Jaga Tabungan Tak 'Boncos' saat Lebaran, Ini 3 Tips Kelola Keuangan

Jangan meminjam uang jika tidak mampu melunasi.

Jaga Tabungan Tak 'Boncos' saat Lebaran, Ini 3 Tips Kelola Keuangan
Ilustrasi buka puasa bersama. Shutterstock/Zurijeta
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bulan suci Ramadan identik dengan momen buka puasa bersama hingga membeli pakaian baru untuk menyambut lebaran. Tak jarang, kita juga saling berbagi dengan memberikan hadiah hingga uang tunai ke sanak saudara sebagai wujud rasa syukur atas rejeki yang telah diberikan Tuhan kepada kita. 

Namun demikian, sadarkah kita kondisi tersebut membuat pos-pos pengeluaran kita semakin besar dibandingkan dengan hari biasa. Bila sejumlah pengeluaran tersebut tidak dikelola maka dapat mengikis tabungan kita hingga bisa mengakibatkan 'boncos' saat usai hari raya Idul Fitri nanti. 

Untuk itu, diperlukan pengelolaan keuangan yang cermat dan disiplin, agar dana tabungan kita tidak tergerus dan dapat menikmati sisa Tunjangan Hari Raya (THR) usai lebaran. Berikut sejumlah tips mengelola keuangan saat Ramadan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

Buat rencana pengeluaran keuangan

Ilustrasi literasi keuangan/Dok. East Ventures

Saat awal mula masuk bulan Ramadan, pastikan kita nenyusun alokasi pengeluaran selama bulan puasa dalam 30 hari penuh. Dalam menerapkan rencana keuangan tersebut, kita juga dituntut untuk disiplin dan teratur.

Beberapa poin pengeluaran yang bisa kita susun dalam perencanaan keuangan ialah belanja sahur, buka puasa, dana buka puasa bersama, tunjangan hari raya (THR), sedekah, zakat, kebutuhan lebaran, hingga dana cadangan untuk keperluan mendadak.

Tahan godaan belanja barang yang tidak dibutuhkan

Pengunjung melihat produk kreatif saat acara Sekati Ing Mall 2021 di Mal Malioboro, Jumat (15/10/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

Diskon besar memang menggoda, apalagi sering muncul sepanjang bulan Ramadan. Tapi ingat, belanja hanya untuk kebutuhan sesuai dengan rencana yang sudah disusun. 

Untuk itu, kita bisa mulai menyusun semua keperluan selama satu bulan penuh saat Ramadan. Seperti pakaian baru seperlunya untuk menunjang ibadah. Atau, bila ada uang lebih dari THR, kita bisa membeli barang penunjang pekerjaan yang dirasa sudah mulai usang.

Jangan meminjam jika tidak mampu melunasi

Ilustrasi Pinjol. (ShutterStock/conrado)

Fitur pay later atau pinjaman online memang bisa membantu "menalangi" belanja kebutuhan kita. Apalagi, kini layanan tersebut bisa kita akses dengan mudah hanya melalui smartphone. Tapi ingat, jangan meminjam bila tidak mampu melunasi. Sebab itu adalah utang yang harus dilunasi. 

Gunakan paylater jika terpaksa dan sanggup kamu lunasi. Tetap hati-hati terhadap penawaran pinjol ilegal yang justru akan membuat hidup semakin susah.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal