12 Peluang Bisnis Valentine yang Mendatangkan Profit

Jangan sampai terlewatkan.

12 Peluang Bisnis Valentine yang Mendatangkan Profit
ilustrasi uang dari peluang bisnis valentine (unsplash.com/Omird Amin)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Peluang bisnis Valentine bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghasilkan uang di setiap bulan Februari. Meskipun ini merupakan bisnis musiman, tetapi memiliki peminat yang sangat tinggi. Untuk itu, sayang sekali bila Anda tidak memanfaatkan kesempatan ini.

Seperti yang diketahui, hari Valentine atau biasa disebut Valentine’s Day diperingati setiap tanggal 14 Februari. Pada momen inilah setiap orang mengungkapkan perasaan cintanya kepada orang tersayang, baik itu pasangan, teman, maupun anggota keluarga.

Sebagai bentuk rasa cinta, biasanya mereka akan mencari kado terbaik yang akan diberikan atau dihadiahkan. Untuk itu, momen ini sangat sesuai untuk berbisnis.

Ada beberapa kado yang menjadi ciri khas dari hari Valentine, seperti cokelat, bunga, dan lainnya yang bisa Anda jual. Untuk lebih jelasnya, berikut peluang bisnis hari Valentine yang mendatangkan cuan.

1. Buket bunga

ilustrasi bisnis buket bunga untuk valentine (unsplash.com/Kier... in Sight)

Peluang bisnis Valentine pertama adalah berjualan buket bunga. Bagi Anda yang memiliki bakat dalam merangkai bunga, tentunya ide usaha ini sangat cocok. Anda bisa memilih untuk menjual bunga artifisial atau bunga asli.

Hal yang harus Anda perhatikan untuk menekuni bisnis ini adalah mempelajari jenis-jenis bunga beserta artinya dan menyatukan setiap warnanya. Cukup menarik, bukan?

2. Cokelat custom

ilustrasi cokelat valentine (unsplash.com/Jessica Johnston)

Cokelat sudah menjadi kado Valentine yang identik dengan hari kasih sayang ini. Karena sudah banyak produsen produk cokelat dan ilahannya, buatlah ciri khas produk Anda yang menonjol dibanding para produsen lainnya. Anda bisa membuat cokelat yang bisa di-custom. Misalnya, cokelat menggunakan huruf, variannya, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan desainnya dengan keinginan para konsumen.

3. Cupcake

ilustrasi cupcake (unsplash.com/Jodie Walton)

Cupcake juga salah satu makanan yang laris saat hari Valentine. Anda bisa menjadikan ini sebagai alternatif untuk mendapatkan uang. Hal penting untuk menjalankan usaha ini adalah bentuk, rasa, serta varian cupcakes. 

Selain itu, kemaslah cupcake dalam toples atau box yang imut. Berikan pula pita di atasnya untuk menambah kesan manis.

4. Kartu ucapan

ilustrasi kartu ucapan (unsplash.com/Ranurte)

Tak lengkap rasanya jika Valentine’s Day tanpa kartu ucapan. Bagi yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, Anda bisa membuat kartu ucapan khusus sesuai request dari pelanggan. Bagi yang memiliki tulisan tangan yang bagus, Anda juga bisa membuat kartu ucapan sendiri dari tinta dan kuas.

Anda bisa memasarkan produk Anda secara online melalui e-commerce maupun media sosial. Agar tidak keteran atau membuat pesanan khusus, Anda bisa membuka sistem pre-order yang memiliki kuota tiap PO-nya.

5. Produk couple

ilustrasi jam tangan couple (unsplash.com/Hunters Race)

Peluang bisnis Valentine lainnya yang mendatangkan keuntungan adalah berjualan produk couple. Anda bisa mendapatkannya dengan cara menjadi reseller atau membuat produk sendiri.

Ada berbagai produk untuk pasangan yang banyak peminatnya, mulai dari jam tangan, gantungan kunci, bantal, kaos, dan lain sebagainya.

6. Berjualan boneka

ilustrasi boneka untuk valentine (unsplash.com/Sandy Millar)

Boneka bisa menjadi suatu ide usaha yang menguntungkan meski hari Valentine telah berakhir. Namun, untuk memanfaatkan momen, Anda bisa menjual boneka bertema Valentine.

Buatlah kemasan semenarik mungkin dengan harga yang bervariatif. Anda juga bisa menambahkan bunga mawar dan pernak-pernik lainnya di dalam kemasan.

7. Parsel valentine

ilustrasi parcel valentine (unsplash.com/Chang Duong)

Peluang bisnis Valentine lainnya adalah parsel. Buatlah paket parsel dengan tema Valentine dengan berbagai isian, seperti coklat, bunga, atau barang lainnya. Kemaslah parsel dengan rapi dan cantik.

8. Kalung liontin

ilustrasi liontin (unsplash.com/Patricia Zavala)

Kalung lionting menjadi salah satu kado Valentine terbaik yang bisa dibagikan untuk pasangan. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan berjualan kalung liontin dengan harga terjangkau, tetapi memiliki kualitas yang bagus. Cobalah untuk memilih kalung liontin berbahan titanium atau stainless steel agar tidak mudah berkarat.

9. Lukisan

ilustrasi melukis (unsplash.com/Sarah Brown)

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam melukis, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan momen ini dengan menawarkan jasa Anda. Anda bisa menawarkannya melalui orang terdekat ataupun melalui online.

10. Mason jars

ilustrasi mason jars (unsplash.com/Ella Olsson)

Mason jars merupakan toples kecil yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari untuk gelas minuman, menyimpan camilan, dan barang-barang lainnya.

Anda bisa berjualan mason jars dan mengisinya dengan permen atau coklat. Jangan lupa untuk menempelkan pesan-pesan romantis di bagian luar.

11. Layanan table decor

ilustrasi table decor (unsplash.com/Libby Penner)

Valentine juga identik dengan perayaan makan malam romantis. Agar bisa mewujudkan keinginan tersebut, jasa table decor banyak dipesan oleh sejumlah pasangan sebelum hari perayaan tiba.

12. Kerajinan tangan

ilustrasi craft (unsplash.com/Myrlene NUMA)

Craft atau kerajinan tangan menjadi alternatif kado Valentine yang sangat cocok untuk orang tersayang. Anda bisa mencoba untuk berjualan craft dengan tema Valentine. Terlebih lagi, ide bisnis ini juga belum ramai di Indonesia dan memiliki peluang yang cukup besar.

Itulah tadi ide bisnis Valentine yang bisa Anda coba. Manfaatkan momen Valentine ini untuk mencari uang sebanyak-banyaknya!

Related Topics

BisnisValentine

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru
Omnicom Media Group Angkat Rohan Mahajan Jadi COO–Layanan Media