8 Startup Unicorn Indonesia, Ada Perusahaan Apa Saja?

Simak daftar lengkapnya.

8 Startup Unicorn Indonesia, Ada Perusahaan Apa Saja?
ilustrasi startup unicorn (pexels.com/Essow K)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menjadi perusahaan unicorn adalah impian seluruh startup. Di Indonesia, ada banyak industri digital telah mengalami perkembangan yang pesat. Terutama di tahun 2021 banyak startup yang terus bermunculan.

Di antara sederet perusahaan tersebut, terdapat delapan startup unicorn Indonesia yang memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar atau setara dengan Rp15,1 triliun. Untuk mencapai ke titik tersebut tentu tidak mudah.

Dikutip failory.com, berikut daftar startup unicorn Indonesia yang perlu diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. J&T Express

ilustrasi J&T Express (dok.jet.co.id)

Startup unicorn Indonesia pertama adalah J&T Express. Perusahaan ekspedisi ini didirikan pada 20 Agustus 2015 oleh Jet Lee, mantan CEO Oppo Indonesia. 

Selama hampir 8 tahun, J&T berkembang pesat di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga melebarkan sayapnya ke sejumlah negara lain.

2. Akulaku

ilustrasi aplikasi Akulaku (dok.akulaku.com)

Akulaku adalah perusahaan fintech yang cukup terkenal di tanah air. Sepanjang tahun 2022, tercatat perusahaan ini terus mendapatkan dana dua kali dengan nominal fantastis dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan Commercial Bank Plc.

3. Traveloka

ilustrasi Traveloka (dok.traveloka.com)

Startup unicorn Indonesia lainnya datang dari Traveloka. Perusahaan ini bergerak di bidang agen perjalanan online dan merekomendasikan tempat liburan yang sesuai untuk pengguna.

Pada tahun 2017, Traveloka sukses menyandang status sebagai unicorn setelah berhasil menggaet perusahaan travel online, Expedia sebagai investor.

4. DANA

ilustrasi DANA (dok.dana.id)

DANA menjadi salah satu e-wallet yang cukup berkembang di tanah air. Perusahaan yang awalnya berada di naungan Emtek, kini telah beralih kepemilikan ke Grup Sinar Mas dan Lazada.

Berkat peralihan tersebut, melambungkan perusahaan DANA menjadi startup unicorn di Indonesia. Per Agustus 2022, total jumlah karyawan di perusahaan ini berkisar 501–1.000 orang.

5. PT FinAccel Finance Indonesia/Kredivo

ilustrasi Kredivo (dok.google play)

PT FinAccel Finance Indonesia atau Kredivo merupakan sebuah platform digital yang melayani kredit instan, baik melalui e-commerce maupun pinjaman secara langsung. Perusahaan yang mulai beroperasi di tahun 2015 ini sukses mencapai status unicorn.

6. Kopi Kenangan

ilustrasi Kopi Kenangan (instagram.com/kopikenangan.id)

Perusahaan F&B Kopi Kenangan juga berhasil menyabet status sebagai startup unicorn Indonesia di tahun 2021. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan Jay-Z selaku investor. Kini, Kopi Kenangan juga membuka cabang di negara lain, yaitu Malaysia.

7. Xendit

ilustrasi Xendit (dok.xendit)

Xendit juga masuk dalam daftar unicorn di tanah air. Perusahaan fintech  ini berfokus di bidang pembayaran digital dan sering digunakan oleh sejumlah perusahaan digital di Indonesia. Total karyawan perusahaan ini per September 2021 mencapai seribu orang.

8. Ajaib

ilustrasi Ajaib (dok.Ajaib.co.id)

Ajaib merupakan platform investasi yang beroperasi di Indonesia. Sejak berdiri di tahun 2018, perusahaan ini sukses mengembangkan ekspansinya hingga ke tahap unicorn di tahun 2021. Adapun pendiri dari Ajaib adalah Anderson Sumarli dan Yada Piyajomkwan.

Itulah tadi deretan startup unicorn Indonesia yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai perusahaan di tanah air.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI