Ini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI, BCA, Bank Mandiri dan BNI di ATM

Penarikan uang tunai di ATM bisa melalui mobile banking.

Ini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI, BCA, Bank Mandiri dan BNI di ATM
Shutterstock/Tutik_P
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pada era digital saat ini, masyarakat tidak perlu khawatir bila lupa membawa dompet dan membutuhkan uang tunai untuk pembayaran. Sejumlah bank kini telah menyediakan penarikan uang tunai tanpa kartu dan cukup dengan aplikasi mobile banking di smartphone.

Bank-bank yang menyediakan layanan tersebut ialah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, hingga  PT Bank Negara Indonesia. (Persero) Tbk (BNI).

Cara tarik tunai di BRI

Aplikasi BRImo. (ShutterStock/bagussatria)

Bagi nasabah BRI, kita bisa melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu dengan aplikasi mobile banking BRImo.

Pertama, buka aplikasi BRImo, dan login akun. Kedua, klik menu 'Tarik Tunai’ dan tentukan rekening sumber dana. Ketiga, tentukan nominal uang tunai yang akan ditarik, lalu klik 'Lanjut'

Setelah itu, kita akan mendapatkan kode khusus untuk mengambil uang tunai di ATM terdekat. Kita bisa kunjungi ATM BRI terdekat. Dalam mesin ATM kita langsung klik menu 'Penarikan Tunai' di layar ATM.

Masukkan kode khusus yang didapatkan dari aplikasi BRImo. Setelah itu, masukkan nomor ponsel yang digunakan pada aplikasi BRImo. Transaksi selesai dan uang tunai bisa ditarik dari mesin ATM.

Cara tarik tunai di BCA

Ilustrasi BCA. Shutterstock/Sulastri

Nasabah BCA juga bisa melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu melalui aplikasi BCA Mobile. Pertama, buka menu “Cardless” di BCA mobile, pilih “Tarik”. Kedua, pilih rekening sumber dana dan tulis nominal yang akan ditarik. Input PIN mBCA dan dapatkan 6 digit kode transaksi.

Setelah itu, kita bisa cari ATM Tunai BCA terdekat, pilih menu “Transaksi Tanpa Kartu” di layar ATM. Masukan no HP BCA mobilemu dan 6 digit kode transaksi. Tarik uangnya dari ATM dan selesai.

Kode transaksi yang kamu dapatkan bersifat rahasia dan hanya berlaku selama satu jam setelah kamu mendapatkan kode tersebut dari BCA mobile. Jadi usahakan lakukan cara tersebut saat sudah berada di dekat ATM.

Tarik tunai tanpa kartu melalui Livin’ By Bank Mandiri

Ilustrasi Livin By Mandiri/Shutterstock Shalstock

Untuk cara tarik tunai tanpa kartu di Bank Mandiri bisa melalui aplikasi Livin’. Pertama, buka aplikasi dan login. Setelah itu, klik tarik tunai dan klik nominal uang tunai yang akan kita ambil. Setelah berhasil, kita akan mendapatkan kode token.

Setelah itu, kita bisa mengunjungi ATM Bank Mandiri terdekat, pilih tarik tunai tanpa kartu. Setelah itu, masukkan nomor ponsel, kemudian pilih Correct. Lalu kita bisa masukkan nomor token yang telah dibuat di Livin by Mandiri. Tunggu sampai proses selesai.

Cara tarik tunai tanpa kartu di BNI

Salah satu aplikasi digital yang dimiliki oleh BNI. (dok. BNI)

Untuk tarik tunai tanpa kartu di BNI bisa dilakukan melalui BNI Mobile Banking. Pertama, buka aplikasi BNI Mobile Banking dan klik mobile tunai (kanan bawah). Baca syarat dan ketentuan, setujui, klik lanjut.

Setelahnya, pilih rekening sumber dana dan pilih nomor handphone tujuan yang akan mengambil tunai (diri sendiri atau orang lain). Lalu kita bisa masukkan nominal tarik tunai.

Jika yang mengambil tunai orang lain, masukkan nama dan nomor handphone tujuan. Jangan lupa daftarkan sebagai favorit. Lakukan validasi data tarik tunai (nomor rekening debet, nomor handphone dan nama penerima). Setelah itu, kita masukkan password transaksi.

Kita akan mendapatkan kode transaksi yang akan dipakai penarikan tunai di ATM. Kode Transaksi hanya berlaku selama 2 jam. Sesampainya di ATM, Tekan tombol hot key (tombol enter hijau) pada mesin ATM. Pilih menu Mobile Tunai dan masukkan kode transaksi yang didapat dan klik lanjutkan. Masukkan Kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone tujuan. Lalu kita berhasil menarik uang tunai.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang