Ingin Tukar Uang Baru, Intip Ketersediaan Uang Tunai di Bank Himbara

Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp49,6 triliun.

Ingin Tukar Uang Baru, Intip Ketersediaan Uang Tunai di Bank Himbara
Ilustrasi tumpukan uang tunai/Antarafoto Muhammad Adimaja/YU
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Selama bulan suci Ramadan hingga menjelang hari raya Idul Fitri, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari BRI, Bank Mandiri, BNI, hingga BTN menyiapkan ketersediaan uang tunai untuk kebutuhan nasabah terkait penukaran uang baru.

Seperti diketahui, tradisi Idul Fitri di masyarakat Indonesia identik dengan berbagai rejeki dengan sanak saudara atau orang terkasih. Selain itu, lebaran juga identik dengan berbelanja baju baru hingga keperluan belanja selama berpuasa.

Penukaran uang baru bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang perbankan hingga ke layanan kas keliling. Untuk itu, berikut ketersediaan uang tunai dari bank-bank Himbara.

Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp49,6 triliun

Ilustrasi ketersediaan uang tunai Bank Mandiri/Dok Bank Mandiri

Bank Mandiri menyiapkan ketersediaan uang tunai senilai Rp49,6 triliun untuk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran di tahun ini. Nilai tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2021 lalu.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyatakan, peningkatan tersebut untuk mengantisipasi libur panjang cuti bersama Idul Fitri yang telah disediakan oleh Pemerintah pada 19-25 April 2023.

“Perspektif untuk hadapi libur Lebaran, di mana ada cuti tambahan 2 hari, dalam perhitungan kami, Bank Mandiri akan siapkan cash sebesar Rp49,6 triliun,” kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR yang disiarkan melalui kanal Youtube Komisi VI DPR-RI, yang dikutip di Jakarta, Rabu (29/3).

Darmawan menyatakan uang tunai tersebut akan didistribusikan melalui kantor cabang, layanan kas hingga penyediaan uang di ATM.

BNI siapkan dana tunai Rp45,8 triliun

Warga menukarkan uang pecahan kecil di mobil pelayanan keliling Bank Syariah NTB di Taman Sangkareang, Mataram, NTB, Selasa (12/4) /ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Secara terpisah, BNI menyiapkan dana tunai dengan total nilai Rp45,8 triliun untuk periode Ramadan dan Lebaran 2023. Dana yang dialokasikan BNI ini meningkat 5,4 persen dibandingkan dengan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri pada 2022.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyampaikan Ramadan dan Lebaran adalah momentum bagi perbankan untuk meningkatkan kinerja transaksi. "Kami harap ini akan menjadi alat digital untuk semakin kuat mendorong konsumsi dan pertumbuhan ekonomi di periode lebaran tahun ini," kata Okki melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (21/3).

Dana tunai tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pemenuhan ATM, CRM, hingga outlet. BNI memproyeksikan kebutuhan uang tunai di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai 19 persen dari total uang tunai yang disiapkan.

BRI sediakan uang tunai Rp 32 triliun

Masyarakat Menukar Uang di Kantor Bank Indonesia/ ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Sementara itu, BRI juga menyiapkan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 32 triliun untuk kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 1444 Hijriah.

Direktur Utama BRI Sunarso memastikan penyediaan uang tunai tersebut di luar likuiditas bank yang dicadangkan oleh bank. “Kemampuan bank menyediakan uang cash, maka kami sudah hitung bahwa BRI untuk siap-siap, jaga-jaga di hari raya ini kami sediakan cash Rp 32 triliun," kata Sunarso.

Sunarso menyatakan, rasio loan to deposit ratio (LDR) miliknya masih sangat kuat dan stabil di level 78,8 persen untuk mendukung pertumbuhan bisnis BRI ke depan.

BTN siapkan uang tunai Rp26,3 triliun

Seorang Pelajar Memperlihatkan Pecahan Baru Rupiah/ ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa

Sementara itu, bank yang fokus dalam penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seperti BTN telah menyediakan uang tunai senilai Rp 26,3 triliun.

Direktur Utama BTN Nixon Napitupulu menjelaskan, likuiditas tersebut akan disediakan sekitar Rp 1,75 triliun per hari selama 13 April-27 April. Nixon menyebut, nilai tersebut naik 1,3 kali lipat dari kondisi normal.

“Total likuiditas yang kami sediakan sebanyak Rp 26,3 triliun baik ATM, cabang maupun posisi kas keliling,” kata Nixon.

BTN pada tahun 2023 juga ikut tergabung dalam program kas keliling yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). Seperti diberitakan sebelumnya, mulai tanggal 27 Maret 2023 s.d 20 April 2023, BI bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3- 14 April 2023, BI bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.

Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret hingga 20 April 2023. Serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. Kas keliling diatur pada waktu yang telah ditentukan dalam aplikasi PINTAR. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pacu Dana Murah, CASA BTN Capai 50,1%
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang