Comscore Tracker
BUSINESS

Tambah Cuan Lewat Rekomendasi Franchise Makanan Ini, Tertarik?

Bisnis waralaba tak memerlukan modal besar.

Tambah Cuan Lewat Rekomendasi Franchise Makanan Ini, Tertarik?Bisnis kuliner. (Pixabay/kerdkanno)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Bisnis kuliner hingga saat ini masih digemari sebagaian besar orang. Tak hanya menjanjikan keuntungan berlipat, bisnis ini juga memiliki potensi konsumen yang besar. Namun, pernahkah Anda mencoba bisnis makanan melalui skema kemitraan atau franchise sebagai pilihan merintis usaha?

Model bisnis waralaba, Anda tidak memerlukan modal sebesar memulai usaha dari nol. Sebab, mitra usaha biasanya sudah menyiapkan kebutuhan berbisnis serta mempunyai model bisnis dengan sistemnya sendiri. Ada juga mitra yang akan menyediakan pelatihan, perekrutan karyawan, operasional, dan hal-hal teknis pendukung usaha lainnya.

Terlebih, jika Anda memilih mitra waralaba bisnis yang tepat. Misal, jenama yang telah dikenal oleh masyarakat—baik karena citra maupun rasanya yang lezat.

Itu sebabnya Anda harus mempertimbangkan matang-matang sebelum menentukan mitra bisnis kuliner. Hal ini untuk memastikan bisnis Anda dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Apalagi, di tengah ketidakpastian yang bisa terjadi kapan saja.

Bila Anda tertarik menekuni bisnis kuliner, mulailah dengan melakukan riset terlebih dulu mengenai bisnis waralaba kuliner yang Anda minati. Namun, jika Anda membutuhkan rekomendasi, simak daftar rekomendasi mitra franchise makanan terlaris berikut ini : 

Franchise Makanan Ayam Goreng

Selain merek restoran ayam goreng yang sudah dikenal dan beroperasi di dalam mal atau pusat belanja, ada berbagai pilihan bagi Anda yang ingin menjajal berbisnis kuliner ayam goreng rumahan. Sejumlah franchise ayam goreng yang sudah dikenal contohnya Sabana Fried Chicken, Rocket Chicken, hingga Chigo.

Untuk Sabana, dengan harga jual belasan ribu, konsumen sudah bisa mendapat ayam dengan nasi. Jangkauannya pun luas. Melansir IDN Times, modal untuk membuka bisnis waralaba Sabana Fried Chicken berbeda-beda tergantung daerah dan lokasi. Berikut perinciannya.

- Rp22,5 juta di area Jabodetabek.

- Rp23 juta di Jawa Barat.

- Rp23,2 juta di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sementara itu, Rocket Chicken lebih terfokus di area Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Merek tersebut terkenal karena harganya yang cocok dengan kantong mahasiswa dan rasanya yang sesuai selera mereka. Untuk memulai kemitraan waralaba Rocket Chicken, Anda bisa membuka situs resmi Rocket Chicken.

Sedangkan Chigo dari grup Kopi Kenangan, Anda dapat memulai bisnis franchise makanan ini dengan membuka situs usahakopi.com. Menurut laman tersebuy, Anda berpotensi mendapat omzet sampai Rp250 juta bila bermitra dengan Kopi Kenangan.

Franchise Makanan Kebab

Selain menu ayam, kuliner khas Timur Tengah juga cukup banyak diminati masyarakat saat ini. Gerai kebab terkenal seperti Kebab Baba Rafi, Kebab Corner, dan Kebab Asap dapat menjadi pilihan Anda berbisnis. Grup Baba Rafi (PT Sari Kreasi Boga) contohnya, membuka kesempatan berbisnis dengan potensi penghasilannya mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Apalagi, grup itu menaungi banyak merek seperti Kebab Turki Baba Rafi, Container Kebab, Smokey Kebab, dan Kebab Kitchen. Dalam 13 tahun, KTBR memiliki lebih dari 1.300 outlet di 9 negara.

Anda bisa memilih sejumlah bentuk investasi dalam waralaba Baba Rafi, yakni: Black Booth (Rp120 juta), Container Kebab (Rp250 juta), dan Container Kebab Café (Rp300 juta).

Franchise Makanan Padang

Kalau yang satu ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih restoran Pagi Sore, RM Padang Sederhana, hingga Nasi Padang Ampera 01.

Pagi Sore tidak hanya menyediakan kemitraan bisnis di Indonesia, tetapi juga di Singapura dan Malaysia. Menu andalan mereka adalah rendang. Namun ada pula menu lain seperti daging ayam. Ditambah santapan lezat lainnya.

RM Padang Sederhana juga termasuk nama besar di bisnis kuliner asal Padang. Anda dapat mengajukan permohonan waralaba melalui situs resminya, restoransederhana.id.

Yang terakhir, Nasi Padang Ampera 01. Berdasarkan situs resmi, modal bisnis waralaba Nasi Padang Ampera mencapai Rp75 juta. Itulah beberapa rekomendasi franchise makanan yang terlaris di Indonesia.

Related Articles