5 Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan 2023, Bisa Dicoba!

Bisa skala rumahan hingga skala besar.

5 Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan 2023, Bisa Dicoba!
ilustrasi peluang usaha pertanian (unsplash.com/vadim kaipov)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat lima peluang usaha pertanian yang patut Anda coba di tahun 2023. Nyatanya, bisnis di bidang pertanian cukup potensial dan menjanjikan.

Seperti yang diketahui, bahan pangan yang dihasilkan dari pertanian dibutuhkan manusia setiap harinya. Selain itu, potensi sumber daya alam di Indonesia yang melimpah juga menjadi mendorong sektor pertanian untuk berkembang.

Perkembangan teknologi membuat usaha pertanian juga ikut berkembang dan berubah. Saat ini, bisnis di bidang pertanian tidak hanya melulu dengan sawah saja. Ada banyak peluang usaha pertanian yang bisa Anda coba.

Berikut sejumlah peluang usaha pertanian yang menjanjikan, mulai dari skala rumahan hingga skala besar. Simak daftar selengkapnya!

1. Jual bibit tanaman

ilustrasi bibit tanaman (unsplash.com/Eco Warrior Princess)

Peluang usaha pertanian yang patut Anda coba adalah menjual bibit tanaman. Anda bisa menjualnya secara online maupun offline. Manfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai media pemasaran Anda.

Dalam hal ini, Anda tidak membutuhkan wawasan lebih dalam mengenai cara bercocok tanam. Anda harus mengetahui jenis tanaman dan cara penyemaiannya. Anda bisa menjual bibit dengan kemasan kecil atau berat tertentu.

Ada berbagai jenis bibit tanaman yang biasanya dicari konsumen, mulai dari bibit tanaman buah, bibit tanaman sayur, hingga bibit tanaman hias. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu bibit jenis tanaman yang banyak diminati.

2. Pertanian organik

ilustrasi sayuran organik (pexels.com/Hana Mara)

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih membeli sayur maupun buah organik karena aspek kesehatan. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka pertanian organik.

Dilansir balaimedan.ditjenbun.pertanian.go.id, pertanian organik merupakan teknik pertanian yang memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, seperti pupuk dan pestisida (kecuali bahan yang diperbolehkan).

Selain itu, tanaman organik lebih mahal ketimbang tanaman dengan pupuk kimia. Akan tetapi, Anda harus siap dengan risiko, seperti gagal panen dan hasil panen lebih sedikit.

3. Hidroponik

ilustrasi Hidroponik (pexels.com/Jatuphon Buraphon)

Peluang usaha pertanian yang menjanjikan 2023 adalah hidroponik. Teknik budidaya tanaman ini lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan air bernutrisi sebagai media tanamnya.

Teknik hidroponik juga bisa diterapkan bagi Anda yang hidup di perkotaan dan tidak memiliki lahan terbatas. Oleh karena menggunakan media tanaman air, pastikan untuk selalu membersihkannya dari lumut dan kotoran.

4. Budidaya jamur tiram

ilustrasi jamur tiram (unsplash.com/Joant)

Budidaya jamur tiram merupakan peluang usaha yang patut Anda coba di tahun 2023. Bisnis yang satu ini juga cocok bagi Anda yang tidak memiliki halaman luas.

Selain itu, jamur tiram merupakan tanaman bernutrisi dan memiliki banyak peminatnya. Anda bisa menjualnya secara mentah ke restoran atau ke pasar tradisional. Anda juga dapat mengolah jamur tiram sebelum dijual. Mengolahnya menjadi keripik jamur akan menaikkan nilai jual hasil budidaya Anda.

5. Budidaya tanaman hias

ilustrasi tanaman hias (unsplash.com/Gemma Evans)

Peluang usaha pertanian selanjutnya adalah menjual tanaman hias. Jenis tanaman yang satu ini memiliki peminatnya tersendiri. 

Agar bisa menjalankan bisnis yang satu ini, Anda harus memiliki pengetahuan tentang tanaman hias, mulai dari jenisnya, cara menatanya, hingga cara merawatnya. Anda juga bisa menjualnya secara langsung atau secara online.

Itulah tadi sejumlah peluang usaha pertanian yang bisa Anda lakukan di tahun 2023. Apakah Anda tertarik ingin mencobanya?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri