Perdagangan Indonesia-Tiongkok Tanpa Dolar, Ini Manfaatnya

RI telah kerja sama LSC dengan 4 negara.

Perdagangan Indonesia-Tiongkok Tanpa Dolar, Ini Manfaatnya
Ilustrasi rupiah
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bank Indonesia (BI) dan People's Bank of China (PBC) telah mengimplementasikan kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS). Artinya, perdagangan dan investasi antara kedua negara tak lagi harus menggunakan dolar. 

BI menilai, implementasi LCS memberikan banyak manfaat antara lain biaya konversi transaksi yang menjadi lebih efisien. Manfaat lain ialah tersedianya alternatif pembiayaan ekspor/direct investment dalam mata uang lokal. 

Tak hanya itu, manfaat lain yang didapat ialah tersedianya alternatif instrumen hedging dalam mata uang lokal, dan diversifikasi eksposur mata uang yang digunakan dalam penyelesaian transaksi. 

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo juga berharap, kerangka LCS ini dapat dimanfaatkan secara lebih luas dan aktif oleh pelaku usaha guna mendukung pemulihan ekonomi nasional. 

"Kerja sama LCS terus menunjukkan perkembangan positif dan berpotensi untuk terus ditingkatkan, baik dari segi nilai transaksi, frekuensi, maupun jumlah pengguna," kata Dody dalam kegiatan webinar “Local Currency Settlement: Benefits & Practices for Business" yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BI Beijing (8/9) secara virtual. 

Webinar ini juga dihadiri oleh lebih dari 400 peserta dari kalangan pelaku dunia usaha dan perbankan yang berdomisili di Indonesia maupun Tiongkok.   

Tingkatkan kerjasama perdagangan

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Republlik Rakyat Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun menyampaikan, inisiatif yang digagas oleh BI dan PBC dapat meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Tiongkok. 

“Saya juga optimis bahwa keterkaitan ekonomi antara Indonesia dengan Tiongkok akan semakin kuat antara lain didukung oleh komitmen kedua negara untuk meningkatkan jalinan hubungan kerja sama ke depan", ungkap Djauhari. 

Mengurangi tekanan rupiah

Ilustrasi rupiah

Panji Irawan selaku Direktur Treasury dan Internasional Banking Bank Mandiri menyampaikan, Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang ditunjuk menjadi Appointed Cross Currency Dealers (ACCD) mengapresiasi langkah BI dan PBC serta siap mendukung penuh pelaksanaan LCS. Implementasi LCS dinilai Panji memiliki potensi yang besar yang bisa terus didorong. Hal ini sejalan dengan terus meningkatnya tren transaksi dan direct investment antara Indonesia dan Tiongkok. 

"Implementasi kerangka kerja sama LCS antara Indonesia dan Tiongkok diharapkan dapat membantu mengurangi tekanan terhadap Rupiah dan mendorong pengembangan pasar mata uang valas non-USD di regional," kata Panji.

Kerangka kerja sama LCS antara Indonesia dan Tiongkok meliputi antara lain penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung dalam transaksi antara mata uang Rupiah dan Yuan, serta relaksasi regulasi tertentu untuk mendorong penggunaan mata uang lokal.

RI telah kerjasama LSC dengan 4 negara

Sejak tahun 2018 BI telah menginisiasi kerja sama LCS dengan Malaysia dan Thailand untuk mendorong penggunaan mata uang lokal oleh pelaku usaha dalam penyelesaian transaksi perdagangan bilateral kedua negara. Selanjutnya, pada Agustus 2020 kerja sama serupa juga telah diimplementasikan dengan Jepang dan pada tanggal 6 September 2021 kerja sama LCS ini juga sudah efektif diimplementasikan dengan Tiongkok. Dengan demikian 4 negara telah berkerjasama LSC dengan Indonesia.

Untuk mendorong implementasinya, BI akan senantiasa berkoordinasi dengan K/L terkait agar kerja sama LCS banyak digunakan oleh pelaku usaha di Indonesia, difasilitasi oleh bank yang ditunjuk sebagai Appointed Cross Currency Dealers (ACCD).

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pengamat Perkirakan Penerapan Teknologi AI di Apple Menyasar SIRI