Allianz Utama Kantongi Laba Rp4,54 miliar di 2022, Ini Penyokongnya

Allianz Utama bayarkan klaim Rp234 miliar.

Allianz Utama Kantongi Laba Rp4,54 miliar di 2022, Ini Penyokongnya
Ilustrasi Allianz Utama/Shutterstock nitpicker
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan profit atau laba sebesar Rp4,54 miliar pada tahun 2022. 

Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi menyebut, lini asuransi perjalanan menjadi penyumbang bisnis dengan mencatatkan ertumbuhan tertinggi sebesar 293 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Hal ini disebabkan oleh dilonggarkannya PPKM serta digalakkannya vaksinasi booster Covid-19 oleh Pemerintah, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan perjalanan tanpa khawatir. 

"Dari sisi inovasi bisnis, kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (29/5). 

Ia menambahkan, peningkatan hasil ini merupakan refleksi keberhasilan Allianz Utama dalam menjaga momentum melalui strategi rebalancing di tahun sebelumnya. 
 

Asuransi properti sumbang premi

Properti hunian di Tiongkok. Shutterstock/Fabio Nodari

Sementara itu, Allianz Utama juga mencatat Gross Written Premium (GWP) yang tercatat sebesar Rp665,30 miliar atau melampaui angka rencana bisnis, sebesar 36 persen. 

Lini asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) merupakan lini bisnis dengan kontribusi GWP tertinggi yaitu sebesar Rp217,47 miliar dan diikuti oleh lini asuransi properti sebesar Rp204,69 miliar. 

Di sisi lain, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum hingga kuartal IV- 2022 mencapai Rp90,1 triliun, atau tumbuh 15,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp78,1 triliun.

Allianz Utama Indonesia juga berkomitmen  membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah melalui digitalisasi dengan penerapan good corporate governance yang baik. 

Perusahaan juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, seperti one-click renewal pada motor policy untuk mempermudah proses perpanjangan polis nasabah, implementasi robotik pada proses back-office untuk meningkatkan produktivitas, sampai pada otomatisasi pada proses perpanjangan polis.

Allianz Utama bayarkan klaim Rp234 miliar

Ilustrasi Asuransi Perjalanan/Dok Allianz Utama

Allianz Utama juga senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp234,15 miliar sepanjang tahun 2022. 

Di sisi lain, Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 437 persen, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120 persen. 

Dengan seluruh strategi tersebut, Allianz Utama berhasil mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 11,7 persem dan juga jumlah policy issuance sebesar 8 persen pada tahun 2022.  

"Kami tidak akan berhenti dan akan terus meningkatkan kualitas layanan agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan bersama Allianz,” tutup Sunadi.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal