Kenali, 8 Jenis Digital Skill yang harus Dikuasi dalam Bisnis

Hal ini penting untuk diketahui oleh pebisnis

Kenali, 8 Jenis Digital Skill yang harus Dikuasi dalam Bisnis
ilustrasi digital skill (unsplash.com/Carlos Muza)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bagi Anda para pelaku usaha harus menguasai delapan jenis digital skill atau keterampilan di bawah ini. Hal ini diperlukan karena sebagian pemasaran dan penjualan produk perlahan beralih secara digital.

Untuk itu, demi kelancaran bisnis Anda, keterampilan digital menjadi unsur yang penting. Bahkan, perekonomian pun saat ini menjadi ekonomi digital.

Selain itu, jenis digital skill juga berikut juga dibutuhkan di masa depan. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Apa itu digital skill?

ilustrasi digital skill (unsplash.com/Campaign Creators)

Digital skill adalah keterampilan untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, membuat, mengevaluasi, serta mengomunikasikan informasi/konten melalui sarana digital. 

Sederhananya, kemampuan digital atau digital skill merupakan keahlian dalam menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, dan jaringan untuk membuat informasi. 

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi dan komunikasi terus maju dengan pesat. Tanpa Anda sadari, kegiatan bisnis saat ini menjadi lebih banyak dilakukan secara digital.

Beberapa hal, seperti dari menggunakan media sosial untuk pemasaran, e-commerce, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan adalah beberapa hasil dari perkembangan teknologi di bidang bisnis.

Pentingnya digital skill

ilustrasi digital skill (unsplash.com/Campaign Creators)

Transformasi digital di industri bisnis, menuntut kemampuan para pelaku bisnis untuk memiliki keterampilan digital, terlebih lagi dengan bermunculannya berbagai kompetitor. Untuk itu, digital skill menjadi cara untuk mendorong sejumlah inovasi.

Selain itu, peralihan bisnis dari konvensional ke digital sebenarnya banyak membantu pengembangan usaha. Sebagai contoh nyata, pada bisnis kuliner, hadirnya aplikasi food delivery membantu untuk untuk meningkatkan penjualan. Secara tidak langsung, pihak resto harus menguasai aplikasi digital tersebut.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami dan membekali karyawan dengan kemampuan digital.

Jenis digital skill yang harus dikuasai

ilustrasi iklan (unsplash.com/Kenny Eliason)

Berikut ini terdapat delapan jenis digital skill yang harus dikuasai di dunia bisnis, antara lain sebagai berikut:

1. Programming

Jenis digital skill yang dibutuhkan saat ini adalah programming, meliputi front end dan back end.

Adapun seorang  front end bertanggung jawab untuk mengembangkan tampilan website atau aplikasi mobile. Sedangkan, back end bertugas dibalik layar atau hal yang berhubungan dengan server.

2. Coding

Keahlian coding tidak hanya diperuntukkan untuk profesional teknologi saja, tapi juga dibutuhkan dalam dunia bisnis. Coding dapat membantu jika terjadi permasalahan pada website maupun aplikasi.

3. UI/UX Design

Jenis digital skill lainnya yang harus dikuasai adalah UI/UX design. Tidak hanya bertugas untuk mendesain tampilan website atau aplikasi, tetapi juga membuat user experience terbaik.

4. SEO

SEO (Search Engine Optimization) dibutuhkan untuk mengoptimasi bisnis Anda agar muncul di mesin pencarian melalui kata kunci. Dengan demikian, konten tersebut dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari yang bisa meningkatkan traffic perusahaan.

5. Social Media Strategy

Social media strategy digunakan untuk mengatur strategi media sosial bisnis Anda. Hal ini mencakup berbagai hal, mulai dari membuat konten/campaign, hingga menganalisa insight media sosial.

6. Copywriting

Copywriting tidak hanya sekedar menulis, tetapi mengemas pesan yang menjual sesuai dengan target audiensnya. Dengan demikian, konten yang dibuat akan lebih maksimal.

7. Project Management

Jenis digital skill lainnya yang harus dikuasai adalah project management yang bertanggung jawab dalam merencanakan proyek digital untuk bisnis

8. Data Analyst

Data analyst bertugas untuk menerjemahkan sejumlah data yang digunakan untuk laporan dan melihat strategi yang tepat. Melalui data analyst, Anda bisa menemukan solusi yang tepat jika terjadi permasalahan dalam bisnis.

Itulah tadi jenis digital skill yang harus dikuasai dalam bisnis. Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa keterampilan digital memiliki peran penting dalam kelancaran sebuah bisnis.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Digitalisasi Pengelolaan Polis, FWD Luncurkan Aplikasi Omne
Apa Itu Starlink milik Elon Musk?