8 Ide Bisnis Anak Kos yang Mudah untuk Dilakukan

Lakukan dengan modal yang minim.

8 Ide Bisnis Anak Kos yang Mudah untuk Dilakukan
ilustrasi menghitung uang (unsplash.com/Alexander Grey)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sejumlah ide bisnis anak kos di bawah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari pemasukan tambahan. Terlebih lagi, bila Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba.

Seperti yang diketahui, menjadi seorang anak kos tidak mudah. Anda harus cermat dalam merencanakan pengeluaran, mulai dari membayar uang kos, kebutuhan sehari-hari, skincare, dan lain-lain.

Demi mencukupi hal tersebut, ada baiknya untuk mencari penghasilan tambahan atau memiliki usaha sampingan kecil-kecilan yang bisa Anda manfaatkan.

Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya karena ada banyak usaha kreatif yang bisa Anda lakukan. Terlebih lagi, media pemasaran saat ini bisa Anda lakukan secara online, baik melalui media sosial maupun e-commerce.

Jika Anda tertarik, berikut ini deretan ide bisnis anak kos dengan modal kecil yang mudah untuk dilakukan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jasa pengetikan

ilustrasi mengetik (unsplash.com/Kenny Eliason)

Ide bisnis anak kos adalah jasa pengetikan. Saat ini, layanan jasa ketik sangat dibutuhkan oleh sejumlah kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga orang tua.

Anda bisa membuat jasa pengetikan yang dijalankan melalui kamar kos saja saat waktu senggang. Jadi, pekerjaan ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

2. Pembuatan artikel

ilustrasi website (pexels.com/ Christina Morillo)

Mirip dengan ide bisnis sebelumnya, hanya saja pada layanan ini Anda berfokus untuk membuat artikel untuk mengisi konten pada website. Anda hanya memerlukan modal komputer atau laptop dan jaringan internet bila ingin mencari sumber referensi bacaan.

3. Penjahit

ilustrasi penjahit (unsplash.com/Riccardo Scauri)

Usaha sampingan dengan modal kecil lainnya untuk anak kos adalah penjahit. Bila Anda memiliki keterampilan dan menyenangi kegiatan tersebut, tidak ada salahnya untuk membuka usaha jahit.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika Anda memiliki brand sendiri. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti jilbab, tas, dan lain-lain. Anda bisa menawarkan layanan Anda kepada teman-teman terdekat.

4. Les privat

ilustrasi guru les (unsplash.com/ThisIsEngineering)

Hal lainnya yang bisa Anda coba yakni membuka les privat. Jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, misalnya musik, pelajaran sekolah, karya seni, dan lainnya, coba saja untuk membuka kelas khusus. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk menjalankan usaha tersebut.

5. Jualan pulsa atau voucher kuota

ilustrasi handphone (unsplash.com/nordwood)

Handphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia di sejumlah kalangan. Pulsa maupun kuota sangat dibutuhkan agar ponsel dapat digunakan secara maksimal.

Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan berjualan pulsa atau voucher kuota. Mulailah untuk menawarkannya kepada teman kuliah atau rekan kerja.

6. Service motor

ilustrasi servis motor (unsplash.com/Tekton)

Anda memiliki keahlian atau bisa memperbaiki motor yang rusak? Manfaatkan kemampuan tersebut dengan membuat jasa service motor. Meski tampaknya sepele, tapi usaha ini cukup menjanjikan karena hampir semua orang memiliki kendaraan tersebut.

7. Aksesori handphone

ilustrasi toko aksesoris handphone (unsplash.com/Wander Fleur)

Aksesori handphone bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Anda bisa menjualnya secara offline maupun online. Selain itu, Anda tidak perlu memiliki toko yang besar, cukup memiliki etalase yang bisa memajang produk Anda. 

Ada berbagai aksesoris handphone yang bisa Anda jual, seperti casing handphone, charger, earphone, kabel data, dan lainnya. Jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa bekerja sama dengan distributor atau toko yang menyediakan barang tersebut.

8. Jasa potong rambut panggilan

ilustrasi jasa potong rambut (unsplash.com/Hair Spies)

Bisnis lainnya yang bisa Anda coba adalah jasa potong rambut panggilan. Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan dengan menawarkannya kepada teman terdekat atau tetangga sekitar. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan Anda, dengan mengikuti kursus atau belajar dengan ahlinya.

Itulah tadi sejumlah ide bisnis anak kos yang mudah untuk dilakukan. Tertarik untuk mencobanya?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M