Ini Analisa Bos BCA Terkait Kenaikan Suku Bunga Acuan BI

Likuiditas cukup, BCA belum berencana naikkan bunga kredit.

Ini Analisa Bos BCA Terkait Kenaikan Suku Bunga Acuan BI
Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA), Jahja Setiaatmadja, saat menjadi pembicara dalam Fortune Indonesia Summit 2023, Rabu (15/3/2023). (Dok. IDN Media)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Jahja Setiaatmadja menilai keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 6 persen merupakan hal yang tepat. 

Menurut analisanya, keputusan tersebut diambil untuk menjaga nilai tukar rupiah yang sempat melemah beberapa waktu terakhir. Ia menjelaskan, meski nilai tukar rupiah sempat menguat Rp14.600 pada awal tahun 2023, namun saat ini pergerakannya terus mengalami pelemahan hingga mencapai Rp15.800. 

"Itu menyebabkan BI justru menaikkan (suku bunga), BI menaikkan karena memang bisa intervensi agar tidak terus-menerus mengurangi cadangan devisa kita,” imbuh Jahja saat konferensi video Paparan Kinerja BCA Kuartal III-2023 di Jakarta, Kamis sore (19/10). 

Jahja juga memandang keputusan BI tersebut untuk mengimbangi pergerakan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) yang diperkirakan masih akan naik di November 2023. Diketahui, saat ini FFR berada pada level 5,5 persen. Ia bahkan menyebut, tren suku bunga bakal tetap tinggi di tahun 2024.
 

Likuiditas memadai, BCA belum berencana naikan bunga kredit 

Menara BCA/ Dok BCA

Dari sisi bisnis perbankan, kenaikan bunga acuan BI tak serta merta membuat bank untuk menaikan suku bunga dasar kredit (SBDK). Jahja menyatakan, saat ini kondisi likuiditas BCA masih sangat memadai sehingga belum berencana menaikan bunga kreditnya. 

"Untuk suku bunga dasar kredit sendiri mengikuti perhitungan average, karena kami punya Current Account Saving Account (CASA) terbesar dan deposito yang biasanya kalau peningkatan BI rate diikuti dengan peningkatan dari deposito,” jelas Jahja. 

Secara keseluruhan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) BCA juga masih tumbuh 6,2 persen (yoy) menjadi Rp1.089 triliun. Di sisi pendanaan, CASA naik 4,7 persen (yoy) mencapai Rp869,8 triliun per September 2023. Bahkan, CASA berkontribusi hingga sekitar 80 persen dari total dana pihak ketiga BCA.

Meski demikian, Jahja tak memungkiri bahwa dampak kenaikan tersebut akan menjadi perhatian penting dari pelaku bisnis. Namun, kondisi tersebut bisa diimbangi dengan kondisi pasar yang masih ekspansif. 

"Bagi pengusaha pasti minta bunga yang rendah, tapi kenyataannya memang dunia bisnis masih meningkat, yield bertambah terus maka nasabah tidak akan mengeluhkan interest rate," ungkap Jahja.

BCA targetkan pertumbuhan kredit 10% di 2023 

Gedung Wisma BCA Foresta/Dok BCA

Sementara itu, kenaikan bunga acuan dinilai cukup sensitif untuk bisnis kredit konsumer. Apalagi, salah satu pemacu kredit BCA ialah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). 

Untuk itu, lanjut Jahja, pihaknya juga belum berencana menaikan bunga KPR dan KKB. Hal ini dilakukan untuk menjaga minat masyarakat terhadap kredit tersebut pasca pemulihan ekonomi. "Kami targetkan kredit masih bisa tumbuh di level 9 persen hingga 10 persen di tahun ini," kata Jahja. 

Sebelumnya, hingga September 2023, kredit BCA mampu tumbuh 12,3 persen menjadi Rp766,1 triliun yang ditopang oleh seluruh segmen. Kredit UKM contohnya, mampu menjadi segmen dengan pertumbuhan kredit tertinggi, yaitu naik 16,4 persen (yoy) menjadi Rp104,8 triliun. Sementara itu, kredit korporasi tumbuh 12,2 persen (yoy) mencapai Rp343,5 triliun. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Pinjaman di Pinjol Melonjak 21,8% saat Ramadan