Apa itu Pendapatan Per Kapita dan Fungsinya?

Intrumen yang digunakan negara untuk mengambil kebijakan.

Apa itu Pendapatan Per Kapita dan Fungsinya?
ilustrasi uang (unsplash.com/Dmitry Demidko)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Pendapatan per kapita adalah instrumen ekonomi yang digunakan oleh sebuah negara untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakatnya. 

Informasi tersebut dibutuhkan untuk pendataan dan melihat tingkat produktivitas dari penduduknya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pendapatan per kapita.

Pengertian pendapatan per kapita

ilustrasi uang (unsplash.com/Micheile Dot Com)

Ada banyak cara untuk melihat kesejahteraan sebuah negara, salah satunya melalui dengan pendapatan per kapita. Indikator ini digunakan oleh negara untuk mengukur skala kesejahteraan penduduknya. 

Sederhananya, pendapatan per kapita adalah instrumen makro ekonomi. Ini digunakan untuk melihat aktivitas ekonomi dari warganya. 

Alat ukur ini juga digunakan dalam dunia internasional untuk mengetahui kelas dari negara tersebut termasuk negara maju, menengah ke atas, berkembang, menengah ke bawah, atau bahkan terbelakang. 

Dapat disimpulkan, negara menggunakan metode tersebut untuk melihat tingkat kesejahteraan penduduknya. 

Adapun rumus untuk menghitungnya adalah dengan menjumlahkan total penghasilan negara dibagi dengan jumlah penduduk negara. Dari perhitungan tersebutlah baru diketahui jumlah pendapatan di suatu negara.

Semakin tinggi nilai yang dihasilkan, maka negara tersebut semakin maju. Ini berarti tingkat kesejahteraan masyarakat di negara tersebut maju dan makmur. Sebaliknya, semakin rendah hasilnya, maka tingkat kesejahteraan penduduknya masih sulit atau bahkan terbelakang.

Indonesia sendiri pendapatan per kapitanya masih lebih rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Brunei dan Singapura.

Fungsi pendapatan per kapita

ilustrasi uang (unsplash.com/Annie Spratt)

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi utama dari pendapatan per kapita adalah guna mengetahui tingkat kesejahteraan penduduknya. Akan tetapi, ternyata instrumen ini memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya, antara lain sebagai berikut:

Mencerminkan situasi ekonomi negara

Pemerintah membutuhkan informasi mengenai kondisi ekonomi negaranya sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk kedepannya. Informasi ekonomi tersebut bisa dijadikan acuan untuk melihat situasi ekonomi negara dalam skala makro.

Data tersebut nantinya akan dianalisis atau sebagai bahan evaluasi dari kebijakan yang lalu. Dari informasi tersebut, pemerintah bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari negaranya.

Mengetahui tingkat kemakmuran negara

Fungsi lainnya adalah untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakatnya. Hal ini dikarenakan dalam hitungannya melibatkan pendapatan dari masyarakatnya.

Bahan untuk pengambilan kebijakan

Informasi ekonomi ini dibutuhkan untuk pengambilan kebijakan seterusnya. Ini dirasa penting dikarenakan data tersebut akan digunakan oleh pemerintah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

Kebijakan yang ditetapkan nantinya akan disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakatnya dengan tujuan untuk kesejahteraan.

Melihat kelancaran aktivitas ekonomi

Rumus pendapatan per kapita adalah dari pendapatan masyarakat atau penghasilan dari negara tersebut. Melalui nilai tersebut, negara bisa mengetahui kelancaran aktivitas ekonomi di negaranya.

Kategori negara berdasarkan tingkat kemakmuran

ilustrasi negara maju (unsplash.com/Patrick Tomasso)

Berikut ini merupakan kategori negara yang diukur berdasarkan tingkat pendapatan dan kemakmuran penduduknya, antara lain sebagai berikut:

Negara maju

Negara maju adalah negara yang memiliki pendapatan per kapita yang tinggi atau lebih dari US$8,355. Adapun negara yang termasuk ke dalamnya seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan lainnya.

Menengah ke atas

Negara menengah ke atas adalah negara yang memiliki pendapatan berkisar US$4,046–US$8,335. Negara yang masuk kategori ini adalah Belgia, Kanada, Prancis, dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Menengah ke bawah

Adapun besaran pendapatan dari negara menengah ke atas adalah US$675–US$4,046. Indonesia sendiri termasuk kategori ini karena pendapatan penduduknya US$3,870.

Negara berpendapatan rendah

Negara berpendapatan rendah adalah negara yang memiliki penghasilan kurang dari US$675 seperti negara Nigeria, Somalia, Afghanistan, dan negara berkonflik lainnya.

Jadi, kesimpulannya, pendapatan per kapita adalah tolok ukur untuk mengukur kesejahteraan suatu negara. Selain itu, instrumen ini juga digunakan untuk pengambilan kebijakan sebuah negara.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Bisnis Otomotif dan Alat Berat Lesu, Laba Bersih Astra Turun 14,3%