Terlihat Sepele, 8 Ide Bisnis Kreatif ini Banyak Dicari Konsumen

Bisnis sederhana yang menghasilan keuntungan.

Terlihat Sepele, 8 Ide Bisnis Kreatif ini Banyak Dicari Konsumen
ilustrasi uang (unsplash.com/Viacheslav Bublyk)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ide bisnis kreatif sangat dibutuhkan untuk menjadi pembeda usaha Anda dengan pesaing lainnya. Menjalankan usaha tidak hanya sekedar menjual produk, tetapi harus mampu menciptakan produk yang diminati oleh konsumen.

Ada berbagai macam jenis usaha yang bisa Anda pilih, yakni mulai dari usaha kuliner, pakaian, layanan, dan lain sebagainya.

Anda bebas memilih usaha yang dirasa sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Akan tetapi, hal yang paling terpenting adalah Anda harus menciptakan bisnis yang paling banyak dicari pelanggan.

Apabila saat ini Anda sedang kebingungan mencari usaha yang tepat untuk dijalankan, berikut ini sejumlah ide bisnis kreatif yang paling banyak dicari konsumen.

1. Desain grafis

ilustrasai design graphic (unsplash.com/Thanzi Thanzeer)

Ide bisnis kreatif yang paling banyak dicari pelanggan adalah desain grafis. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut untuk kebutuhan desain, mulai dari membuat banner, logo, hingga postingan di media sosial. Bagi yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, Anda bisa menawarkan jasa tersebut kepada mereka.

2. Make Up Artist

ilustrasi Make Up Artist (unsplash.com/freestocks)

Kemampuan merias wajah nyatanya mampu dijadikan pekerjaan dan menghasilkan cuan. Bagi Anda yang sigap membaca peluang ini, Anda bisa membuka usaha sebagai Make Up Artist (MUA).

Banyak orang yang menggunakan jasa MUA di berbagai acara, seperti wisuda, tunangan, pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya.

3. Perajin

ilustrasi kerajinan usaha bahan limbah (unsplash.com/Annie Spratt)

Jika Anda adalah seseorang yang kreatif dan memiliki kemampuan motorik yang halus, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis crafters atau perajin.

Ada berbagai jenis perajin yang bisa dipilih. Jika Anda memiliki tulisan tangan yang rapi, cobalah untuk membuka layanan menulis kartu ucapan.

Apabila Anda ahli di bidang menjahit, Anda bisa menciptakan produk-produk sederhana, seperti sarung bantal, kain penutup galon, taplak menja, hingga membuat boneka kecil.

Beberapa barang di atas pasti akan selalu ada peminatnya, baik untuk perlengkapan kado atau digunakan sendiri.

4. Florist

ilustrasi Florist (unsplash.com/Red John)

Ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba lainnya adalah florist atau penjual bunga. Anda bisa menjualnya per tangkai atau dalam bentuk rangkaian (bouquet).

Saat ini, bouquet bunga banyak digunakan oleh orang untuk dijadikan kado dalam berbagai perayaan. Hal inilah yang membuat bisnis ini tidak akan pernah sepi pembeli.

5. Clothing line

ilustrasi Clothing Line (unsplash.com/ Keagan Henman)

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bisnis ini, tapi clothing line menjadi jenis ide bisnis yang cukup menjanjikan, yakni clothing line.

Bisnis di industri fesyen ini dengan membuat produk dari hasil desain sendiri. Clothing line tidak diperjualkan di pusat perbelanjaan, biasanya produk dipasarkan melalui outlet distro maupun media sosial.

6. Dekorasi kue

ilustrasi Dekorasi Kue (unsplash.com/American Heritage Chocolate)

Kue menjadi bagian pelengkap dalam sebuah perayaan, baik itu perayaan ulang tahun, nikah, rumah baru, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam menghias kue, ide bisnis kreatif ini patut untuk dicoba. Anda juga membuat dummy atau karakter unik untuk mempercantiknya.

7. Event organizer

ilustrasi event organizer (unsplash.com/icon8)

Event organizer (EO) adalah jenis usaha yang menawarkan pelayanan untuk mengelola suatu kegiatan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengurut rundown, mencari tempat dan waktu acara, hingga mengelola budget.

Bisnis ini memiliki peluang yang besar karena hampir di setiap acara menggunakan jasa EO, baik acara pernikahan, perayaan festival, konser musik, dan acara kecil lainnya.

8. Coffee shop

ilustrasi Coffee shop (unsplash.com/Tyler Nix)

Coffee shop menjadi bisnis yang dapat menyentuh segala segmen pasar, baik dari kalangan atas maupun bawah, dari remaja hingga dewasa. Hal inilah yang membuat banyak orang-orang yang membuat bisnis kedai kopi.

Jika tertarik untuk menekuni usaha ini, Anda harus mampu menciptakan keunikan dan pembeda coffee shop Anda dengan para pesaing. Dikarenakan ide usaha ini sangat banyak yang mencobanya.

Itulah tadi ide bisnis kreatif yang banyak dicari konsumen. Tertarik untuk mencoba salah satunya?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya