10 Hobi yang Menghasilkan Uang dengan Mudah, Apa Saja itu?

Dapatkan profit dari hobi.

10 Hobi yang Menghasilkan Uang dengan Mudah, Apa Saja itu?
ilustrasi hobi yang menghasilkan uang (unsplash.com/Markus Spiske)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda bahwa terdapat sejumlah hobi yang menghasilkan uang? Tentu akan amat menyenangkan memiliki pekerjaan berdasarkan sesuatu hal yang disenangi dan ujga mendatangkan profit.

Jika Anda serius menekuni hobi tersebut, maka Anda berpeluang untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Anda bisa mengerjakan hal yang digemari dan dibayar pula.

Berikut sederet hobi yang menghasilkan uang dan patut untuk dicoba. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Content creator

ilustrasi content creator (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Hobi yang menghasilkan uang adalah content creator. Bagi Anda yang aktif dan sering mengikuti tren media sosial pekerjaan ini sangat sesuai. Anda hanya memerlukan handphone atau kamera dan membuat sejumlah konten yang sesuai dengan target audiens.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah brand. Kemudian, melakukan review mengenai produk tersebut. 

2. Fotografi

ilustrasi fotografi (unsplash.com/Jakob Owens)

Bagi yang menyukai fotografi, Anda memiliki peluang untuk menghasilkan profit dari hobi tersebut. Tak harus memiliki studio foto, Anda bisa membuka jasa fotografi dengan konsep outdoor. 

Untuk hal ini, sebaiknya Anda membuat portofolio foto terlebih dahulu. Anda bisa meminta teman atau keluarga untuk dijadikan model terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan barang di dapur atau makanan lainnya bila ingin fokus di foto produk.

3. Menulis

ilustrasi menulis (unsplash.com/ Green Chameleon)

Siapa sangka hobi menulis ternyata dapat menghasilkan uang? Bagi yang gemar menulis, Anda bisa menjadi seorang content writer, copywriter, penulis, ataupun jurnalis.

Mulailah untuk membangun portofolio tulisan Anda dengan mengikut perlombaan menulis, hingga mengirimkannya ke sejumlah media online. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai penulis lepas.

4. Editor video

ilustrasi editor video (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Hobi yang menghasilkan uang lainnya adalah dengan menjadi editor video. Saat ini, pekerjaan ini memang sangat dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan, instansi, maupun individu.

Jika Anda memiliki kemampuan mengedit video, tidak ada salahnya untuk mencoba buka layanan edit video secara mandiri terlebih dahulu.

5. Gamer

ilustrasi gamer (unsplash.com/Florian Olivo)

Saat ini, bermain game bukan hanya sekadar rekreasi, tetapi bisa menjadi ladang profit. Anda bisa menjadi pro gamer serta bergabung dengan tim-tim esport yang ada. Terlebih lagi, saat ini esport di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi streamer dengan memanfaatkan aplikasi live streaming saat sedang bermain untuk menambah pemasukan. 

6. Berkebun

ilustrasi kebun rumah (unsplash.com/Mbibies)

Berkebun rupanya bisa memiliki peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika Anda senang berkebun, cobalah untuk mengembangkannya. Anda bisa menjual anakan tanaman hias dan memperoleh uang dari penjualan tersebut.

7. Kerajinan tangan

ilustrasi kerajinan (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Beberapa orang ada yang terampil menyulap bahan-bahan, seperti kertas atau benang untuk dijadikan kerajinan tangan. Hasil dari kerajinan tangan tersebut bisa digunakan sendiri atau dijual demi mendatangkan keuntungan.

Tidak perlu membuka toko yang besar, Anda bisa berjualan secara online melalui e-commerce atau media sosial. Tertarik untuk mencobanya?

8. Desain grafis

ilustrasi desainer grafis (unsplash.com/Thanzi Thanzeer)

Bagi Anda yang memiliki keahlian desain, Anda sebenarnya bisa menjual hasil karya digital tersebut dalam bentuk open commission atau NFT. Manfaatkan pula media sosial untuk membuat portofolio Anda.

9. Bernyanyi dan bermain musik

ilustrasi bermain musik (unsplash.com/Jordan Whitfield)

Saat ini, hobi bernyanyi dan bermain musik rupanya bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa membuat video saat memainkan alat musik atau bernyanyi, kemudian mengunggahnya ke Youtube, Instagram, maupun TikTok. Anda juga bisa melakukannya dengan live streaming.

Dari sana, Anda bisa mendapatkan banyak subscribers maupun views yang nantinya bisa menjadi penghasilan. Selain itu. Anda juga bisa mengandalkan keahlian tersebut untuk membuat kursus musik.

10. Memasak

ilustrasi memasak (unsplash.com/Jason Briscoe)

Bagi Anda yang senang memasak, tidak ada salahnya untuk mulai diseriusi. Anda bisa menjual masakan Anda ke teman, tetangga, maupun memasarkan secara online. 

Itulah tadi deretan hobi yang menghasilkan uang. Tertarik untuk mulai mencobanya?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Digitalisasi Pengelolaan Polis, FWD Luncurkan Aplikasi Omne
Apa Itu Starlink milik Elon Musk?