BUSINESS

CDB Komitmen Dukung Akselerasi Transisi Energi PLN

PLN tindak lanjuti potensi pembiayaan.

CDB Komitmen Dukung Akselerasi Transisi Energi PLNPenandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) dan President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing (kanan) di kantor pusat CDB, Beijing, China, pada Senin (16/10). (Doc: PLN)

by Hendra Friana

19 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - China Development Bank (CDB) menyatakan komitmennya mendukung pendanaan PLN untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di kantor pusat CDB, Beijing, Cina, Senin (16/10). 

CDB diwakili President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing, serta Director of International Cooperation Division of CDB Xiamen Branch, Ruan Xuefeng; sementara PLN diwakili Direktur Utama Darmawan Prasodjo.

Darmawan menyatakan nota kesepahaman ini tidak hanya menandai komitmen CDB, tetapi juga eksplorasi dalam hal pendanaan korporasi, pendanaan proyek, dan solusi pendanaan lainnya terkait transisi energi. Selain itu, peningkatan kapasitas pegawai PLN dalam pengembangan energi terbarukan juga masuk dalam MoU tersebut.

MoU tersebut juga merupakan salah satu wujud nyata hubungan bilateral strategis yang terus dirawat Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Presiden Cina, Xi Jinping.

Akselerasi transisi energi oleh PLN dilakukan demi mendukung target pengurangan gas rumah kaca di Indonesia sebagai pelaksanaan Nationally Determined Contribution (NDC) berdasarkan Paris Agreement. 

"PLN sudah siap, dan CDB datang sebagai penguatan. China Development Bank hadir sebagai kekuatan baru, sebagai penguat baru, untuk memperkuat upaya transisi energi," ujar Darmawan seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (19/10).

Dalam beberapa tahun terakhir, CDB dan PLN telah bekerja sama dalam beragam proyek. Dengan kerja sama baru ini, diharapkan kolaborasi kedua belah pihak dapat berkontribusi signifikan dalam upaya mitigasi iklim berupa akselerasi transisi energi Indonesia.

"Tantangan terbesar transisi energi adalah investasi. Kami sudah menyusun roadmap, sudah menyiapkan teknologi, sudah membangun infrastruktur. Tapi tanpa dukungan pembiayaan, semua itu tak akan berjalan," kata Darmawan.

Siapkan perencanaan komprehensif 

Darmawan juga menyatakan siap mengelaborasi perencanaan investasi yang komprehensif, termasuk proyek-proyek potensial yang potensinya dapat digali CDB untuk memberikan dukungan pembiayaan.

"Kita segera menindaklanjuti rincian potensi pembiayaan ini, juga membuka diskusi lebih lanjut untuk memastikan bahwa MoU tingkat tinggi antara CDB dan PLN ini dapat benar-benar diwujudkan menjadi tindakan nyata," katanya.

Sementara itu, President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing, mengapresiasi terlaksananya MoU antara CDB dan PLN untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia. Komitmen CDB untuk proyek ini diharapkan semakin meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Atas nama CDB saya ingin menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan PLN kepada CDB untuk sebagian bisnis di Indonesia dan juga hubungan kerja sama jangka panjang," ujar Zeng Liqing.

Zeng mengatakan pihaknya mendukung komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi energi demi mencapai target pengurangan emisi hingga 2060.

"Kami mendorong kemajuan energi di Indonesia. Semoga MoU ini makin meningkatkan kerja sama CDB dan PLN," katanya.