BUSINESS

Mengenal Apa Itu Testimoni, Manfaat, dan Jenisnya

Testimoni menjadi strategi meningkatkan brand awareness.

Mengenal Apa Itu Testimoni, Manfaat, dan JenisnyaIlustrasi membuat konten di media sosial. Shutterstock/Zurijeta
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Di dunia e-commerce atau jual beli digital, keberadaan testimoni menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Testimoni pelanggan bisa menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen lain untuk membeli atau menggunakan jasa produk yang Anda tawarkan.

Namun, testimoni bisa berupa ulasan buruk atau baik, tergantung bagaimana kualitas bisnis serta produk yang dijual bisa dilihat dari testimoni para konsumen. Olen sebab itu, hal ini bisa menjadi masukan bagi para pemilik bisnis untuk menjaga kualitas produknya sebelum dipasarkan kepada konsumen. 

Lalu apa yang dimaksud dengan testimoni? Berikut ulasannya. 

Pengertian

Situs Social Bee, menuliskan bahwa testimoni sebagai pernyataan dalam bentuk tertulis maupun secara lisan yang memuji dan merekomendasikan sebuah produk atau layanan. Bahkan, testimoni menjadi strategi meningkatkan brand awareness serta kepercayaan publik terhadap usaha tersebut.

Istilah ini pertama kali digunakan pada abad ke-15 untuk mengungkapkan penghargaan. Pemberian testimoni oleh pembeli bisa jadi bentuknya adalah rekomendasi dari mulut ke mulut. Testimoni bisa ditunjukkan melalui pemberian komentar dan review yang kemudian digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Salah satu kelebihan testimoni adalah bisa digunakan bagi para selebriti atau pemengaruh untuk membagikan pengalamannya saat menggunakan produk maupun layanan.

 Tantangannya adalah meyakinkan para konsumen, bahwa testimoni yang ditampilkan otentik dan tidak dibuat sendiri.

Manfaat

Wyzowl dan Indeed, menuliskan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari testimoni konsumen:

  1. Meningkatkan kepercayaan
    Hal ini terjadi karena konsumen akan lebih percaya kata-kata dari sesama pengguna ketimbang iklan yang dibuat oleh brand. Pujian dari konsumen yang sifatnya otentik pada brand bisa jadi cara marketing yang efektif ke calon konsumen skeptis.
  2. Lebih relatable
    Adanya testimoni juga dapat membantu calon konsumen untuk membayangkan dirinya menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Pengalaman dari konsumen lain akan terasa lebih relatable bagi calon konsumen ketimbang informasi seputar produk atau layanan yang brand sampaikan di iklan. Hal ini juga membantu bisnis terhubung dengan publik.
  3. Mengurangi biaya
    Manfaat lainnya dari mengaplikasikan strategi ini adalah mengurangi biaya pemasaran. Konsumen yang benar-benar menyukai produk Anda akan senang hati memberikan testimoninya secara gratis.
  4. Memberi bukti sosial
    Testimoni juga memberi bukti sosial bagi audiens seputar produk atau layanan yang ditawarkan. Bahkan, statistik yang dirilis Wyzowl  menyebutkan bahwa testimoni memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sesuatu.
  5. Memanusiakan jenama
    Testimoni juga membantu bisnis dalam memanusiakan brand. Konsumen yang memberi testimoninya akan membangun rasa penasaran dan empati dari orang lain yang melihatnya. Hal tersebut akan membangun rasa ketertarikan dari audiens terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan berdampak pada peningkatan penjualan.

Related Topics