10 Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Bisa Dicoba!

Membuka usaha tidak harus dengan modal besar.

10 Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Bisa Dicoba!
ilustrasi modal usaha (unsplash.com/Melissa Walker Horn)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Melihat perkembangan dunia bisnis sekarang, ternyata banyak sekali usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Meski terlihat sulit untuk memulainya, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Saat ingin membuka sebuah bisnis atau usaha, ada dua hal yang harus Anda pertimbangkan, yakni besaran modal yang diperlukan serta kompetitor bisnis yang relevan.

Anda harus menemukan ide yang tepat dikarenakan bisnis yang bisa berjalan dalam jangka panjang. Di bawah ini 10 usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Simak selengkapnya!

1. Usaha jastip

ilustrasi jasa titipan (unsplash.com/Jacek Dylag)

Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing pertama adalah membuka jasa titipan atau jastip. 

Jenis usaha ini menawarkan pelayanan bagi orang-orang yang ingin berbelanja, tapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk datang ke lokasi atau jaraknya yang terlalu jauh. Anda akan mendapatkan keuntungan dengan menetapkan ongkir yang telah disepakati di awal.

Ide bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa meminta konsumen untuk mengirim uang muka terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah Anda harus jujur dan kompeten sehingga konsumen percaya dengan layanan Anda. 

2. Melukis sepatu

ilustrasi sepatu (unsplash.com/Marten Bjork)

Belakangan ini nilai artistik menjadi poin yang semakin menonjol di dunia fashion kawula muda. Jika Anda tertarik mendalami bisnis bidang fashion dan desain dengan modal minim, melukis sepatu bisa menjadi jawaban.

Anda bisa membuat sistem pre-order sehingga modal awal hanya berupa cat aklirik. Nantinya, Anda bisa membelikan sepatu yang diinginkan pelanggan tepat setelah membayar down payment (DP) sesuai harga sepatu.

Cara lainnya adalah dengan meminta pelanggan mengirimkan sepatu mereka untuk Anda permak. Menarik, bukan?

Tawarkan jasa atau produk Anda melalui platform marketplace dan media sosial, seperti TikTok, Facebook, Instagram, dan Twitter.

3. Jasa cuci helm

ilustrai helm motor (unsplash.com/Brock Wegner)

Di musim hujan seperti ini, helm rawan apek karena terkena basah dan udara lembab saat dikenakan. Jadikan momen ini sebagai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Anda tidak perlu membuka toko karena hal ini bisa dilakukan di rumah. Modal Anda tentu saja sabun khusus helm, parfum khusus helm, dan mesin pengering.

4. Cloud kitchen

ilustrasi cloud kitchen (unsplash.com/Pylyp Sukhenko)

Meski jenis usaha ini terdengar asing, tapi cloud kitchen cukup populer dan bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin merintis bisnis, apalagi jika Anda memiliki bangunan yang tidak terpakai atau dapur yang luas dan jarang dipakai.

Cloud kitchen adalah dapur bersama yang disewakan untuk para pelaku usaha kuliner dengan modal yang minim. Anda hanya cukup menyewakan ruangan dapur beserta fasilitas lengkapnya dalam satu bilik saja.

Adapun sasaran dari kuliner ini hanya melayani pesan antar dan bukan makan di tempat, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyediakan ruangan yang lebih besar.

5. Thrifting

ilustrasi thrifting (unsplash.com/Becca McHaffie)

Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa Anda coba adalah thrifting atau jual beli barang bekas. 

Apabila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli paket usahanya, Anda juga bisa menjembatani konsumen untuk menemukan barang bekas yang diinginkan.

6. Jasa hampers

Ramadan Hampers/Dok. Pullman

Ternyata jasa membuat hampers juga membutuhkan modal yang kecil. Pesaingnya pun juga belum banyak.

Buatlah jasa hampers yang fleksibel. Artinya, Anda bisa membuat hampers sesuai permintaan pelanggan, seperti acara nikahan, lamaran, kelulusan, atau hari raya tertentu.

Anda harus memiliki kreativitas tinggi. Tipsnya adalah Anda mencari ide melalui Pinterest dan membuat mood board sebagai acuan inspirasi hampers.

7. Admin media sosial

ilustrasi media sosial (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Admin media sosial adalah usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Tidak bisa dipungkiri, media sosial adalah salah satu jembatan interaktif untuk menarik konsumen.

Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada pelaku usaha besar yang sekiranya membutuhkan layanan tersebut.

8. Make up artist

ilustrasi make up artist (unsplash.com/Johan Mouchet)

Bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang rias, make up artist adalah salah satu peluangan usaha yang cukup menjanjikan. Agar meyakinkan, sebaiknya Anda membangun portofolio di media sosial terlebih dahulu dan membangun relasi sebanyak-banyaknya.

9. Frozen food

ilustrasi frozen food (unsplash.com/Victoria Shes)

Ide usaha lainnya yang bisa Anda coba adalah frozen food. Ini adalah salah satu solusi bagi beberapa orang yang tidak sempat untuk memasak atau membeli bahan makanan. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.

10. Penulis artikel

ilustrasi penulis artikel (unsplash.com/Kenny Eliason)

Usaha lainnya yang tidak membutuhkan modal yang besar adalah penulis artikel lepas. Terlebih lagi jika Anda memiliki keahlian menulis, tidak ada salahnya membuka jasa ini.

Anda hanya perlu perangkat untuk mengetik seperti laptop atau komputer dan jaringan internet yang memadai. Tidak lupa untuk memahami setiap artikel yang Anda tulis dan hindari plagiarisme.

Itulah tadi 10 usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa Anda lakukan. Jadi, Anda tertarik untuk memulainya?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Bisnis Otomotif dan Alat Berat Lesu, Laba Bersih Astra Turun 14,3%