Comscore Tracker
BUSINESS

Berikut Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022, Adakah Nama Baru?

Siapa yang paling terkaya di dunia?

Berikut Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022, Adakah Nama Baru?Elon Musk. (Pixabay/Ivan Jesus Rojas)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Memasuki 2022, daftar orang kaya di dunia terus diperbarui. Pandemi Covid-19 pun rupanya tak membuat pundi-pundi kekayaan para konglomerat ini menyusut. Lantas siapa sajakah mereka? 

Sebagai informasi, isi dari lis itu bersifat dinamis. Sebagian dari nama yang masuk ke dalam daftar merupakan 'orang lama' yang hanya saling bertukar posisi atau saling berlomba-lomba memperebutkan posisi teratas seiring bisnis mereka yang semakin maju.

Melansir Forbes, Kamis (6/1), Elon Musk kini bertengger di pucuk daftar orang terkaya di dunia 2022. Diikuti oleh Bernard Arnault serta Jeff Bezos di urutan kedua dan ketiga. Setelah itu, nama siapa lagi yang sukses masuk kategori ini?

Simak ulasan lengkap berisi daftar orang terkaya di dunia 2022 berikut ini.

1. Elon Musk

Tokoh yang kerap mengguncang dunia kripto dengan cuitannya di Twitter ini memiliki kekayaan bersih berjumlah US$276,8 miliar. 

Elon Musk memulai tahun baru dengan kekuatannya. Pada Senin (3/1) lalu, ia berhasil menambahkan US$32,6 miliar ke kekayaan bersihnya. Sehingga kekayaan Musk saat ini mencapai US$304,2 miliar, kembali rekor dari yang sebelumnya pernah dicapai pada November 2021. 

Penambahan kekayaan bersih ini bersumber dari lonjakan harga saham Tesla. Pada Minggu (2/1), produsen mobil listrik ini mengumumkan angka penjualan lebih dari 936.000 mobil pada tahun 2021, melampaui proyeksi analis.

Investor bereaksi cepat ketika pembukaan pasar saham pada hari Senin. Saham Tesla melonjak lebih dari 13 persen pada penutupan pasar. Kapitalisasi pasar perusahaan kembali mencapai angka US$ 1 triliun, setelah turun di bawah level itu bulan lalu.

Selain Tesla dan SpaceX, Musk juga merupakan salah satu pendiri PayPal. Begitu juga dengan Neuralink dan The Boring Company. Ia memiliki saham di Tesla sebanyak 23 persen, tetapi lebih dari setengahnya dijadikan sebagai jaminan pinjaman.

2. Bernard Arnault & Family

Konglomerat berkebangsaan Prancis ini merupakan seorang pebisnis di bidang fesyen serta memimpin raksasa produsen produk mewah dunia, LVMH. Dia dan keluarganya menguasai harta benda senilai US$200,2 miliar.

Mengutip Britannica, Arnault pernah merintis bisnis bermodalkan US$15 juta bersama partnernya, Antoine Bernheim sebelum berinvestasi di LVMH. Keduanya menghimpun dana senilai US$80 juta untuk membeli perusahaan tekstil yang hampir bangkrut: Boussac Saint-Frères.

Kini, perusahaannya membawahi puluhan merek mewah ternama, sebut saja Louis Vuitton, TAG Heuer dan Sephora. 

3. Jeff Bezos

Siapa yang tak mengenal raksasa e-commerce Amazon? Bezos yang mendirikannya pada 1994, merintisnya dari garasinya di Seattle. Kini, dia menjabat sebagai Executive Chairman setelah mundur dari posisi CEO.

Amazon berkembang signifikan selama pandemi. Pendapatannya bertumbuh 38 persen jadi US$386 miliar pada 2020 berkat banyaknya orang yang terpaksa berdiam diri di rumah.

Karena bisnisnya, kekayaan bersih Bezos kini berjumlah US$190,2 miliar. Itu pun sudah menurun 1,64 persen karena berkurang US$3,2 miliar menurut Forbes.

4. Bill Gates

Ia adalah Bapak Microsoft yang berhasil perusahaan itu menjadi sumber kekayaan. Namun, kini fokusnya sudah berubah ke investasi ramah lingkungan dan filantropi.

Saat keluar dari Dewan Direksi Microsoft pada Maret 2020, Gates menguasai sekitar 1 persen saham perusahaan tersebut. Selain itu, dia juga berinvestasi di beberapa perusahaan seperti Canadian National Railway dan AutoNation.

Hingga Kamis sore, harta bersih Bill Gates berjumlah US$136,1 miliar setelah mengalami penurunan sebesar US$1,8 miliar.

5. Larry Ellison

Tokoh kelima ini adalah Kepala Eksekutif Teknologi sekaligus Pendiri Oracle. Dia turun dari takhta CEO pada 2014 setelah mendudukinya selama 37 tahun.

Ellison memiliki harta senilai US$119 miliar, menyusut US$3,9 miliar. Salah satu sumber kekayaannya adalah 35 persen saham Oracle. Selain itu, dia juga tergabung sebagai Dewan Direksi Tesla pada Desember 2018 setelah membeli 2 juta saham di sana. Itulah daftar orang terkaya di dunia. 

Related Articles