BUSINESS

4 Cara Menjual Produk ke Luar Negeri dan Go International

Ada beberapa cara menjual produk di luar negeri.

4 Cara Menjual Produk ke Luar Negeri dan Go Internationalilustrasi perusahaan Amazon (Unsplash.com/Bryan Angelo)

by Desy Yuliastuti

06 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi para pengusaha saat ini, memperluas pasar ke luar negeri  menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengetahui cara menjual produk ke luar negeri, maka peluang mengenalkan dan membawa produk go international kian terbuka.

Tak hanya itu, dengan mengirimkan produk ke luar negeri melalui ekspor menjadi prestasi tersendiri. Selain itu, menjadi bukti bahwa bisnis mereka dikenal dan diakui oleh konsumen di berbagai negara. Hal itu juga menjadi motivasi bagi pengusaha untuk terus menghasilkan produk-produk inovatif.

Akan tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, para pengusaha perlu mengetahui cara menjual  produk ke luar negeri dan langkah yang efektif dan efisien. Berikut ini beberapa caranya dirangkum dari JMC via IDN Times.

1. Marketplace global

Cara menjual produk ke luar negeri salah satunya melalui marketplace global. Hal tersebut secara langsung bisa memberi tambahan keuntungan untuk bisnis, terutama pada kecepatan penjualan.

Dengan menjual barang ke luar negeri secara daring di marketplace global tentu menawarkan banyak keuntungan untuk mendukung penjualan.

Anda bisa bergabung dengan marketplace global, seperti Alibaba, Aliexpress, Amazon, dan Ebay. Seperti berjualan di marketplace pada umumnya, Anda perlu mempertimbangkan harga yang kompetitif agar dilirik oleh pembeli.

2. Google Ads

Google Ads dapat dimanfaatkan menjadi salah satu cara untuk menjual produk ke luar negeri. Cara ini memiliki kelebihan karena Anda dapat menentukan wilayah, bahasa, dan bahkan negara yang menjadi target pasar.

Selain itu, dengan bantuan Google Ads maka Anda dapat dengan lebih mudah dan cepat menjangkau pelanggan di luar negeri. Bahkan, produk Anda bisa laku terjual dalam waktu yang singkat, bisa jadi dalam hitungan jam atau menit. 

Kunci kesuksesannya adalah memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk yang Anda jual. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu website sebagai dasar untuk iklan yang dibuat. Apabila tidak ada website, kemungkinan akan sulit dalam mengonversi pelanggan potensial menjadi penjualan yang sebenarnya.