FINANCE

Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2023 Masih Meningkat

8,8% dari pendapatan konsumen digunakan untuk bayar cicilan.

Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2023 Masih Meningkatilustrasi model B2C (unsplash.com/Tim Mossholder)
12 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tecermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2023 yang mencapai 128,3, lebih tinggi dibandingkan dengan 126,1 pada April 2023.

“Menguatnya keyakinan konsumen pada Mei 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (12/6).

Indeks ketersediaan lapangan kerja meningkat

Kerja
ilustrasi bekerja (unsplash.com/Marten Bjork)

IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks ketersediaan lapangan kerja dan indeks pembelian barang tahan lama. IKE pada Mei 2023 mencapai 118,9, lebih tinggi dibandingkan 116,6 pada April 2023.

Menguatnya IKE Mei 2023 didorong oleh meningkatnya seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada indeks ketersediaan lapangan kerja yang meningkat 3,0 poin menjadi 121,1 pada Mei 2023.

Dari tiga komponen IKE, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini terindikasi meningkat paling tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks tercatat optimistis pada seluruh kategori pendidikan, kecuali pada kelompok responden dengan tingkat pendidikan pasca sarjana.

8,8% dari pendapatan konsumen digunakan untuk bayar cicilan

KPR syariah semakin diminati karena memberikan kepastian cicilan.
Gandi Purwandi/Shutterstock

Related Topics