Punya Kantor Cabang di AS, BNI yakin Tutupnya SVB Tak Pengaruhi Bisnis

Jadi pelajaran penting mengelola permodalan.

Punya Kantor Cabang di AS, BNI yakin Tutupnya SVB Tak Pengaruhi Bisnis
Menara BNI Pejompongan/ Dokumen BNI
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) yakin tutupnya Silicon Valley Bank (SVB) tidak akan berdampak ke bisnis BNI. 

Meskipun kita ketahui, BNI fokus menggarap segmen bisnis internasional. Apalagi, BNI memiliki kantor cabang di New York, Amerika Serikat (AS).

“Kita melihat perseroan saat ini tidak memiliki eksposur terhadap Silicon Valley Bank (SVB),” kata Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini melalui konferensi video saat RUPST BNI 2023 di Jakarta, Rabu (15/3).

 

Jadi pelajaran penting mengelola permodalan

Ilustrasi Gedung BNI/ Dok. Perusahaan

Novita mengatakan, kondisi bangkrutnya SVB seakan menjadi pelajaran berharga bagi industri perbankan untuk bisa mengelola permodalan. Namun demikian, Ia memastikan bahwa kondisi permodalan BNI saat ini masih sangat kuat dan mampu melanjutkan pertumbuhan bisnis. 

“Kondisi SVB ini kita perlu belajar modal. Jadi bisnis yang dijalankan perseroan sudah sangat kuat, ditandai rasio kecukupan modal lebih di atas 20 persen. CAR BNI saat ini masih berada di atas ketentuan regulator,” kata Novita.

Perseroan juga mampu mengelola rasio kecukupan permodalan atau Capital Adequacy Ratio (CAR) pada level yang sehat mencapai 19,3 persen di Desember 2022, sehingga BNI memiliki kapasitas untuk membagi dividen dengan rasio dan nilai yang lebih besar di tahun buku 2022.

Selalu terapkan stress test berkala

Ilustrasi Layanan Cabang BNI/Dok BNI

Kemudian dari sisi liabilitas perseroan menurutnya juga masih sangat stabil dan kuat ditandai dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang masih tumbuh.

Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan Current Account Saving Account (CASA) yang kuat sebesar 10,1 persen (YoY). Pertumbuhan tersebut dihasilkan dari strategi perseroan untuk membangun transaction-based CASA, melalui penyediaan solusi keuangan dan transaksi yang komprehensif dan reliable.

Meski demikian, BNI terus melakukan mitigasi risiko bisnis untuk mengantisipasi segala tantangan dan gejolak ekonomi global dan dalam negeri.

“BNI menjalankan mitigasi risiko bisnis, stress test secara berkala dan suku bunga. Perseroan melakukan diversifikasi aset untuk mengurangi risiko,” kata Novita.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya