BUSINESS

Lestarikan Lingkungan, Bridgestone Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

Memperingati Hari Mangrove sedunia setiap 26 Juli.

Lestarikan Lingkungan, Bridgestone Tanam 10 Ribu Pohon MangrovePenanaman 10.000 pohon Mangrove di Muara Gembong/Dok. Bridgestone Indonesia

by Desy Yuliastuti

10 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indonesia memiliki 43 jenis mangrove tropis atau mewakili 80 persen dari mangrove tropis dunia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki keanekaragaman spesies mangrove tertinggi di dunia di mana penyebaran terbesar adalah di wilayah pesisir Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Jawa.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia merupakan pemilik 23 persen atau 3,36 juta hektar dari luas total mangrove dunia.

Ekosistem mangrove yang terjaga dengan baik dapat menyimpan karbon 3-5 kali lebih banyak dari hutan biasa. Karbon yang tersimpan di ekosistem mangrove Indonesia diperkirakan mencapai 3,0 Gton CO2e. 

Untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove, Bridgestone Indonesia kembali melaksanakan aksi menanam 10.000 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar di kawasan pesisir Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (5/8).

Penanaman mangrove ini sekaligus memperingati International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem atau Hari Mangrove sedunia setiap 26 Juli.

Human Resources & General Affairs (HRGA) Director Bridgestone Indonesia, Yunus Triyonggo, mengatakan tahun ini kegiatan diperluas.

"Selain berkontribusi terhadap lingkungan dengan menghambat abrasi dan pengurangan karbon, buah, daun, dan akar mangrove serta nantinya bisa diolah menjadi bahan baku produk makanan dan juga pewarna alami produk wastra, sehingga berdampak secara ekonomi terhadap warga di sini,” ujar Yunus. 

Yunus juga menambahkan bahwa kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove ini sejalan dengan Bridgestone E8 Commitment dalam hal Ecology atau lingkungan.

Kepedulian lingkungan dan pemberdayaan desa

Dok. Bridgestone Indonesia

Program penanaman mangrove di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi diawali pada 2016, saat Bridgestone Indonesia merayakan hari ulang tahun ke-40 dengan menanam 16.040 mangrove. 

Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Ahmad Qurtubi, menyambut baik kepedulian Bridgestone Indonesia terhadap lingkungan dan pemberdayaan warga desa.

“Kami mengapresiasi niat baik pihak Bridgestone Indonesia menanam mangrove di desa kami. Mangrove ini juga merupakan kekayaan desa kami. Selain menjaga ekosistem mangrove, aksi penanaman mangrove oleh Bridgestone Indonesia hingga saat ini turut membantu perekonomian warga melalui program pemberdayaan yang terus berjalan di desa ini,” ujar Ahmad Qurtubi.

Diharapkan dengan aksi penanaman mangrove oleh Bridgestone Indonesia akan terus memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam bidang ekologi, ekonomi dan sosial masyarakat. 

Selain melakukan monitoring mangrove, Bridgestone Indonesia juga berkolaborasi dengan organisasi lokal Kebaya dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Alipbata untuk mengelola hasil mangrove menjadi produk yang ekonomis dan berdaya guna. 

Lebih lanjut, Bridgestone Indonesia juga melakukan langkah empowerment ke kelompok ibu-ibu Kampung Beting untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dengan pelatihan membatik dan memproduksi produk makanan olahan dari tanaman mangrove. 

"Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan,” kata Yunus.

Related Topics