagi Anda yang terkendala modal.

2. Memilih nama yang unik dan mudah diingat

ilustrasi logo (unsplash.com/Kristian Egelund)

Tentu banyak kompetitor yang menggeluti bidang bisnis yang sama dengan Anda, seperti bidang kuliner, elektronik, dan lainnya.

Untuk membuat Anda berbeda dengan para kompetitor yang lainnya, pilihlah nama yang unik serta mudah diingat oleh calon konsumen.

Jangan lupa untuk memastikan apakah nama tersebut sudah digunakan oleh pemilik bisnis lainnya demi menghindari pelanggaran hak cipta milik badan lain.

3. Mendaftarkan merek dan usaha

ilustrasi hak atas kekayaan intelektual/unsplash.com/Markus Winkler)

Bila Anda sudah menemukan merek usaha yang pas, maka segera daftarkan sebelum orang lain mengambilnya. Jika Anda tidak melakukannya, maka nama usaha Anda bisa saja diambil oleh kompetitor sewaktu-waktu.

Untuk hal ini, Ana bida mendaftarkan hak cipta merek ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Bila diperlukan, bentuklah perusahaan yang berbadan hukum dan bentuk tim legal agar lebih kuat dari sisi legalitas.

Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis dengan aman dan nyaman karena telah terlindungi hukum dan memiliki hak cipta.

4. Membuat perencanaan bisnis

ilustrasi perencanaan (unsplash.com/Alvaro Reyes)

Cara membuat usaha untuk anak muda selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis dengan matang. Tahap perencanaan bisnis memang membutuhkan banyak waktu, Anda harus benar-benar teliti dalam menyusunya.

Adapun rancangan bisnis meliputi analisis pasar, strategi marketing, anggaran keuangan, dan proyeksi bisnis ke depannya.

5. Membuat rekening terpisah

ilustrasi bank (unsplash.com/Eduardo Soares)

Sebaiknya Anda memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memantau arus keuangan, baik uang masuk maupun keluar.

Selain itu, bila rekeningnya tergabung, ditakutkan nantinya Anda tidak sengaja menggunakan uang usaha. Dalam hal ini, lakukanlah riset mengenai bank yang sesuai untuk membuka rekening bisnis Anda.

6. Memanfaatkan platform online

ilustrasi belanja ecommerce (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ada berbagai platform online yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis, seperti media sosial maupun e-commerce. Berjualan secara daring juga membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan di mana pun mereka berada.

7. Evaluasi keuangan

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah evaluasi keuangan secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keuntungan yang dimiliki serta biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Itulah tadi sejumlah cara membuat usaha untuk anak muda yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam memulai usaha.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M