Sejarah Sereal Kellogg's, Sukses Ekspansi ke Berbagai Negara

Berawal dari ketidaksengajaan, kini jadi bisnis.

Sejarah Sereal Kellogg's, Sukses Ekspansi ke Berbagai Negara
ilustrasi Kellogg's (dok.Kelloggs)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sereal merupakan salah satu menu sarapan yang sangat praktis. Anda cukup mencampurkannya dengan susu, air, yogurt, atau bisa langsung dimakan. Selain itu, sereal mengandung serat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Salah satu sereal yang cukup populer adalah sereal Kellogg’s. Perusahaan produsen makanan asal Amerika Serikat ini telah memasarkan produk mereka lebih dari 180 negara, termasuk Indonesia. Produk mereka sangat disenangi oleh sejumlah anak di sebagian dunia.

Lantas, bagaimana sejarah sereal Kellogg’s atau perusahaan Kellogg's? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Mengenal perusahaan Kelloggs

ilustrasi perusahaan Kellogg's (dok.Kelloggs)

Kellogg Company atau Kellogg’s merupakan sebuah perusahaan produsen makanan multinasional asal Michigan, Amerika Serikat. Adapun perusahaan ini memproduksi sereal dan sejumlah makanan praktis lainnya dalam berbagai merek, seperti Corn Flakes, Pringles, Eggo, Frosted Flakes, dan Cheez-it.

Saat ini, produk Kellogg’s telah tersebar di 180 negara, termasuk Asia Tenggara. Anda bisa menemukannya di berbagai negara, mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Indonesia, hingga IndoChina (Vietnam, Myanmar, dan Kamboja).

Penemu Kellogg’s

ilustrasi W.K Kelloggs (dok.Kelloggs)

Kellogg's pertama kali hadir dalam bentuk corn flakes yang ditemukan oleh dua bersaudara asal Amerika Serikat yang bernama Will Keith Kellogg dan John Harvey Kellogg. Berikut profil keduanya.

Will Keith Kellogg

Will Keith Kellogg atau disebut W.K Kellogg (7 April 1860–6 Oktober 1951) merupakan seorang industrialis di bidang manufaktur makanan. 

Selain itu, W.K Kellogg juga termasuk anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dan mengajarkan vegetarian sebagai prakit diet di gereja tersebut.

John Harvey Kellogg

John Harvey Kellogg (26 Februari 1852–14 Desember 1943) adalah seorang dokter di Battle Creek, Michigan, Amerika Serikat. Ia mengelola sebuah sanatorium yang menggunakan metode holistik, dan berfokus pada gizi, olahraga, dan enema. Selain itu, ia juga seseorang yang menganjurkan gaya hidup vegetarian.

Sejarah sereal kellogg’s

ilustrasi corn flakes (unsplash.com/Sten Ritterfeld)

Penemuan corn flakes terjadi pada tahun 1894 karena sebuah ketidak sengajaan. Pada saat itu John Harvey Kellogg bekerja sebagai penyelia Sanitarium Battle Creek, sedangkan saudaranya W.K Kellogg sebagai pembuku keuangan. Ia membantu saudaranya untuk menemukan makanan vegetarian yang cocok untuk pasien Sanitarium Battle Creek.

Sanitarium Battle Creek adalah sebuah rumah sakit atau spa kesehatan yang sangat terkenal dan dikhususkan untuk kalangan orang kelas atas.

Pada saat itu, keduanya tidak sengaja meninggalkan gandum yang sedang dimasak dalam waktu yang cukup lama. Setelah mereka kembali, gandum tersebut ternyata sudah terlanjur basi.

Disebabkan budget yang terbatas, mereka memilih untuk mengolahnya dan menggiling gandum tersebut. Secara mengejutkan, biji gandum tersebut keluar dalam berbentuk sereal tipis.

Nyatanya makanan tersebut sangat disenangi di kalangan pasien dan memiliki permintaan yang tinggi, bahkan sampai luar rumah sakit.  Akan tetapi, John Harvey melarang saudaranya untuk mendistribusikan ke luar Sanitarium.

Di tahun 1906, W.K Kellogg berpisah dan meluncurkan Battle Creek Toasted Corn Flake Company. Tentunya setelah ia mendapat izin dari saudaranya untuk melepas hak ats produk tersebut.

W.K Kellogg kemudian memproduksi lebih banyak corn flakes tersebut dengan merek dagang Kellogg's Corn Flakes. Setelahnya, ia coba membuat variasi dengan menambahkan taburan gula agar bisa dinikmati. Hingga saat ini, makanan tersebut jadi populer dan dikenal sebagai sarapan sehat.

Profil perusahaan Kellogg’s

ilustrasi produk kellogg's (unsplash.com/Sten Ritterfeld)

Berikut ini profil singkat perusahaan Kellogg's, simak di bawah ini:

  • Nama perusahaan: Kellogg's
  • Didirikan: 19 Februari 1906
  • Pendiri: Will Keith Kellogg
  • Kantor Pusat: Battle Creek, Michigan, Amerika Sertika
  • Produk: Bear NakedInc, Cheez-It Crackers, Club Crackers, Eggo, Fruity Snacks, Fruit Winders, Kashi (perusahaan), Krave, Morningstar Farms, Nutri-Grain, Pop-Tarts, Pringles, Rxbar, Sunshine Biscuits, Town House, dan Zesta Crackers.
  • Pendapatan: US$13,547 milyar (2018)
  • Laba operasi: US$1,706 milyar (2018)
  • Laba bersih: US$1,344 milyar (2018)
  • Total aset: US$17,780 milyar (2018)
  • Total ekuitas: US$3,159 milyar (2018).

Itulah tadi sejarah sereal Kellogg’s hingga sukses mengekspansi ke seluruh negara. Semoga informasi ini bisa menambah informasi anda.

Related Topics

BisnisKellogg's

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi