BNI Jajaki Potensi Bisnis di Pasar Afrika Selatan 

BNI miliki 21 bank koresponden di Afrika.

BNI Jajaki Potensi Bisnis di Pasar Afrika Selatan 
BNI Temui Delegasi Afrika Selatan dalam penjajakan potensi bisnis/Dok BNI
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) siap untuk menjajaki potensi bisnis di pasar Afrika Selatan. Sebagai bank yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bisnis internasional, BNI siap mendukung kegiatan bisnis kedua negara melalui BNI International Desk Financing Solution hingga Xpora. 

Hal tersebut dilaksanakan setelah delegasi Afrika Selatan dipimpin oleh Robert Wellington Gumede yang juga menjabat sebagai Founder Gijima Group hadir di Menara BNI Jakarta, Selasa (7/3). Hadir pula Deputy Director for Maritime Resilience and Strategic Issues Kemenko Marves R.A Adriani Kusumawardani dan Kepala Divisi Penugasan Khusus Ekspor LPEI Wahyu Bagus Yuliantok serta Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI, Muhammad Iqbal.
 

BNI miliki 21 bank koresponden di Afrika

Menara BNI Pejompongan/ Dokumen BNI

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan, BNI adalah salah satu bank milik negara Indonesia yang berfokus pada UMKM untuk menembus pasar internasional. 

"BNI memiliki 1.350 mitra yang mencakup semua benua di seluruh dunia dalam 89 negara. Kami juga memiliki 21 Bank Koresponden di Afrika yang mencakup sembilan negara," kata Okki melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (10/3). 

Melalui BNI Xpora dan Kerja Sama dengan tujuh Kantor Cabang Luar Negeri. Tak hanya iru, BNI juga mencari pembeli potensial di setiap negara di mana BNI memiliki kantor cabang.

Raih pasar internasional, UMKM bisa manfaatkan Xpora

UMKM kerajinan gelas kayu. (dok. Kemenkeu)

Adapun Xpora adalah singkatan dari Ekspor dan Diaspora. Xpora merupakan Solusi Belanja Satu Atap untuk mendukung potensi meningkatnya UMKM Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka menuju UMKM Produktif, Go Digital, & Go Global, dan menjadi pusat layanan bagi diaspora Indonesia di luar negeri. 

Founder Gijima Group, Robert Wellington Gumede yang merupakan perwakilan Delegasi dari Afrika Selatan, mengapresiasi inisiatif BNI dalam mendukung investasi dan kerja sama bisnis internasional. Mereka menyatakan tertarik untuk menjajaki lebih lanjut potensi bisnis yang ada dan berharap dapat bekerja sama dengan BNI dalam mengembangkan bisnis di kedua negara.. 

Dia mengatakan Afrika saat ini berada dalam masa transformasi sehingga membutuhkan banyak pihak untuk dapat berkontribusi dan berkolaborasi. Sebagai perusahaan pribumi, Gijima siap untuk membuka peluang dan kesempatan seluas-luasnya bagi BNI untuk mengeksplorasi Afrika. 

"Tanpa finansial partner tidak akan ada perusahaan yang akan bisa berpartner dengan Afrika. Kami sungguh sangat berbahagia mendengar komitmen BNI untuk mensuport pelaku usaha indonesia go global. Oleh karena itu kami mengajak BNI untuk untuk datang dan investasi ke Afrika," pungkas Robert.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya