Karakter Investor dan Jenis Investasi yang Cocok

Penting menyesuaikan investasi berdasarkan karakter diri.

Karakter Investor dan Jenis Investasi yang Cocok
Ilustrasi investasi low risk (unsplash/@micheile)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menentukan jenis Investasi yang ingin Anda dalami ternyata tak semudah membalikkan tangan. Sejalan dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan, banyak pula risiko yang mengikuti masing-masing pilihan. Untuk memudahkan, salah satu yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan pilihan investasi dengan karakter Investor.

Menurut Chief Digital Officer Maybank Indonesia, Charles Budiman, saat ini akses dan jenis investasi terbuka dengan cukup luas, apalagi digitalisasi membuat cara berinvestasi pun semakin mudah. “Namun kenali gaya dan preferensi pribadi untuk memilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan di masa mendatang,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Kamis (18/4).

Dengan demikian, dibutuhkan pengenalan karakter diri berkaitan dengan instrumen investasi pilihan yang tepat. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa karakter diri dan pilihan investasi yang cocok.

Penyuka tantangan

Seperti karakternya yang suka berpetualang dan menyukai tantangan, biasanya individu ini memiliki samangat tinggi dan suka menyelami berbagai jenis instrumen investasi.

Dengan karakter seperti ini, Reksa Dana (RD) Saham dengan minimal 80 persen dari portofolio yang dialokasikan ke dalam bentuk saham bisa menjadi salah satu jenis investasi yang cocok.

RD cocok bagi Anda yang berkarakter penyuka tantangan karena punya potensi keuntungan yang tinggi, dengan risiko yang juga tinggi, namun menarik bagi para investor dengan karakter yang siap mengambil risiko. Hal ini bisa menjadi sensasi tersendiri dalam berinvestasi.

Pemula

Karakter ini biasanya masih memiliki pengetahuan yang terbatas, sehingga menghindari instrumen investasi dengan modal awal besar dan berisiko tinggi. Melihat karakter ini, Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia bisa menjadi salah satu tipe investasi yang tepat.

Selain aman karena dijamin negara, investasi ini juga bebas dari risiko gagal bayar karena nilai pokok dan kupon yang dijamin Undang-Undang (UU).

Pengatur strategi

Karakter ini suka menghitung segala tindakannya, sehingga mereka lebih berhat-hati dan teliti untuk mempersiapkan diri menghadapi segala risiko. Artinya, karakter ini tidak akan sembarangan dalam mengambil keputusan memilih instrumen investasi.

Untuk tipe investor seperti ini, investasi dalam bentuk reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan. Tak hanya pengelolaan dananya yang juga dibantu oleh manajer investasi profesional, reksa dana turut menawarkan fleksibilitas, sehingga memungkinkan untuk mengatur modal investasi sesuai dengan strategi dan kemampuan.

Protektor

Karakter protektor yang membumi biasanya lebih memilih untuk menghindari risiko dan tetap aman dalam berinvestasi. Bagi karakter ini, jenis investasi seperti deposito cocok menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melindungi nilai aset.

Dengan suku bunga yang lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa, serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, deposito juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimana semakin besar dana yang dimasukkan dalam jangka waktu lebih panjang akan memberikan hasil keuntungan yang lebih maksimal di masa mendatang.

Pengamat

Hampir sama dengan karakter sebelumnya, tipe pengamat juga tidak langsung cepat dalam mengambil keputusan. Namun, karakter ini banyak menghabiskan waktu untuk mengamati perkembangan situasi pasar dan melihat potensi dari tiap instrumen investasi. Untuk tipe karakter ini, emas cocok dijadikan investasi.

Emas menawarkan nilai yang stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi dengan kehadiran tabungan emas digital, kini masyarakat dapat berinvestasi emas lewat layanan digital banking yang juga memungkinkan untuk memantau pergerakan harga jual dan beli emas melalui informasi secara real-time.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Digitalisasi Pengelolaan Polis, FWD Luncurkan Aplikasi Omne
Apa Itu Starlink milik Elon Musk?