6 Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Kawasan Wisata

Bisnis yang cukup menjanjikan!

6 Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Kawasan Wisata
ilustrasi wisatawan (unsplash.com/leo)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat beberapa Ide Bisnis yang bisa dikembangkan di Kawasan Wisata. Meski terlihat sepele, tapi peluang usaha berikut cukup menjanjikan untuk mendatangkan cuan.

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki sejumlah destinasi wisata yang beragam. Banyak lokasi wisata di tanah air yang cukup potensial untuk dikembangkan oleh masyarakat lokal atau pelaku UMKM.

Bagi Anda yang tertarik ingin memulainya, berikut ide bisnis yang bisa Anda coba. Simak daftar selengkapnya!

1. Jasa fotografi

ilustrasi jasa fotografi (unsplash.com/Alicia Steels)

Ide bisnis yang bisa dikembangkan di kawasan wisata pertama adalah jasa fotografi. Anda hanya perlu menyediakan kamera yang bagus, seperti DSLR atau mirrorless. 

Di kawasan wisata ada banyak spot foto yang cocok dijadikan sebagai tempat foto bersama keluarga, saudara, maupun teman. Tentu saja momen kebersamaan tersebut sayang untuk tidak diabadikan. 

Meski bisa mengabadikan menggunakan kamera ponsel, tapi beberapa orang juga ingin memiliki foto yang menarik dan indah. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan jasa yang Anda miliki.

Untuk menarik calon klien, susun portfolio Anda sebaik mungkin. Anda juga bisa bekerjasama dengan layanan travel yang menyediakan paket wisata. 

2. Jasa pemandu wisata

ilustrasi pemandu wisata (unsplash.com/Bernie Almanzar)

Peluang bisnis lainnya yang patut dicoba adalah membuka jasa pemandu wisata. Anda bertugas untuk memandu para wisatawan menjelajahi setiap sudut tempat wisata. 

Selain memandu, Anda juga perlu memberikan informasi mengenai wisata tersebut, mulai dari sejarah, budaya, hingga sosial dari tempat yang dikunjungi. Anda juga bisa merekomendasi tempat berbelanja maupun tempat makanan khas wisata tersebut.

Menjadi seorang pemandu wisata atau tour guide harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan percaya diri. Anda juga harus memiliki pengetahuan mengenai daerah yang dikunjungi. Terlebih lagi jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi nilai plus.

3. Berjualan minuman segar

ilustrasi minuman segar (unsplash.com/Francesca Hotchin)

Ide bisnis yang bisa dikembangkan di kawasan wisata selanjutnya yaitu berjualan minuman segar. Peluang usaha ini sangat cocok digunakan di tempat wisata tropis, seperti pantai dan lainnya.

Para wisatawan yang habis berkeliling di daerah wisata tentu akan merasa haus atau capek. Dalam hal ini, minuman segar menjadi hal yang paling dicari. Anda bisa membuka stand minuman di sekitar tempat wisata tersebut.

Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Ada berbagai jenis minuman yang bisa Anda jual, mulai dari es kelapa muda, es teh, hingga es krim.

4. Bisnis suvenir

ilustrasi tempat souvenir (unsplash.com/Tamara Malaniy)

Tak lengkap rasanya berwisata tanpa membeli suvenir. Benda yang satu ini menjadi salah satu barang yang paling dicari oleh para wisatawan.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang seni atau pengrajin, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka bisnis cinderamata. Dalam hal ini, Anda harus kreatif dalam membuat produk, mulai dari pemilihan warna, desain, dan lainnya.

Selain itu, pastikan harga yang Anda banderol mampu bersaing dengan para penjual suvenir lainnya.

5. Oleh-oleh makanan khas

ilustrasi toko oleh-oleh (unsplash.com/Markus Winkler)

Selain suvenir, berjualan oleh-oleh makanan khas menjadi salah satu ide bisnis yang bisa dikembangkan di kawasan wisata. Anda bisa membuatnya sendiri atau menjual produk dari orang lain sebagai reseller. 

Carilah makanan khas di daerah tersebut, contohnya bakpia khas Jogja. Pikirkan pula tanggal expired dari produk tersebut, jangan sampai terlewat.

6. Membuka kedai makanan

ilustrasi penjual makanan (unsplash.com/Jérémy Stenuit)

Ide bisnis yang cocok dikembangkan di kawasan wisata lainnya adalah membuka kedai makanan. Anda bisa menyajikan berbagai olahan makanan khas daerah tersebut.

Selain makanan daerah, Anda bisa berkreasi dengan menjual menu makanan lainnya, seperti menu makanan viral atau yang banyak digemari. Anda juga bisa menjual jajanan ringan atau cemilan untuk wisatawan.

Berikut tadi adalah beberapa ide bisnis yang bisa dikembangkan di daerah wisata. Bisnis ini cukup menjanjikan, terutama bila musim liburan tiba. Apakah Anda berminat menjalankan bisnis-bisnis di atas?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya