Manfaatkan Dana PMN Rp2,25 triliun, SMF Dorong Penyaluran KPR FLPP 

Penyaluran KPR FLPP Capai Rp24,19 triliun di 2021.

Manfaatkan Dana PMN Rp2,25 triliun, SMF Dorong Penyaluran KPR FLPP 
Ilustrasi SMF
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pada tahun 2021, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan Pemerintah senilai Rp2,25 triliun. Dana tersebut, digunakan untuk mendukung penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo menjelaskan, dana tersebut di- blended dengan dana penerbitan surat utang. Kemudian total dananya seluruhnya digunakan untuk mendukung program KPR FLPP dalam memenuhi target subsidi pembiayaan KPR FLPP bagi 157.500 unit rumah pada tahun 2021 bagi MBR.  

"Adapun SMF meyediakan 25 persen dari porsi penyaluran dana KPR FLPP sedangkan 75 persen porsi lainya disediakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementrian PUPR," kata Heliantopo melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu (13/3). 
 

Penyaluran KPR FLPP Capai Rp24,19 triliun di 2021

Pada tahun 2021, penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp24,19 triliun. Heliantopo menjelaskan, dana tersebut untuk membangun 178.828 unit rumah. 

Untuk porsi PPDPP tercatat 75 persen atau sebesar Rp19,58 triliun, yang terdiri dari dana APBN sebesar Rp16,62 trilun. Sementara itu  pengembalian pokok sebesar Rp2,96 triliun, dan porsi SMF sekitar 25 persen atau senilai Rp4,62 triliun.

KPR FLPP di Jawa Tengah capai Rp1,2 triliun

Pada kunjungan kerjanya di Kantor Kawasan Industri Terpadu (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jum’at (11/3) lalu, Heliantopo juga menyampaikan bahwa fasilitas likuiditas untuk pembiayaan perumahan yang dalam hal ini yang dikelola oleh SMF bisa benar-benar memberikan dukungan bagi masyarakat. 

Dirinya menyampaikan, realisasi penggunaan dana PMN untuk KPR FLPP khusus di Provisi Jawa Tengah telah mencapai  Rp1,2 triliun untuk 9.742 unit rumah. 

“Ini merupakan wujud dari kehadiran negara untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dimana dana yang dialirkan untuk KPR Subsidi ini berasal dari APBN yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ucap Heliantopo. 

KPR FLPP diharap dorong 170 industri turunan

Heliantopo berharap dukungan SMF pada Program KPR FLPP ini juga akan memberikan efek berlipat (multiflier effect) bagi sektor perumahan. 

Sehingga dapat ikut menggerakan 170 industri turunan lainnya di sektor perumahan dan akan menciptakan penyerapan tenaga kerja, perbaikan  kualitas hidup masyarakat, serta mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Merujuk hasil penelitian yang diinisiasi oleh SMF yang bekerja sama dengan International Center for Applied Finance and Economics (InterCAFE) LPPM Institut Pertanian Bogor, peran dan fungsi SMF dalam mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan memiliki andil terhadap kinerja makro ekonomi. 

Setiap penyaluran dana Rp1 triliun dari SMF akan berkontribusi terhadap pembentukan PDB, peningkatan konsumsi rumah tangga sebesar Rp1,17 triliun, serta mendorong penyerapan tenaga kerja.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M